5++ Tips Membaca Puisi Bagai Profesional

Sore..

Salam #MasBro #MbakBro
Masih bingung bagaimana membaca puisi dengan baik dan benar, bagaikan sudah profesional?? Yuk simak tips mudah berikut

5++ Tips Membaca Puisi Bagai Profesional

Banyak dari kalian mungkin kebingungan dan gugup saat akan membaca puisi, saya disini akan membagikan sedikit tips dalam membaca puisi yang baik dan benar serta tips supaya tidak gugup juga. Langsung aja yuk, ke yang pertama..

1. Baca puisi dalam hati secara berulang-ulang

Mengapa harus berulang-ulang? Karena, semakin banyak kali kamu membaca puisi tersebut semakin mudah juga untuk memahami isi puisi tersebut. Dalam puisi juga salah satu yang terpenting itu adalah ‘memahami makna puisi’ dan dengan kamu membaca berulang kamu akan memahami maknanya.

Baca Juga
1. Resep Guacamole Saus Nachos Mudah!
2. 10 Pantun Gombal Lucu, Buat Pasanganmu Tersipu Malu

2. Menandai pada bagian tertentu

Teknik yang satu ini ampuh banget loh, jadi lebih mudah saat membaca. Menandai yang dimaksud di sini adalah, memberikan tanda jeda pada bagian bagian tertentu.

Misalnya jeda pendek bertanda (/) sedangkan jeda panjang bertanda (//) lalu tinggal kamu tandai di bagian yang menurutmu harus memiliki jeda. Contohnya seperti ini :

Matahari bangkit/dari sanubariku.// Menyentuh permukaan/samodra raya.//

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

3. Vokal, Intonasi, dan Ekspresi

Pahamilah unsur dasar utama dalam membaca puisi, ada vokal, intonasi, dan ekspresi. 

Vokal, yaitu hasil suara yang dikeluarkan. Salah satu unsur vokal adalah Artikulasi (kejelasan suara) membaca puisi haruslah jelas pengucapannya terutama dalam huruf vokal /a/i/u/e/o/.

Intonasi, ialah ketepatan dalam menentukan keras-lemahnya ketukan pada saat membaca puisi. Terbagi menjadi dua yaitu : Tekanan Dinamik (tekanan pada kata-kata yang penting) dan Tekanan Tempo (cepat lambatnya pengucapan suatu kata)

Ekspresi, ialah pengungkapan atau proses menyatakan gagasan atau perasaan yang di maksud penyair. Berupa mimik wajah atau gestur tubuh.

4. Mengatur Pernafasan

Selanjutnya ini tips agar kamu tidak grogi, mengatur pernafasan adalah kuncinya. Aturlah pernafasan kamu jangan terlalu tergesa-gesa saat membaca puisi dan nantinya tidak gugup atau gelisah.

Beberapa latihan bisa juga kamu lakukan, contohnya latihan baca puisi di depan kaca, atau di depan keluargamu jika sudah merasa tidak gugup maka akan lebih mudah nanti di depan orang-orang.

5. Memahami dan menghayati suasana

Tujuan dari membaca puisi adalah agar pendengar dapat memahami makna yang kita sampaikan. Oleh karena itu pentingnya kamu untuk memahami dan menjiwai suasana.

Suasana puisi tersebut adalah sedih dan berduka, maka kamu harus dapat mengekspresikan dirimu sedih dan juga berduka, seperti contohnya.

Kesimpulan

Alhamdulillah Selesai juga ya..

Punya cerita tentang puisi ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 18:27 WIB pada Hari Senin tanggal 24 Mei 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
Puisi, 5 Tips Membaca Puisi Bagai Profesional, 5 Tips Membaca Puisi, Membaca berulang, tips membaca puisi, baca puisi, tips mudah baca puisi, belajar puisi, bahasa Indonesia, tips, tips mudah, tips mudah tidak gugup, tips mudah puisi.

Comments

Leave a Reply