Kenapa Cuci Tangan Harus Memakai Sabun?

Hai #MbakBro #MasBro

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat rentan terkena bakteri atau kuman penyebab penyakit yang tak terlihat dengan mata. Sebagian besar aktivitas pun banyak melibatkan tangan untuk bersentuhan dengan benda-benda lain yang mungkin terdapat berbagai jenis bakteri atau kuman. Jika kita tak mencuci tangan dengan benar, kita bisa terkena penyakit.

Baca Juga : Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Erick Thohir Tuai Kritikan

Sabun seperti apa yang efektif guna membunuh kuman atau bakteri?

Proses pemecahan partikel lemak pada kuman atau bakteri membutuhkan waktu, yaitu selama kurang lebih 20 detik. Sabun jenis apapun bisa membunuh kuman atau bakteri, sebab sabun memiliki dua sisi molekul, yang satu sisinya akan tertarik dengan air sementara sisi lainnya tertarik dengan lemak.

Jadi saat molekul sabun bersentuhan dengan air dan lemak, maka akan memecah balutan lemak, sehingga partikel lemak buyar dan menyatu dengan air. Nah, kondisi inilah kuman atau bakteri akan hilang.

Baca Juga : Rekomendasi Smarthphone Terbaik 2021

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan

  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah beraktivitas dari luar rumah
  • Setelah dari toilet
  • Sehabis buang sampah
  • Setelah bersin
  • Setelah batuk
  • Sebelum tidur

Bisa juga membawa hand sanitizer untuk bepergian diluar ya teman teman! Kalian bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan sementara. Lalu setelah menemukan air dan sabun, Mama sebaiknya langsung membersihkan tangan menggunakannya.

Baca Juga : Rencana Sekolah Tatap Muka Juli 2021


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply