12++ Spare Parts Laptop

👁️2.327x   💬0   🕗01:27

Sepenting Apa Sih Merawat Spare Parts Laptop?

Salam #MasBro #MbakBro

Udah tahu belum apa aja spare parts laptop?

Agar laptop dan komputer bisa menyala, di perlukan beberapa spare parts ato bagian-bagian mesin yang di satukan agar bisa beroperasi dengan sempurna. Bagian ini yang biasa di sebut hardware ato perangkat keras sebagai mesin yang akan menjalankan sistem kerja komputer.

Semua perangkat keras harus dalam kondisi normal, agar kinerja komputer ga mengalami masalah. Kalo ada salah satu komponen yang rusak, maka akan mengganggu sistem operasi ato bahkan laptop dan komputernya ga mau menyala sama sekali.

Baca Juga
10++ Persiapan Sebelum Beli Laptop

Alangkah baiknya jika kita bisa mengetahui  apa aja sih spare parts dari laptop dan komputer.

12++ Daftar Nama Spare Parts Laptop

1. Motherboard

motherboard-komputer Sumber gambar muhafid878.blogspot.co.id

Motherboard adalah induk semua spare parts yang di gunakan sebagai penopang bagian-bagian mesin yang lain. Semua perangkat mesin, terhubung pada Motherboard sebagai pusat dari semua sistem kerja komputer.

Motherboard sebagai papan terminal di mana semua unsur perangkat akan di pasang sesuai dengan tempatnya masing-masing. Semua spare parts laptop dan komputer menempel pada Motherboard seperti Processor, RAM, VGA, dan Soundcard. Sedangkan untuk Harddisk dan power supply, hanya kabelnya saja yang terhubung.

2. Processor

processor-laptop-dan-komputer Sumber gambar otodidakkomputer.blogspot.co.id

Processor merupakan chip inti yang menjadi sumber data agar laptop dan komputer bisa berjalan. Spare part ini sebagai otak untuk mengoperasikan semua program. Tanpa adanya sebuah processor, maka peralatan komputer ga akan bisa hidup.

Perangkat keras inilah yang membedakan tingkat spesifikasi sebuah komputer. Fungsinya untuk mengolah data sistem operasi agar bisa terinstall dan bisa di jalankan. Banyak sekali jenis processor yang bisa kita gunakan.

Untuk processor Intel, tingkat spesifikasi paling awal adalah Pentium 1 sampe pentium 4. Kemudian levelnya terus meningkat pada Core2Quad, Core i3, Core i5 sampe Core i7. Sedangkan untuk Processor AMD, tingkat spesifikasinya dari Athlon  X4 740 Quad Core dan Phenom II X4.

3. RAM

macam-jenis-RAM Sumber gambar teknody.com

RAM merupakan Random Acces Memory, sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data perintah sementara, lalu di transfer ke processor. RAM memang berbentuk sebuah memori, tapi cara kerja spare part ini sangat cepat di bandingkan dengan memori Harddisk.

Semakin besar kapasitas RAM yang kita punyai, maka semakin cepat pula akses processor untuk memberikan data yang akan dimunculkan pada layar laptop ato komputer. Dengan ukuran RAM yang besar, kita bisa menjalankan banyak program sekaligus dan loadingnya pun ga akan lambat.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Tapi, jika dengan RAM yang berkapasitas kecil, maka sangat beresiko untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan. Hal ini akan mengakibatkan pengiriman data komputer menjadi lambat dan bisa mengalami crash ato juga loading yang sangat lama.

Jika kita sering menggunakan program yang berat seperti aplikasi photoshop, Corel Draw, serta aplikasi games dan video, maka di perlukan RAM dengan ukuran yang besar. Sehingga ga memberatkan kerja komputer dan mesin akan lebih awet. Ram dengan ukuran 4GB udah lebih dari cukup untuk menjalankan segala program komputer yang kita inginkan.

Untuk penggunaan perangkat keras ini pada processor Intel, ada 4 macam RAM yang biasa di gunakan, yaitu RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Processor Intel Pentium 1 sampe Pentium 4, menggunakan DDR1. Sedangkan Dual CORE menggunakan DDR2, dan semakin berkembang untuk CORE i3 dengan menggunakan DDR3. Semakin tinggi tingkat DDR, maka semakin cepat pula proses transfer data dari RAM ke processor.

4. VGA

vga-card-komputer
Sumber gambar hardwaregue.blogspot.co.id

VGA atau Video Graphic Accelerator merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan program komputer agar bisa terlihat di layar monitor. Pada motherboard, udah ada spare part bawaan yang bernama VGA On Board. Tapi, kemampuan perangkat ini terbatas, hanya pada system kerja yang ringan saja. Karna VGA masih menggunakan memori dari RAM, yang mengakibatkan kinerja mesin menjadi lambat.

Kalo kita biasa menjalankan program yang berhubungan dengan design, seperti Photoshop, Corel Draw,  dan edit video seperti aplikasi Adope Premiere serta yang lainnya. Maka kita perlu meningkatkan spare part ini agar kerja komputer ga semakin berat.

Kita perlu menambahkan perangkat VGA Card (External) baru, agar desain grafis yang akan di hasilkan bisa sempurna. Spare part ini memiliki memori sendiri, sehingga tidak membebani RAM dan kinerja mesin akan menjadi ringan. VGA Card juga merupakan keharusan bagi para pengguna laptop ato komputer yang suka dengan aplikasi game.

Baca Juga
27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

5. Soundcard

VGA-laptop-dan-komputer
Sumber gambar arekublblogspot.co.id

Spare part Soundcard bawaan biasanya udah ada pada motherboard, yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari laptop atau komputer. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi bunyi ato suara, tapi kualitasnya rendah.

Tidak jauh berbeda dengan VGA, untuk menghasilkan suara yang berkualitas tinggi, maka harus menambahkan perangkat soundcard eksternal. Jika kita menginginkan suara dari game ato film agar lebih dahsyat seperti pada home theatre, maka kita harus menambahkan perangkat ini dengan soundcard eksternal.

6. Harddisk

harddisk-laptop-dan-komputer
Sumber gambar apkinsblogspot.co.id

Perangkat ini adalah sebuah memori peyimpanan semua data yang ada di laptop ato komputer secara permanen, dan ga akan hilang sebelum di hapus. Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua program yang ada pada komputer.

Kita ga memerlukan harddisk dengan kapasitas yang besar, hanya di sesuaikan menurut kebutuhan saja. Karena besar kecilnya harddisk ga berpengaruh pada kinerja program komputer. Jika file yang tersimpan  udah hampir penuh, maka kita bisa menghapus data yang udah ga di perlukan lagi.

Harddisk dengan kapasitas 160GB, udah cukup bagi laptop ato komputer untuk keperluan berbagai macam program aplikasi dan penyimpanan data.

7. Monitor / LCD / LED / Plasma

monitor-lcd-komputer
Sumber gambar ptifauzanstmik.blogspot.co.id

Sparepart ini berfungsi untuk menampilkan data ato program yang sedang di jalankan laptop ato komputer. Tanpa perangkat ini, kita seperti orang buta yang sedang menjalankan komputer. Sparepart ini bentuknya sama dengan televisi sebagai penampil gambar.

Pada tahun 90an, kita masih menggunakan monitor yang bentuknya kotak cembung dan berisi tabung kaca untuk memunculkan gambar. Tapi sekitar tahun 2006 keatas, kita udah meninggalkan monitor dan pindah menggunakan LCD sebagai penampil gambar di komputer. Bentuknya lebih ramping dan ga memakan  tempat.

Setelah itu, berkembang dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi yaitu LED. Bentuknya lebih tipis dengan tampilan gambar yang lebih jernih serta ga membuat mata mudah lelah. Kelebihan lainnya adalah, penggunaan daya listriknya lebih irit dari LCD.

Teknologi yang terbaru yaitu dengan menggunakan monitor Plasma, yang bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Perangkat ini adalah sebuah inovasi penggabungan antara monitor tabung dengan LCD.

8. Keyboard

keyboard-komputer
Sumber gambar pressdesainwordpress.com

Keyboard merupakan salah satu sparepart laptop ato komputer berupa tombol-tombol dengan penggunaan perintah yang berbeda-beda. Kita bisa melakukan perintah apa aja yang kita inginkan dengan memencet tombol-tombol tersebut.

Perangkat keras ini berfungsi untuk mengirim perintah kepada komputer agar menampilkan data seperti yang kita minta. Dengan keyboard, kita bisa memencet tombol untuk meng-install aplikasi serta melakukan setting BIOS pada komputer agar bisa mulai beroperasi.

9. Mouse

mouse-wireless-bluetooth
Sumber gambar jakmall.com

Perangkat keras ini fungsinya hampir sama dengan keyboard, dengan hanya memencet mouse untuk memberikan perintah. Bedanya, pada mouse ada penampakannya yaitu bentuk tanda panah yang bisa di geser-geser sesuka hati.

Mouse juga berguna untuk menggantikan peran keyboard agar perintah bisa di lakukan dengan lebih cepat. Tapi pada laptop, peran mouse di gantikan dengan touchpad sebagai spare part bawaan yang udah menyatu dan ga dalam bentuk terpisah seperti mouse pada komputer.

10. Power Supply

powersupply-laptop-dan-komputer
Sumber gambar dudirudiawan8.wordpress.com

Power Supply berfungsi sebagai penyalur tegangan listrik ke semua spare part laptop dan komputer, terutama pada motherboard. Selain itu, sebagai pengubah tegangan listrik yang masuk ke dalam mesin komputer .

Listrik punya tegangan arus AC, sedangkan komputer hanya bisa beroperasi dengan tegangan arus DC. Disinilah peran power supply, dengan mengubah arus AC menjadi DC agar komputer bisa menyala.

Banyak sekali jenis dan merk Power supply yang bisa di gunakan. Namun kita harus menyesuaikan kapasitas listrik yang tersedia ketika menggunakan perangkat keras ini.  Jika kita menggunakan power supply buatan dalam negeri, maka ga perlu khawatir, karna daya serap listriknya lebih irit.

powersupply-laptop
Sumber gambar arthaditya.blogspot.co.id

Tapi, jika menggunakan power supply buatan luar negeri ato built up, maka kita harus waspada ketika ingin menyalakan komputer. Karna power supply buatan luar negeri menyerap daya listrik yang sangat besar ketika komputer akan di hidupkan. Hal ini bisa mengakibatkan listrik menjadi drop karena ga kuat mengalirkan daya kepada power supply.

Listrik dengan daya 400 watt, lebih baik menggunakan power supply buatan dalam negeri aja agar ga sering mati. Sedangkan untuk power supply buatan luar negeri, sebaiknya menggunakan listrik dengan daya lebih dari 900 watt.

11. Casing

casing-komputer
Sumber gambar koneksia.com

Perangkat yang satu ini berbentuk kotak seperti kardus besi, untuk membungkus semua spare part agar ga terbuka. Selain itu, untuk melindungi komponen-komponen yang rentan rusak seperti motherboard dan harddisk dari debu yang bisa membuat kotor.

Jika komponen komputer kena kotoran, maka bisa menjadikan kinerjanya semakin lambat ato bahkan bisa mengalami error. Bagi komputer, bisa bebas menggunakan casing yang sesuai dengan pilihan. Selain itu, bisa gonta-ganti casing jika ingin mengganti dengan yang baru.

Kalo untuk laptop casingnya sangat rapat, sehingga kotoran ga mudah masuk. Selain itu, casing laptop bersifat paten dan agak sulit kalo ingin ganti casing yang baru. Kesulitannya adalah, menemukan casing yang pas dengan type laptop yang kita punya. Karna casing laptop belum tentu bisa di temukan di toko-toko spare part, sehingga harus pergi langsung ke service centernya.

Baca Juga
Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia?

12. Baterai CMOS / Baterai Laptop

baterai-cmos-pada laptop-dan komputer
Sumber gambar pintarkomputer.com

Perangkat ini memang unik, bentuknya memang kecil tapi manfaatnya sangat besar. Karna dari spare parts ini, komputer masih memiliki daya listrik walaupun telah di matikan. Selain itu, berfungsi untuk mengatur tanggal, bulan serta tahun dan jam yang akan tetap hidup walaupun tanpa adanya aliran listrik.

CMOS singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconduktor, yaitu perangkat semi konduktor yang akan tetap menyala. Jika komputer di nyalakan, maka baterai CMOS akan melakukan pengecesan sehingga punya cadangan listrik sendiri ketika komputer mati.

Jika kita menyimpan file dalam komputer, maka akan ada keterangan waktu dan tanggalnya. Hal ini karena adanya baterai CMOS tersebut yang udah di setting untuk memberikan daya pada bios dan menyimpan konfigurasi bios.

Baterai laptop adalah spare part yang bisa dibilang penting dan primer. Karna laptop ga bisa lepas dari baterai. Kalo mau pake listrik ya mending pake komputer aja. Harga baterai laptop biasanya berkisar antara Rp. 300.000,- Rp. 600.000,-. Karna tipe laptop (netbook, dll) ga sama jadi harga baterai laptop bervariasi. Oh iya faktor lain yang mempengaruhi harga adalah jumlah cell dalam baterai. Semakin banyak cell baterai semakin mahal harganya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Setiap hari pergi ke sekolah biar pinter
Ga lupa selalu minta doa restu ayah dan mama
Pelajari dulu cara merawat laptop dan komputer
Agar spare patsnya bisa awet dan tahan lama

Buaran, Pekalongan
Rabu 06.01 WIB 18 Maret 2017
Tulisan Temen kita – MY

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari…
Spare Parts Laptop dan Komputer, Spare Parts, Laptop, Komputer,

Comments

Leave a Reply