Hati-hati jangan konsumsi 5 ikan ini berlebihan!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Selamat siang..

Salam #MasBro #MbakBro
Taukah kamu? Bahwa mengkonsumsi ikan berlebihan dapat juga mengganggu kesehatan kita. Berikut ini 5 ikan yang sebaiknya tidak di konsumsi berlebihan! Yuk simak

Hati-hati jangan konsumsi 5 ikan ini berlebihan! 

Indonesia yang kaya akan hasil lautnya membuat ikan kian kerap menjadi pangan kesukaan masyarakat, selain karena harganya yang terjangkau. Ikan juga merupakan sumber protein hewani dan mineral yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi ikan dapat menyehatkan tubuh kita.

Namun seperti kata orang tua, semua yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Nah berikut ini 5 jenis ikan yang sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan, penasaran? Yuk simak! 

1. Tenggiri

Ikan tenggiri atau di sebut juga mackerel, ikan yang satu ini biasanya di pakai sebagai bahan pempek, siomay atau diolah sebagai lauk juga bisa. Selain rasanya yang enak dan juga terjangkau, ikan ini juga mudah di temui di mana-mana. Tetapi taukah kamu bahwa ikan ini memiliki kandungan merkuri oleh karena itu tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ikan ini berlebihan. 

Penggemar ikan tenggiri jangan berkecil hati, sebab ada loh ikan tenggiri yang resikonya kecil. Yaitu, Atlantic mackerel atau ikan tenggiri Atlantik. 

Baca juga Hati-hati! Berikut 5 Penyakit Akibat Tidak Sarapan

2. Tuna

Ikan tuna, ikan yang merupakan sumber untuk omega 3 ini juga memiliki kandungan yang dapat membahayakan tubuh lho.

Dilansir Healthline, di dalam ikan tuna terdapat kandungan methylmercury.

Methylmercury ini merupakan Polutan lingkungan, yang bila dalam kadar tinggi dan konsumsi yang terus-menerus dapat membahayakan tubuh. Seperti mengganggu pertumbuhan anak, masalah penglihatan, pendengaran dan gangguan bicara. 

Tetapi jangan panik, karena ada batas kadar methylmercury yang aman untuk manusia. Kadar Methylmercury yang aman adalah sekitar 0,1 mikrogram per kg berat badan. Dapat di simpulkan berarti anak dengan berat badan 25 kilogram hanya bisa mengonsumsi tuna sebanyak 75 gram tiap 19 harinya.

Dan untuk ibu hamil pula, sebaiknya membatasi konsumsi tuna. Konsumsi yang baik adalah sebanyak maksimal dua kali seminggu, sama halnya seperti ikan lainnya.

3. Belut

Selanjutnya ikan belut, Belut di ketahui memiliki banyak lemak dan mudah menyerap polutan industri atau peternakan. Berdasarkan data juga belut di Eropa terbilang punya kontaminasi yang tinggi terhadap merkuri.

Sajian belut biasanya di sajikan secara matang hal itu karena darah belut mengandung racun. Di dalamnya terdapat protein yang beracun yang bisa mengakibatkan kram otot ataupun lebih parahnya kram otot jantung. Oleh sebab itu sebaiknya anda tidak mengkonsumsi belut secara berlebihan. 

4. Tilefish

Tilefish menjadi salah satu dari ikan yang tidak boleh di konsumsi secara berlebihan. Karena berdasarkan Food and Drug Administration (FDA) Amerika serikat, ikan yang satu ini memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Meskipun hampir semua ikan dari laut mengandung merkuri, tetapi konsentrasi merkuri yang dimilikinya tinggi sama sepertu, ikan pedang (swordfish) dan bahkan hiu. 

5. Tilapia

Terakhir adalah ikan tilapia, ikan tilapia tidak memiliki banyak jenis lemak baik/sehat. Justru, lemak pada ikan ini kebanyakan merupakan lemak yang tidak sehat seperti lemak pada daging babi.

Ikan tilapia jika dikonsumsi berlebihan bakal berisiko tinggi untuk kadar kolesterol dan tubuh akan sensitif terhadap alergan.

Kesimpulan

Alhamdulillah Selesai juga… berikut tadi 5 jenis ikan yang akan berbahaya bila di konsumsi secara berlebihan. 

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 14:10 WIB pada Hari Selasa tanggal 15 Juni 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 14:00 WIB pada Hari Selasa tanggal 15 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Hati-hati jangan konsumsi 5 ikan ini berlebihan, 5 ikan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan, 5 ikan yang berbahaya untuk tubuh, jangan konsumsi ikan berlebihan, jangan konsumsi 5 ikan ini berlebihan, ikan bermerkuri.

Comments

Leave a Reply