Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021

Hai #MasBbro #MbakBro

Sudah pada tahu tentang akan terjadinya Matahari Cincin pada Kamis 10 Juni 2021? Mari kita simak informasinya agar tidak ketinggalan fenomena tersebut.

Gerhana Matahari Cincin adalah salah satu tipe dari gerhana matahari yang akan terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Pada saat terjadi, Bulan yang menutupi Matahari tampak lebih kecil, sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya Matahari.

Pada Kamis 10 Juni 2021 akan ada fenomena Gerhana Matahari Cincin Api. Fenomena itu terjadi karena. Bulan menutupi pusat Matahari dan meninggalkan bagian luarnya membentuk cincin.

Baca Juga : Manfaat Cuci Tangan Memakai Sabun

Mengutip laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), menyebutkan bahwa ini juga sekaligus menandai fase Bulan baru. Kemudian menyebutkan bahwa Gerhana Matahari Cincin ini hanya dapat kita lihat di wilayah Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia).

Kenampakan maksimat dari Gerhana tersebut akan terjadi pada pukul 17.43 WIB atau 18.43 WITA atau 19.43 WIT. Selain itu Gerhana Matahari Sebagian akan terlihat di Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara di Asia Tengah dan China bagian barat.

Meskipun masyarakat Indonesia tidak dapat melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin tersebut. Tetapi jangan khawatir, karena ada sejumlah pihak yang menyelenggarakan live streaming saat Gerhana tersebut terjadi.

dikutip dari laman Express, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga : KPI Berhentikan Sinetron Sebab Unsur Pedofilia

Time and Date akan menyelenggarakan live streaming di kanal Youtube. Royal Observatory Greenwich juga akan menyelenggarakannya melalui kanal Youtube dengan nama yang sama.

Selain itu Dr. Gianluca Masi, kepala Virtual Telescope Project di Italia juga membuka live streaming saat Gerhana Matahari Cincin. Live Streaming di kanal Youtubenya bernama Gian Masi.

Nah, itu dia informasi mengenai fenomena Gerhana Cincin Matahari yang terjadi pada Kamis 10 Juni 2021 yang tepatnya hari ini. Meskipun sedih karena kita sebagai masyarakat Indonesia tidak dapat melihat langsung terjadinya fenomena tersebut. Tetapi tidak mengapa, karena kita bisa melihatnya melalui siaran live streaming seperti yang tadi diinformasikan di atas.

Baca Juga : Siapa Sih Maudy Ayunda


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply