Mau Wisata Kuliner? 27++ Tempat Makan di Aceh Masak Masakan Enak

Rasanya bikin rindu deh!
Banda Aceh, adalah ibukota provinsi paling barat di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, kota ini juga memiliki berbagi tempat yang nyajiin kuliner lezat. Di antaranya yang cukup terkenal khas seperti seperti Mie Aceh dan Kopi Gayo.Jika berkunjung ke Banda Aceh jangan sampe ga mencicipi berbagai kulinernya yang lezat. Berikut ada beberapa tempat kuliner enak yang recommended banget untuk dikunjungi di Banda Aceh.

1. Rumah Makan Bu Si Itek Bireuen

Sumber Gambar IG @yasierza

Letak restoran yang satu ini di kawasan Pasar Peunayong, Banda Aceh. Restoran yang jadi primadona satu ini terkenal banget dan menu andalan yang jadi rekomendasi di sini  nasi gule bebek, rasanya ga ke Aceh kalo ga nyobain menu satu ini.

Kalo #MasBro & #MbakBro dateng pada malam hari, usahain deh supaya datang habis magrib (19.00) supaya ga kehabisan meja karna warung ini bakal penuh banget pas jam makan malam. Harga bu si itek cuma Rp.10.000,- dan ayam goreng  Rp.13.000,- per porsi udah dengan nasi. Cukup murah kan dengan level resto terkenal?

2. Banda Seafood

 5 Tempat Kuliner Enak di Banda Aceh, Wajib Coba Nih instagram.com/sugiarto.waspada

Jika #MasBro / #MbakBro penikmat kuliner seafood, jangan sampe lewatin rumah makan ini saat berkunjung ke Banda Aceh. Di sini #MasBro / #MbakBro bisa menikmati berbagai jenis sajian seafood segar yang bahan bakunya berasal dari perairan Simeulue, Aceh seperti berbagai olahan ikan, olahan cumi dan olahan kepiting.

Sambil menikmati sajian seafood segar, \dapat menikmati panorama pantai Aceh yang indah karna rumah makan ini berada di pinggir pantai. Rumah makan ini dapat dikunjungi di Jl. Raya Kampung Blang No 21 Ule Lheu, Banda Aceh.

3. Nasi Gurih Pak Rasyid

Instagram.com/@gntsh

Restoran yang mulai di rintis pada 1968. Warung Nasi Pak Rasyid, itu nama yang dikenal di masyarakat sekitar. Warung ini terkenal banget nasi gurihnya. Biasa sih di sebut Bu Gurih sama orang Aceh, tampilannya sendiri mirip nasi uduk atau nasi lemak Malaysia. Racikan nasi gurih itu berasal dari beras yang dimasak dengan santan segar. Umumnya punya aroma daun jeruk dan daun salam yang semerbak banget wanginya.

4. Ayam Lepas

 5 Tempat Kuliner Enak di Banda Aceh, Wajib Coba Nih instagram.com/liesna_muhasfat

Kuliner kali ini dikenal sebagai ayam goreng original khas Aceh. Cita rasanya yang begitu khas membuat kuliner ayam goreng ini ga dapat dijumpai di tempat lainnya. Menyantap ayam goreng ini, #MasBro / #MbakBro dapat rasain sensasi pedas yang begitu menggigit sekaligus menggoyang lidah. Sekali menyatapnya, dijamin bakal bikin ketagihan. Di Kota Banda Aceh, gerai kuliner ayam goreng ini dapat #MasBro / #MbakBro temui di Lamnyong, Peuniti, Batoh dan Simpang 5.

flickr.com

5. Canai Mamak Kualalumpur

Satu lagi tempat kuliner di Banda Aceh yang hampir ga pernah sepi dari pengunjung yaitu Canai Mamak Kuala Lumpur. Rumah makan ini didiriin oleh warga asli Aceh yang  terinspirasi saat bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia. Apalagi, di daerah Sumatera termasuk di Aceh banyak orang yang jadi penikmat Roti Canai yang notabene adalah kuliner khas Malaysia.

Di rumah makan ini disajiin berbagai menu roti canai seperti canai kosong kari, canai coklat, canai boom keju dan canai srikaya. Selain itu berbagai varian roti canai, di rumah makan ini juga tersedia berbagai menu khas malaysia lainnya seperti nasi lemak, nasi  briyani dan teh tarik. Tertarik ingin mencicipi roti canai yang lezat? #MasBro / #MbakBro bisa mengunjungi rumah makan ini di Jl. Teuku Umar No. 51 Setui, Banda Aceh.

 5 Tempat Kuliner Enak di Banda Aceh, Wajib Coba Nih instagram.com/retavalentinaresa90

Tempat makan keluarga di Aceh yang tepatnya terletak di Jalan Teuku Umar No. 51 Seutul Aceh ini nyediain menu khas bernama canai mamak kuala lumpur. Roti canai mamak kuala lumpur ini merupakan roti canai yang diisi dengan srikaya berjumlah lima potong roti dalam satu porsi. Harga yang ditawarkanpun sangat murah yaitu mulai dari lima ribu rupiah aja.

6. Ayam Penyet Pak Ulis


Image:ayampenyetulis.com

Ayam penyet yang disajiin di tempat Pak Ulis ini berbeda dengan tempat makan lainnya. Kekhasan ayam penyet Pak Ulis adalah gunain sambal rahasia khas yang sangat luar biasa enak. Harga yang ditawarin juga sangat terjangkau mulai Rp 10.000 dan ada fasilitas free wifi.

7. Banda Seafood

Foto:wisatakuliner182.wordpress.com

Banyak orang bilang bahwa Banda Seafood merupakan restoran seafood terenak yang ada di Aceh. Banda Seafood menyajikan kepiting, udang, ikan, cumi dan seafood lainnya. Menu andalannya adalah Kepiting Soka Lada Hitam yang rasanya sangat enak. Untuk harga yang dipatok lumayan terjangkau mulai dari Ro 20.000.

8. Rumah Makan Hasan

Via @masakanaceh

Tempat kuliner ini sangat direkomendasiin bagi #MasBro & #MbakBro pecinta kuliner masakan Aceh. Beberapa menu andalannya adalah Kari Kambing dan ayam tangkap yang tentu aja akan menggoyang lidah #MasBro & #MbakBro. Tempat makan ini ramainya pakai sangat di jam makan siang dan harganya juga terjangkau mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

9. Mie Ayah

Foto:Chandra Wijaya

Tempat makan ini terletak di Lhoong Raya yang sangat gampang dijangkau oleh pemburu wisata kuliner apalagi pecinta makanan jenis mie.  Sajian mie pada Mie Ayah ini kenyal dipaduin dengan kuah bercita rasa sangat luar biasa. Untuk toping mienya #MasBro & #MbakBro bisa memilih toping kepiting yang gurih.

10. Sate Matang Dek Wan

Via@kulineraceh

Buat #MasBro / #MbakBro pecinta wisata kuliner sate harus banget mampir ke  Sate Matang Dek Wan yang disajiin dengan kuah kaldu yang gurih. Kalo untuk minuman yang wajib dicoba ada nih di Sate Matang Dek Wan ini, ada kopi susu khas Aceh. Untuk harga #MasBro & #MbakBro bisa merogoh kocek sedalam Rp 25.000 untuk menikmati sajian makanan di Sate Matang Dek Wan ini.

11. Ayam Lepas

Foto:travelingsejati2014.blogspot.com

Ayam goreng yang disajiin di tempat ini mempunyai cita rasa khas dan tentu aja enak. Sajian yang  ada di Ayam Lepas ini berupa lalapan berisi ayam goreng renyah yang didalamnya ada sawi, mentimun, kol dan lain sebagainya. Untuk bumbunya paakai bumbu rujak dengan rasa asam, pedas dan manis.

13. Canai Mamak Kuala Lumpur

Foto:jomblokeraceh.com

Menu utama di restoran Canai Mamak Kuala Lumpur ini adalah roti canai dan rasanya sangat enak. Tekstur roti canai yang lembut tentu aja empuk dan enak adalah roti canai isi srikaya. Satu porsi roti canai berisi 5 potong roti canai yang siap menggoyang lidah #MasBro & #MbakBro.

Sumber Gambar peujanoh.tumblr.com

14.Tempat Makan Ayam Pramugari

Sajian utama di Ayam Pramugari ini adalah ayam tangkap yang disajiin dengan rasa benar-benar gurih, enak dan renyah. Ada juga sajian menu gulai kambing dan gulai ayam yang ga kalah lezatnya. Dengan harga mulai dari Rp 15.000 pasti perut #MasBro & #MbakBro akan terpuasin di Ayam Pramugari ini.

Kompasiana.com

Tempat makan keluarga yang satu ini juga terkenal enak di Aceh, namanya adalah tempat makan ayam pramugari. Tempat ini terletak di Jalan Blang Bingtang Lima Banda Aceh.

Namanya yang unik memang menjadi daya tarik sendiri dan disebut sebut nama itu muncul karna sebelumnya banyak pramugari yang sering berkunjung makan di tempat ini. Menu utamanya adalah ayam tangkap yang gurih dan enak, ada juga menu gulai kambing dan gulai ayam.

15. Mie Ramen Aceh Akira

Foto:duniakuliner.com

Menu andalan di  restoran Mie Ramen Aceh Akira ini adalah mie ramen bawang putih. Tentu aja tempat kuliner ini akan jadi pengalaman kuliner #MasBro & #MbakBro keren banget. Hal ini karna Mie Ramen Aceh Akira juga nyajiin makanan khas Jepang. Diantaranya seperti Gyoza, Tsukemen, Ocha dan Nasi Goreng Jepang.

16. Rumah Makan Hasan

goodindonesianfood.com

Tempat makan keluarga di Aceh incaran wisatawan salah satunya adalah rumah makan hasan. Tempat wisata kuliner ini terletak di Jalan Muhammad Hasan No 2324 Banda Aceh yang sangat gampang dijangkau oleh masyarakat. Rumah makan hasan memiliki beberapa menu andalan yang menjadi favorit dan incaran para wisatawan antara lain kari kambing, ayam tangkap, dan banyak lagi menu lain yang akan manjain lidah pengunjungnya.

Rumah makan hasan ini mematok harga lima belas ribu rupiah sampe dua puluh lima ribu rupiah. Harga tersebut relatif sangat murah dengan rasa yang dijamin enak. Sebaiknya jika #MasBro & #MbakBro ga ingin mendapati rumah makan hasan yang dipenuhi antrian, jangan sekali-kali berkunjung di waktu makan siang karna sangat ramai.

 5 Tempat Kuliner Enak di Banda Aceh, Wajib Coba Nih instagram.com/fadilmahyar

Sejak buka di tahun 1989, rumah makan yang satu ini menjadi salah satu tempat kuliner populer di kota Banda Aceh. Rumah makan ini nyajiin berbagai masakan khas Aceh seperti ayam tangkap dan sie kameng. Sajian khas dari rumah makan ini adalah Pliek’u yaitu campuran kulit lembu, daun melinjo, santan, cabai hijau, bawang dengan parutan kelapa yang udah diperas santannya.

Rumah makan ini udah memiliki 3 cabang dan yang paling populer adalah cabang ke 3 yang berlokasi di Jalan Laksamana Malahayati, Lamnyong, Banda Aceh.

17. Restoran Ayam Penyet Pak Ulis

Garnesia.com

Tempat makan keluarga di Aceh selanjutnya yang juga banyak dicari wisatawan adalah restoran ayam penyet pak ulis. Tempat ini udah sangat populer di kalangan masyarakat Aceh. Tempatnya yang gampang dijangkau terletak di Jalan T. Nyak Arief Lamnyong atau Jalan Ahmad Yani No. 117.

Sesuai namanya tentu menu andalan yang dimiliki restoran ayam penyet pak ulis adalah ayam penyet. Ayam penyet mungkin dikenal sebagai makanan yang sangat populer, namun yang bedain ayam penyet di tempat ini adalah ayam penyet dengan sambal khas yang dibuat dari bumbu rahasia sehingga rasa yang dihasilin ga akan gampang dilupain oleh para pengunjungnya.

18. Baker King

SteemKR.com

Tempat makan keluarga yang ga kalah terkenalnya adalah baker king. Sesuai dengan namanya tempat ini nyediain beragam makanan roti. Roti adalah menu yang sederhana, namun di tempat ini rotinya berbeda dengan roti di tempat lain karna memiliki rasa yang sangat lezat. Baker king ini terletak di Jalan T. P. Polem N. 160 Aceh.

19. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

yulitauke.blogspot.com

Warung nasi kambing lem bakrie juga dapat dijadiin sebagai tempat makan keluarga di Aceh. Letaknya yang gampang dijangkau yaitu di Jalan Nyak Makam Lantemen Banda Aceh ini nyajiin beragam menu yang dapat menggugah selera. Sesuai namanya tentu menu utamanya adalah nasi kambing dengan bumbu kari yang memiliki cita rasa khas perpaduan India Dan Arab.

20. Rumah makan spesifik Aceh

travel.detik.com

Tempat makan keluarga yang terletak di Jalan P. Nyak Makan Lampineung Banda Aceh tepatnya di depan kantor badan pemeriksa keluarga ini bernama rumah makan spesifik Aceh. Menu andalannya adalah ayam tangkap yang lezat, sedikit manis dan juga gurih. Ayam tangkap memiliki cita rasa yang sangat menggoda inilah yang juga membuat Aceh dikenal luas oleh para wisatawan.

21. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

food.detik.com

Tempat makan keluarga di Aceh yang dapat #MasBro & #MbakBro kunjungi adalah rumah makan sie itek bireuen. Rumah makan ini terletak di Jalan Teuku Umar Banda Aceh dan sangat gampang untuk dikunjungi.

Bu Sie Itek Bireuen sendiri adalah nasi gule bebek, sehingga udah sangat jelas bahwa menu utama di rumah makan ini adalah nasi gule bebek. Nasi gule bebek di tempat ini sungguh berbeda dengan nasi gule bebek yang ada di tempat lain karna daging bebeknya yang lembut dan rasanya yang khas bumbu nusantara.

22. Nasi Goreng Daus Khas Aceh

HalalMedan.com

Tempat makan keluarga nasi goreng daus khas aceh merupakan tempat makan yang udah terkenal di kalangan masyarakat Aceh. Tentu aja karna menu yang ditawarkan adalah mie khas aceh seperti ada mie goreng, dan mie kuah. #MasBro & #MbakBro bisa menikmati nasi goreng daus khas aceh di Jalan Panglima Polen No. 87-89 Peunanyong Banda Aceh.

23. Warung Sate Matang

Steemit.com

Warung sate matang adalah tempat makan keluarga di Aceh yang tepatnya beralamat di Kota Matang Geuleumpang Dua Kabupaten Bireuen Banda Aceh dan konon ceritanya tempat ini menjadi asal usul sate matang berasal. Keunikan yang dimiliki oleh sate matang adalah daging dipotong-potong berukuran kecil yang ditusuk pada tusukan dan direndam dengan bumbu dari bermacam-macam rempah. Rasanya yang enak dan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

24. Restoran Banda Seafood

Steemit.com

Tempat makan keluarga di Aceh yang udah sangat terkenal dan menjadi incaran wisatawan adalah restoran banda aceh. Restoran banda aceh terletak di Jalan Panglima Polim yang sangat gampang ditemuin.

Banyak masyarakat yang bilang bahwa restoran banda seafood adalah restoran yang nyediain berbagai macam menu seafood terenak di Banda Aceh. Menu yang ditawarin banda seafood juga sangat beragam dan pasti akan menggugah selera seperti kepiting, ikan, udang, cumi, dan seafood lainnya. Dan yang terkenal adalah menu kepiting soka yang sangat lezat.

25. Sop Sum Sum Kutaraja

instagram.com/eva_fauziyah[/caption]Sop Sumsum Kutaraja ini sendiri berlokasi di Jl. Tengku Imum Leung Bata Km 2.5, Kec. Pantriek, Kel. Leung BataBanda Aceh. Resto satu ini mungkin ga se-terkenal restoran lainnya, tapi pelayanan di tempat ini cukup ramah dan rasa menu yang tersendia di sini ga kalah enak dengan restoran lainnya. 

26. Restoran Mie Razali

Garnesia.com

Restoran mie razali juga cocok sebagai tempat makan keluarga. Menu utama yang ditawarin adalah mie Aceh yang memiliki rasa yang sangat khas sehingga ga heran jika restoran mie razali sangat dikenal di Aceh.

Menu andalan mie Aceh yang ditawarin adalah mie goreng basah, mie goreng kering, ada juga mie kuah yang bisa #MasBro & #MbakBro nikmati dengan harga mulai delapan ribu rupiah aja. #MasBro & #MbakBro bisa nemuin restoran ini di jalan T. P. Polem Peunanyong Banda Aceh.

Foto:tripoutbond.com

Dengan menu mie Aceh yang rasanya khas, Mie Razali merupakan kuliner di Aceh yang dikenal dan menjadi favorit banyak orang. Beberapa menu mie yang disajiin antara lain mie goreng basah, mie goreng kering dan mie kuah dengan rasa yang sedap. Dengan merogok kocek mulai dari Rp 8.000 #MasBro & #MbakBro bisa menikmati sajian khas Mie Razali ini.

 5 Tempat Kuliner Enak di Banda Aceh, Wajib Coba Nih instagram.com/kulineratjeh

Dibuka dari tahun 1967, warung mie aceh ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Aceh. Berkunjung ke Aceh ga afdol rasanya jika ga berkunjung ke warung mie aceh ini. Presiden Jokowi pun nyempetin diri berkunjung ke warung ini untuk menikmati lezatnya sajian Mie Aceh.

Mie Aceh di warung ini disajiin dengan tiga macam cara yaitu mie rebus, mie goreng dan mie goreng basah. Disajiin dengan porsi yang besar, Mie Aceh di warung ini memiliki berbagai varian isian seperti ayam, daging, udang, cumi, kepiting dan jamur. #MasBro / #MbakBro bisa mengunjungi warung mie aceh ini dengan gampang di Jalan Panglima Polem No 83-85.

27. Ali Kebab

instagram.com/mirko_dudic

Kebab adalah makanan yang awalnya di adaptasiin dari Turki, citarasanya yang khas dan unik cukup diterima di kalangan masyarakat. Ali Kebab sendiri merupakan salah satu pilihan resto yang direkomendasiin karna keunikan citarasa yang ditawarkan. Menunya sendiri tersedia dalam ukuran yang bervariatif yaitu kecil, besar, dan jumbo dan harganya dibanderol antara Rp 15 ribu s/d Rp 20 ribu aja loh. Karna harganya yang terjangkau dan  bersahabat dengan kantong ditambah lagi tempatnya yang cozy bikin Ali Kebab jadi tempat favorit kawula muda

Ali Kebab berlokasi di Jalan T Nyak Makam No 7, Lampineung, Banda Aceh. Kafe dua lantai yang menawarin suasana cozy ini juga punya dua lantai yang asik banget dipake buat kalian yang mau booking tempat buat parti. Dengan suasana lebih santai dengan suasana terbuka. Namun jika suasana privat yang dicari, silahkan memilih di dalam café.

28. Bakso Ramayana

instagram.com/acehkuliner_

Kedai bakso yang lokasinya di Jalan Teuku Iskandar 8 ini rasa mie baksonya khas banget, belum lagi kalo udah pake mie pangsit ayam dan siomay klatennya yang masing-masing punya cita rasa istimewanya sendiri, paduan cita rasa bakso Jawa dengan cita rasa Aceh berpadu harmonis banget, kata orang sih ya kalo belom nyobain bakso istimewa di sini tuh belom ke Aceh rasanya!

Nah, buat #MasBro / #MbakBro yang mau ‘ngenangkep’ perjalanan kuliner yang ga terlupakan di Aceh, wajib banget singgah sejenak disini dan nikmatin deh sajian baksonya yang harganya mulai dari Rp 5000 aja, cock nih buat #MasBro / #MbakBro yang mau puas wisata kuliner tapi kantongnya ga bolong juga hahaha

29. Solong Coffee

instagram.com/vivirosfiana

Warung kopi Solong lokasinya ada di Ulee Kareng, Banda Aceh. Kedai kopi dua pintu ini mulai buka dari jam 06.00 pagi sampe jam 23.00 malam. Di daftar menu tersedia kopi hitam biasa, sanger (biasa kita sebut kopi susu), dan kopi racikan lainnya.

Khusus buat menu kopi, kopi Solong tuh punya cita rasa dan aroma yang unik dan beda dengan yang lain. Warna hitamnya kopi juga ga terlalu pekat, tapi rasa pahitnya sih cukup kental saat pas menyentuh lidah. Aroma kopinya juga ga sekuat kopi-kopi lainnya. Untuk harga kopi di snini dibandrol dengan harga Rp 7.000 per gelas.

Itulah 27++ tempat kuliner enak yang sayang untuk dilewatin jika berkunjung ke Banda Aceh

tempat makan enak di kuala simpang

makanan enak di sigli

tempat makan terdekat

wisata kuliner di meulaboh

grand aceh kuliner

rumah makan terdekat

makanan aceh yang mendunia

mie aceh

#

Jualan itu bukan jualan barang / jasanya
Tapi manfaat dibaliknya

#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sesusah apapun itu #MulaiAjaDulu
Masalah ga selesai pake menggerutu
Biarin imajinasi terbang kayak bulu
Karya nyebar kemanapun dibantu waktu

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
gotravelly.com/blog/tempat-makan-keluarga-di-aceh/dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019
idntimes.com/food/dining-guide/muhammad-hasrul-sultan/5-tempat-kuliner-enak-di-banda-aceh-wajib-coba-nih-c1c2/full dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019
tripjalanjalan.com/17-rekomendasi-tempat-kuliner-di-aceh-yang-patut-kamu-coba/ dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019

Comments

Leave a Reply