4 Makanan Khas Pulau Jawa

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Apa kah … judul?

Salam #MasBro #MbakBro
Buat pertanyaan dan pernyataan tentang judul? 

4 Makanan Khas Pulau Jawa

Kuliner Khas Jawa
 
1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jawa Tengah dan sekitarnya, terutama banyak ditemukan di Yogyakarta. Gudeg merupakan nangka muda yang dimasak dengan santan dan memiliki warna kecoklatan. Biasanya, gudeg disajikan dengan ayam, telur, tempe, tahu, kuah santan kental, dan sambal goring krecek.

Krecek yang juga merupakan makanan khas Jawa adalah kulit sapi yang dikeringkan dan kemudian dicampur dengan kuah pedas. Gudeg memiliki rasa manis pedas yang tentunya menggugah selera. Makanan khas Jawa ini dapat dinikmati dalam bentuk Gudeg kering ataupun basah. Varian lain dari Gudeg yaitu Gudeg Solo, yang mana kuahnya berwarna putih.

2. Rawon
 

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, terutama di Surabaya, dan juga di Jawa Tengah tepatnya di daerah Surakarta. Rawon merupakan kuliner khas Jawa berbahan dasar daging sapi yang dicampurkan dengan kuah berwarna hitam pekat dan biasanya disajikan dengan tauge, kerupuk udang, dan telur asin.

Yang khas dari rawon adalah kuah hitamnya yang berbahan dasar lengkuas, kunir, bawang, ketumbar, kemiri, serai, cabai, kluwek, minyak nabati, dan kaldu rebusan daging.

 
3. Lumpia Semarang
 

Lumpia Semarang

Seperti namanya, Lumpia ini merupakan makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Pada umumnya, lumpia terbuat dari telur, isian daging ayam atau udang, dan kulit lumpia. Sementara, Lumpia Semarang memiliki bahan utama lainnya, yaitu rebung.

Rebung adalah tunas dari akar bambu. Karena berbahan dasar rebung, Lumpia Semarang memiliki rasa dan aroma yang khas yang sangat berbeda dengan lumpia-lumpia lainnya. Lumpia Semarang disajikan dengan saus kecoklatan, bawang putih cincang, dan daun selada. Makanan khas Jawa satu ini merupakan oleh-oleh khas Semarang dan dapat ditemukan di berbagai sudut jalan.

 
4. Soto
 

Soto Kudus

Nama ‘Soto’ pasti sudah tidak asing lagi didengar. Soto merupakan makanan favorit bagi banyak orang di Indonesia. Kuliner khas Jawa ini merupakan makanan berkuah yang terbuat dari santan dan kaldu daging. Namun ada banyak macam Soto di Indonesia, terutama di Jawa.

Di Jawa Tengah, ada Soto Kudus, Soto Semarang, dan Soto Jepara. Sementara di Jawa Timur, ada Soto Ambengan, Soto Lamongan, dan Soto Madura. Soto-soto tersebut biasanya berbeda dari segi warna maupun isian soto yang dihidangkan. Sebagai contoh, Soto Kudus berwarna agak bening serta berisikan tauge dan umumnya menggunakan daging kerbau. Sementara, Soto Ambengan warnanya kuning pekat dan disajikan dengan bumbu koya. Soto mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

2. Sub Judul

Penjelasan.

Kesimpulan

Penjelasan.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Senin tanggal 26 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
judul, sub judul
,


Terbit

dalam

karya

Comments

Leave a Reply