INI LOHH ARTI & MAKNA BENDERA PALESTINA!!!

INI LOHH ARTI & MAKNA BENDERA PALESTINA!!!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh.

Bendera Palestina menjadi lambang kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan dan perjuangan merebut hak-hak rakyat Palestina sebagai manusia.

Bendera dengan susunan persegi panjang dengan tiga warna berbeda dan segitiga di bagian kiri pertama kali digunakan oleh Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO pada 1964. Israel pernah mengeluarkan larangan pengibaran bendera palestina dan pada akhirnya Israel sendiri mencabut larangan pengibaran bendera tersebut di Palestina pada awal 1990-an.

APA SIH MAKNA WARNA BENDERA PALESTINA?

1. Warna merah

Kepala lembaga Palestinian Academic Society for The Study of International Affairs (PASSIA), Dr. Mahdi Abdul Hadi dalam tulisannya berjudul Evolusi Bendera Arab, menjelaskan warna merah melambangkan bendera pemimpin Islam di Andalusia, menandakan kemenangan suku Muslim Arab di Afrika Utara dan Spanyol.

Sementara itu pada era yang lebih modern, warna merah melambangkan golongan Ashraf dari Hijaz dan golongan Hasyimiyah, para turunan Nabi Muhammad SAW.

Kemudian pada 10 Juni 1916, warna merah juga digunakan sebagai lambang Revolusi Arab oleh Syarif Husain. Lalu pada 1917, warna merah ini digunakan masyarakat Palestina dalam gerakan nasional Arab.

2. Warna hitam

Warna hitam adalah perlambang panji pasukan tempur Nabi Muhammad. Saat kebangkitan Islam dan penaklukan kota Mekkah, Nabi Muhammad membawa dua bendera yang berwarna hitam dan putih.

Bendera putih bertuliskan kalimat Tauhid sedangkan hitam digunakan sebagai ikat kepala para komandan perang.

Kemudian ketika zaman dinasti Abbasiyah yang memerintah dari Baghdad, warna hitam dipakai sebagai simbol rasa duka atas pembunuhan kerabat Nabi Muhammad dan sebagai lambang untuk memperingati perang Karbala.

3. Warna putih

Warna putih adalah bendera Dinasti Umayyah yang memimpin Damaskus selama 90 tahun. Putih adalah warna simbol perang Badar.

Berbeda dengan Dinasti Abbasiyah yang menggunakan bendera hitam sebagai tanda berkabung, Dinasti Umayyah menggunakan warna putih.

4. Warna hijau

Warna hijau dalam bendera Palestina, sebelumnya juga digunakan saat Dinasti Fatimiyyah berkuasa di Afrika Utara. Hijau digunakan sebagai perlambang kesetiaan dinasti ini terhadap Ali bin Abi Thalib, sepupu Nabi Muhammad yang pernah dibungkus selimut berwarna hijau demi menggantikan Nabi Muhammad untuk menggagalkan pembunuhan Nabi.

Warna hijau ini masih dipakai hingga Salahuddin al-Ayubbi, pada akhirnya memakai warna kuning selama konfrontasi dengan Tentara Salib (Crusaders).

Baca juga:

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Bendera Palestina menjadi lambang kemerdekaan, kebudayaan, keagamaan dan perjuangan merebut hak-hak rakyat Palestina sebagai manusia.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
detik.com dibuka pukul 18:58 WIB pada Hari Sabtu tanggal 24 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Palestina, Israel, Konflik Timur Tengah, Gaza, Al-Aqsa, Islam, Gencatan Senjata, Kemenangan Palestina, Bendera Palestina

Comments

Leave a Reply