6 Jenis Yoga dan Manfaatnya

Hai #MasBro #MbakBro

Seperti yang kita tahu bahwa Yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang memfokuskan pada pikiran, kekuatan, fleksibilitas, yoga sudah berkembang 5 – 10 ribu tahun yang lalu di India dengan berbagai macam gerakan. Kata yoga sendiri berasal dari bahasa sanksekerta “yuj” yang mempunyai arti bergabung atau bersatu.

Olahraga ini tidak ada batasan usia karena pada umumnya boleh untuk siapa saja, termasuk anak anak. Jika memungkinkan, anda bisa mencari kelas yoga sesuai dengan golongan usia anda. Jutaan pecinta yoga di luar sana juga memilih jenis  yoga yang sesuai frekuensi mereka. Apabila ingin memulai pilih sesuai minat anda yang mungkin bisa di lihat terlebih dahulu jenis jenis yoga seperti berikut.

Baca Juga : Olahraga di Rumah Saat Pandemi

1. Hatha Yoga

Hatha yoga adalah fondasi dari seluruh jenis yoga yang memadukan pose, pernapasan, dan meditasi. Pada umumnya ini berlangsung dengan alur yang tidak terlalu cepat sehingga membuat peserta merasa rileks. Hatha yoga lebih berfokus pada aspek fisik yang memperkuat otot-otot kita lebih kuat. 

2. Ashtanga Yoga

Sri K. Pattabhi Jois ialah yang pertama kali memperkenalkan ashtanga yoga pada dunia. Dalam ashtanga yoga ini setiap serinya berisi pose-pose yang sudah ditentukan dan memerlukan kekuatan, daya tahan, serta komitmen. Itulah mengapa dalam yoga ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.

3. Power Yoga

Yoga ini diadaptasi dari yoga ashtangan tradisional pada tahun1980-an. Olahraga ini merupakan jenis yang menantang dan dinamis yang sangat menarik bagi orang orang yang menyukai olahraga dengan intensitas tinggi

Baca Juga : Manfaat Cuci Tangan Memakai Sabun

4. Bikram Yoga

Bikram yoga adalah sistem yoga panas. kenapa? karena kita melakukannya di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40% dengan 26 pose. itulah sebabnya jika peserta bikram yoga selalu merasa kelelahan di tengah sesi kelas yoga.Tetapi ada Pro dan kontra dengan jenis yoga ini. Karena terlalu berlebihan, sehingga peserta tidak bisa mendengarkan sinyal tubuhnya sendiri, tetapi ada juga yang setuju karena efektif untuk membakar kalori sehingga terjadi penurunan persentase lemak tubuh yang lebih kecil.

5. Iyengar Yoga

Pada yoga ini peserta melatih orang untuk fokus pada setiap  pose dan pernapasan dengan intens. Iyengar yoga merupakan jenis yoga mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti tali, belt, selimut, kursi dan lain sebagainya sebagai alat bantu.

6. Kundalini Yoga

Kundalini yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada energi dari pangkal tulang belakang menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungkan rangkaian gerakan meditasi fisik dan spiritual, kemudian energi pernapasan untuk meningkatkan gerakan tersebut, dan nyanyian untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak tulang belakang bagian bawah.

Baca Juga : KPI Berhentikan Sinetron Sebab Unsur Pedofilia

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan yoga, kita bisa lihat terlebih dahulu manfaat dari yoga.
Yakni :

1. Sistem imun meningkat
2. Tubuh lebih kuat
3. Fokus semakin tajam
4. Berat badan turun
5. Tidur nyenyak
6. Melancarkan pernapasan
7. Menguatkan keseimbangan tubuh
8. Relaksasi
9. Mengurangi masalah asma
10. Mengurangi stress

Nah itu dia 6 jenis yoga yang bisa jadi bahan referensi kalian yang inigin memulai yoga. dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan selama pandemi berlangsung ya!!!

Baca Juga : Siapa Sih Maudy Ayunda


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply