Bahaya Rokok

Hai #MasBro #MbakBro

Bahaya rokok bagi kesehatan sudah tidak dapat diragukan lagi, dampaknya sangat berbahaya. Mengapa demikian? Karena didalam rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia yang setidaknya ada 60 dari bahan kimia tersebut menyebabkan kanker.

Menurut WHO pada tahun 2017 melaporkan Indonesia menempati persentase penduduk sebagai perokok terbesar di dunia, dan 76% pria diatas 15 tahun.Berbagai gangguan kesehatan yang dialami oleh perokok sangatlah banyak, diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga : Olahraga di Rumah Saat Pandem


    1. Kanker 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bahwa, rokok mengandung 4000 bahan kimia yang 60 bahan tersebut menyebabkan kanker. Rokok menimbulkan berbagai macam penyakit kanker. Seperti kanker paru – paru, mulut, laring(kotak suara), tenggorokan, ginjal, rahim, kerongkongan, kandung kemih, pankreas, dan usus 12 jari.


    2. Penyakit Jantung dan pembuluh darah

Penyakit lainnya ialah penyakit jantung dan pembuluh darah. Merokok menyebabkan lapisan pada pembuluh darah akan rusak yang berkemungkinan penyakit seperti jantung koroner, gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan juga tekanan darah meningkat.

Baca Juga : Manfaat Cuci Tangan Memakai Sabun

    3. Gangguan Kehamilan dan Janin

Ibu hamil yang merokok atau terkena asap rokok dapat meningkatkan resiko keguguran. Bahan kimia yang terkandung pada rokok akan menyebabkan janin terganggu perkembangannya, dan juga bisa menimbulkan kelainan atau cacat bawaan lahir, dan resiko terbesarnya adalah  mengalami keguguran.


    4. Gangguan Alat Reproduksi

Selain bisa mengganggu kehamilan dan janin, rokok juga bisa mengganggu sistem reproduksi seperti sulit untuk mengalami ereksi, karena menyempitnya aliran pembuluh darah. Selain itu, perokok juga rentan mengalami gangguan kesuburan. 

Baca Juga : KPI Berhentikan Sinetron Sebab Unsur Pedofilia


    5. Kolesterol Tinggi

Merokok juga dapat menurunkan kolesterol tinggi. Mengapa demikian? karena perokok memiliki kolesterol LDL (jahat) yang tinggi, karena zat yang terkandung di dalam rokok menyebabkan kolesterol HDL (baik) turun.
Kesimpulannya adalah merokok tidak ada dampak positifnya sama sekali bagi kesehatan kita, alangkah lebih baiknya kita menggunakan biaya dan waktu kita dengan hal yang lebih positif.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply