#JadiBisa Pulang Kampung Tanpa Duit, Naik Pesawat Traveloka

Cerita Perjalanan Ke Semarang, Bekasi, Jakarta, dan Padang Lalu ke Siborongborong

Ada fitur flight reminder-nya
Kita bisa juga buat refund-nya
Kita sering ngomong soal harga
Kualitas akhirnya yang bicara

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Punya cerita produk sentimental ga?

Trus, kalo ingat traveloka ingat apa?

Sebelum kita ngomongin traveloka. Kita ngomongin yang lain dulu ya.

Produk / jasa yang bagus itu adalah “bermanfaat”. Bukan produk / jasa yang hanya sekedar ada. Kalo laku terjual hanya karna menang harga + brand (merk) doang mah. Itu biasa.

Produk / jasa yang bagus itu adalah “ga tergantikan”. Dimana, kalo ga ada, kita kekurangan sesuatu. Meski bisa digantiin sama produk / jasa lain. Tapi tetep aja ga sebaik yang sebelumnya.

Nah, penulis punya cerita produk yang seperti itu.

Kalo langsung cerita ke intinya. Ga ada gregetnya kata Kang Mad Dog.

Cerita pesenan tiket pesawat di traveloka ini ga akan bermakna apa-apa tanpa cerita dibelakangnya.

Ini bukan cerita drama untuk jualan ya. Kayak audisi di tipi (televisi) nasional. Tapi beginilah apa adanya. Cerita tentang penulis sendiri.

#

Sejak tahun 2013 sampe 2015 penulis menderita saraf terjebit di tulang belakang. Tepatnya antara ruas tulang 4 dan 5. Cerita ini bakal berhubungan kuat sama kisah dibalik fitur pilihan harga traveloka.

Jadi singkatnya tuh gini.

  • 2013 – 2014

Menderita saraf terjepit di tulang belakang.

  • Februari 2014

Staff legal di pabrik kayu di Temanggung.
Perjalanan Semarang Temanggung membuat sakit tambah parah.

  • November 2014

Operasi tulang belakang di Semarang.
Harus minum obat sampe 1 tahun lebih buat pemulihan.
Minimal 1 Kali sebulan harus kontrol ke dokter periksa perkembangan pemulihannya.

  • Agustus 2015

Undur diri dadakan dari supervisor HRD di anak Pabrik Kayu.
Lalu milih wiraswasta aja.
Ga kasih tau orangtua karna jaga-jaga ga mau mereka kaget dan jadi beban pikiran.

  • September 2015

Pindah ke Semarang.
Buat hemat biaya, tinggal dikosan adek.
Bertahan hidup dengan tabungan hasil karyawan.
Tabungan pelan-pelan habis untuk pindahan, makan 3 kali sehari dan biaya perjalanan ke Temanggung buat kontrol ke dokter.

  • Oktober 2015

Tabungan akan habis, bertahan hidup dengan makan 1 kali sehari dan berhenti kontrol.
Bahkan buat minum obat pun harus minum air bak.

  • November 2015

Tabungan habis.
Biaya makan berbagi uang bulanan adek yang masih kuliah.

  • Desember 2015

Orangtua minta pulang kampung ke Medan.
Ga ada duit.
Pesen tiket dari traveloka.
#JadiBisa Pulang Kampung Tanpa Duit, Naik Pesawat Traveloka.

#

Disinilah peran traveloka mulai ada.

Gimana mau pulang naik pesawat. Orang lagi hemat biaya, pulang naik motor aja ga bisa.

Mau beli bensin?

Mending beli makan aja.

Ceritanya, buat orang batak, masa natal dan tahun baru itu adalah masa yang sangat sensitif dan sentimentil. Sakral dan penting. Orang baik persentesenya bisa naik dratis. Gereja bisa penuh. Kunjungan kerumah keluarga, temen, dan tetangga itu meningkat.

Pemandangan dari surga ke Sumatera Utara itu indah lah. Pendapatan pertamina meningkat.

Tahun baru sering dijadiin kesempatan buat berbagi. Masa yang tepat juga buat maaf-maafan. Tahun lama maka kesalahan lama dilupain. Tahun baru maka awalan baru.

Nah, kalo orangtua minta pulang kampung. Buat orang batak itu Sila ke 6.

Lalu gimana caranya pulang dengan kalo dang adong hepeng. Kaga ada duit, kalo kata orang betawi.

Mau minjem bisa aja sih, tapi mau gimana balikinnya?

Usaha yang lagi dibangun belum menghasilkan.

Mau minta orangtua ga mungkin.    

Mentok.

1 minggu berselang.

Tuhan baiklah.

Sampe akhirnya orangtua kirim ongkos adek buat pulang. Lupa persis duitnya, kurang lebih dikirimnya Rp. 1.500.000 .

Nah, ada ide buat manfaatin uang itu. Karna adek udah tau keadaan penulis. Setelah ngobrol bentar. Dia sepakat buat pake biaya itu untuk pulang kampung.

Mulailah cari-cari tiket dan akhirnya dapat harga yang cocok.

Lupa waktu itu harga tepatnya berapa. Udah cari-cari diemail sampe 2 hari ga nemu-nemu. Dapatnya cuma bukti sms dari traveloka.

Kalo dibandingin harga tiketnya dengan tanggal yang sama tahun 2017 ini. Bedanya tipislah ya. Pokoknya waktu itu biaya ongkos 1 orang dari Semarang ke Medan, kita pecah jadi buat ongkos 2 orang dari Jakarta ke Padang.

Lanjut ya.

Jadi penjelasannya gini.

Kalo ambil tiket dari Semarang ke Kualanamu ya biayanya ga akan cukup. Apalagi ini biaya buat 2 orang. Kalo kita ambil pesawat dari Jakarta ke Kualanamu biayanya mepet banget. Belum lagi ongkos kereta ke Jakarta. Lalu ongkos dari stasiun ke bandara.

Bah, mentok ga cukuplah.

Kita coba cari tau keluarga yang mau pulang kampung juga. Tuhan baiklah.

Tulang di Padang juga mau pulang kampung. Mereka naik mobil. Jadi kita bisa nebeng mereka. 50% biaya perjalan bisa dihemat. Eh, iya Tulang itu panggilan Om buat orang batak ya.

Singkat cerita, dapatlah 2 tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Internasional Minangkabau.

Peran traveloka gitu doang?

Wah, jangan gitu dong Mas Bro dan Mbak Bro. Kalo harus cari tiket ke agen travel, ribet banget tuh bolak-balik. Masa pas pencarian tiket ke agen travel, ditanya uangnya ada berapa. Bilang ga ada.  Kalo pake agen travel kan ga bisa bolak-balik liat harga tiket. Kalo pun bisa harus minta tolong orang lain kan. Belum tentu mereka mau. Kalo pun mereka mau pasti ribet kan.

Bukannya kelebihan traveloka disitu ya?

Kita bisa bolak-balik liat harga tiket kalo mau hemat biaya. Sambil duduk di kamar mandi juga bisa. Buat yang mau hemat-hemat, bisa langganan newsletter biar dapat info promo. Mau cari harga murah tinggal pake fitur best price finder. Ada acara mendadak dan harus ganti jadwal tervang, kita bisa dengan easy reschedule. Kalo batal terbang, kita bisa pake fitur 30 days refund guarantee.

Gitu dia peran produk Traveloka dimasa-masa berat hidup penulis.

Makasih buat traveloka.

#JadiBisa pulang kampung tanpa duit, naik pesawat traveloka.

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro suka bepergian. Manfaatin aja fitur price alert dan flight reminder traveloka. Biar bisa dapatin info harga sesuai jadwal kebutuhan kita.

Gimana ceritanya?

Kalo bisa jadi iklan traveloka, bakal keren tuh. Pasti iklannya bakal diinget banget. Meski iklannya traveloka sekarang udah keren sih. Dengan unsur komedi elegan yang diperanin sama artis Indonesia. Kalo nguatin dicerita dan pake artis biasa kan bisa hemat biaya banget tuh iklannya.

Sekarang tuh, iklan yang story telling sangat disukai. Ga cuma sekedar iklan kosong dengan kelebihan produk tanpa jelasin apa manfaat dan tanpa emosi didalamnya.

Yah, begitulah kurang lebih ceritanya Mas Bro dan Mbak Bro.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate.

Kalo kita punya talenta
Tunjukin aja pada dunia
Kalo punya sebuah cerita
Jangan hanya dipendam aja

20171202 1553WIB Sabtu
Rumah Tulang Citayam

Comments

16 responses to “#JadiBisa Pulang Kampung Tanpa Duit, Naik Pesawat Traveloka”

  1. Resmida Sihombing Avatar
    Resmida Sihombing

    Bisa d cobak… 🙏🏻 Thanks for infonya @kekitaan

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Resmida Sihombing (RS)
      Makasih udah berkunjung ya
      Mauliate
      Makasih

  2. Jauw Avatar
    Jauw

    Informasi bermanfaat

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Jauw (J)
      Senang bisa berbagi
      Mauliate
      Makasih

  3. Me.. Avatar
    Me..

    Bagus nihh.. Sangat bermanfaat

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mas Bro / Mas Bro Me.. (M)
      Makasih ya, seneng bisa berbagi.
      Mauliate
      Makasih

  4. Zhuzhee Avatar
    Zhuzhee

    Bagus. Sangat bermanfaat dan inspiratif

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Zhuzhee (Z)
      Makasih Mbak Bro Z.
      Senang bisa berbagi.
      Mauliate
      Makasih

  5. Bangkit Pardede Avatar
    Bangkit Pardede

    Terimakasih infonya tulisan ini sangat membantu dikarenakan saya juga sering menggunakan aplikasi Traveloka.

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mas Bro Bangkit Pardede (BP)
      Yoa Mas Bro BP.
      Wah, paling sering pake fasilitas traveloka yang mana?
      Mauliate
      Makasih

  6. tashya n Avatar
    tashya n

    makasih gan sangat bermanfaat!

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro tashya n (tn)
      Yuhu Mbak Bro tn
      Makasih udah berkunjung ya.
      Mauliate
      Makasih

  7. dina hutabarat Avatar
    dina hutabarat

    Waaaw keren keren. Sangat membantu

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro dina hutabarat (dh)
      Wah, makasih Mbak Bro.
      Bagian mana nih yang membantu?
      Mauliate
      Makasih

  8. sahdi harahap Amd,Com Avatar
    sahdi harahap Amd,Com

    kpan mau pigi k laur negri y

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mas Bro sahdi harahap Amd,Com (SHH)

      Semangat Mas Bro, doa + usaha pasti bisa.

      Mauliate
      Makasih

Leave a Reply