8 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Supaya Tidak Salah Pilih!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Selamat siang..

Salam #MasBro #MbakBro
Bingung mau pilih jurusan apa? Yuk disimak 8 tips berikut! 

8 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Supaya Tidak Salah Pilih!

Bingung mau pilih jurusan apa? Masih ragu dan belum paham betul? Setelah lulus SMA kamu pasti harus melanjutkan sekolahmu ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas.

Agar tidak salah pilih jurusan di perguruan tinggi, mari simak 8 Tips memilih jurusan berikut ini!

1. Pilihlah Jurusan Sesuai Minat 

Sebelum memilih perguruan tinggi yang dituju, kalian harus memilih jurusan kuliah sesuai minat yang diinginkan. Jangan sampai nanti, kalian memilih jurusan kuliah yang salah.

Jika belum mengetahui kalian bisa mencari detail detail jurusan di internet atau berkonsultasi kepada orang tua/guru sekolah kalian.

Baca Juga
1. 5 Tips Membaca Puisi Bagai Profesional
2. Hati-hati! Berikut 5 Penyakit Akibat Tidak Sarapan

2. Kenali Jurusan yang Diincar 

Dari banyaknya jurusan yang tersedia, setelah kamu mengetahui apa apa saja. Kamu tentu perlu mengenali lebih dalam jurusan yang sedang di incar. Demi mengetahuinya kamu harus tahu kelemahan dan kelebihan jurusan yang di incar.

Maka dari situ kamu nanti akan memiliki opsi kedua atau ketiga untuk pilihan jurusan lain yang juga akan kamu pertimbangkan nantinya.

3. Harus memiliki pilihan kedua 

Selain jurusan utama yang kamu inginkan, kamu juga harus memiliki opsi kedua atau pilihan kedua.

4. Cita-cita yang ingin dicapai

Dengan target cita-cita, maka bisa membuat kalian berjuang keras untuk belajar di jurusan kuliah yang telah dipilih.

Hasilnya, pasti kalian akan mudah memahaminya, bisa jadi kalian akan lulus lebih cepat di masa waktu 3,5-4 tahun. 

5. Nilai akreditasi jurusan

Hal yang satu ini perlu kalian pikirkan juga, karena nilai akreditasi jurusan nantinya akan berguna.

Paling tidak, jurusan kuliah yang kalian pilih harus B. Hal itu demi memudahkan kalian dalam melamar pekerjaan atau mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

6. Peluang kerja dari jurusan yang di pilih 

Yang satu ini tidak kalah penting,  yaitu melihat peluang kerja setelah lulus dari jurusan kuliah yang dipilih.

Dari poin ini, kalian bisa berpikir kritis terhadap keuntungan apa yang didapat setelah lulus dari jurusan kuliah yang di pilih.

7. Cari dengan jelas kualitas dosen pengajar

Apabila sudah mengetahui nilai akreditasi jurusan, kalian bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kualitas dosen pengajar. Untuk mencari hal tersebut, kalian bisa melihatnya di website resmi jurusan perguruan tinggi yang dituju.

Dari situ, kalian bisa melihat rekam jejak dosen yang memberi ilmu pendidikan di kuliah.

8. Persiapkan dengan matang hal-hal yang diperlukan 

Setelah mengetahui dan menentukan jurusan yang akan di pilih. Tentu saja kamu harus mempersiapkan hal-hal agar masuk jurusan tersebut.

Nilai akademis dan lain sebagainya, memilih jurusan tidaklah asal dan banyak harus di persiapkan dengan matang. Agar kamu masuk jurusan tersebut kamu harus rajin belajar semasa SMA. 

Kesimpulan

Begitulah 8 hal yang bisa kalian lakukan. Sebelum memilih jurusan kuliah, pastikan pahami semua hal tersebut, agar kamu memperoleh keuntungan di saat kuliah atau setelah lulus nanti.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 13:54 WIB pada Hari Senin tanggal 7 Juni 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 13:55 WIB pada Hari Senin tanggal 7 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Kuliah, 8 Tips Memilih Jurusan Kuliah, 8 Tips pilih jurusan, menentukan jurusan sesuai minat, bingung pilih jurusan, tips memilih jurusan agar tidak salah pilih, pendidikan, kuliah, universitas, jurusan, memilih jurusan.

Comments

Leave a Reply