slot gacor
MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

DAFTAR MASJID TERBESAR YANG DI INDONESIA!!!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Gimana nih? Masih Semangat Gak Puasanya? Masih dong ya.

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, sebutan lain yang berkaitan dengan masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi bangunan menyerupai masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, iktikaf, dan umumnya berukuran kecil.

Di artikel kali kini gue bakal ngasih tau beberapa masjid terbesar yang ada di indonesia. Penasaran kan? oke simak yaa artikel di bawah ini.

Dimana aja sih Masjid terbesar yang ada di indonesia?

1. Masjid Istiqlal – Jakarta

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 200.000 orang ini memiliki keunikan yang jarang sekali bisa kamu temui. Yap, Masjid Istiqlal ini berhadap-hadapan dengan Gereja Katedral Jakarta yang juga sama megahnya.

Selain berfungsi sebagai tempat sholat, masjid ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk wisata religi. Tidak hanya untuk masyarakat umum, namun juga untuk tamu kehormatan negara.

2. Masjid An-Nur – Riau

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Agung An-Nur telah ada sejak 1963. Namun, baru terealisasi pada 1966 ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur pada 19 Oktober 1968.

Kemudian, arsitektur Masjid Agung An-Nur Riau di Pekanbaru mirip dengan Taj Mahal, India. Desain arsitektur dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 x 50 m, terletak di halaman berukuran 400 x 200 m. Kemudian, dapat menampung hingga 4.500 jamaah.

Di sisi lain, Masjid Agung An Nur juga memiliki berbagai fasilitas. Seperti fungsi pendidikan mulai dari playgroup, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, perpustakaan, aula dan ruang pertemuan, hingga ruang kelas dan ruang kantor.

3. Masjid Raya Baiturrahman – Aceh

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Agung Baiturrahman adalah kebanggaan masyarakat Aceh. Menjadi populer sejak Tsunami pada tahun 2004. Masjid ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat dari tsunami besar yang diakui sebagai salah satu dampak dari gempa bumi terbesar di Indonesia. Renovasi biayanya sekitar Rp 20 miliar!

Bangunannya yang bergaya Kesultanan Turki Utsmani dengan hiasan kolam air mancur membuat masjid ini menjadi incaran wisatawan yang datang ke Aceh.

4. Masjid Islamic Center Samarinda – Kalimantan Timur

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Islamic Center Samarinda terletak di Kabupaten Teluk Lerong Ulu, tepatnya di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid ini adalah masjid terbesar kedua di Asia Tenggara, dan juga salah satu masjid termegah di Indonesia.

Keunikan dari masjid satu ini adalah bangunannya yang menghadap langsung ke arah tepi Sungai Mahakam. Enggak heran apabila tempat ibadah ini digemari oleh wisatawan yang ingin beribadah sekaligus melakukan wisata religi.

5. Masjid Agung – Jawa Tengah

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang dimiliki oleh provinsi Jawa Tengah. Itu terletak di Semarang dan dibangun dari tahun 2001 hingga 2006. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006.

Di sisi lain, area serambi masjid ini memiliki enam payung otomatis raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi dan dapat menampung hingga 15.000 orang untuk beribadah.

Baca juga:

6. Masjid At-Tin – Jakarta Timur

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid ini dibangun pada tahun 1997 di atas lahan seluas hingga 70.000 meter per segi. Masjid Ini juga dapat menampung hingga 30.000 orang di masjid dan 2000 orang di aula masjid.

Nama At Tiin diambil dari salah satu surah Al-Qur’an, At-Tin. Itu adalah surat yang merupakan jenis buah. Sangat manis, enak, dan bergizi. Di sisi lain, masjid yang mempesona ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan.

7. Masjid Kubah Emas – Depok

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Dian Al-Mahri lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas yang terletak di jalan Maruyung Raya, Depok, Jawa Barat. Masjid megah ini dapat menampung hingga 20.000 jemaah di area 70 hektar dan dibangun pada bulan April 1999.

Masjid Kubah Emas ini menjadi tempat wisata religi yang paling digemari oleh warga sekitarnya. Dilengkapi dengan hiasan relief di atasnya terbuat dari emas 18 karat. Oleh karena itu, masjid ini setara dengan masjid terbesar dan mempesona di Asia Tenggara.

8. Masjid Nasional Al-Akbar – Jawa Timur

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Agung Al-Akbar adalah masjid megah dengan arsitektur modern. Itu terletak di Pagesangan, Surabaya dan dibangun pada 4 Agustus 1995. Masjid ini juga dapat menampung hingga 60.000 orang.

Desain kubah masjid ini sangat unik, dengan desain struktur daun, kombinasi warna biru tua dan hijau yang memberi kesan sejuk dan damai membuat orang beramai ramai berkunjung ke Masjid Agung Al-Akbar.

9. Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin – Jawa Barat

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin dibangun dengan konstruksi fondasi dan interior yang dirancang untuk ratusan dan ribuan tahun yang lalu. Bangunan ini juga disusun dengan konsep yang terstruktur dengan baik, antara desain, arsitektur, serta ornamen.

Apalagi pondasinya memiliki pondasi tahan gempa menggunakan pondasi rakit. Sementara itu, masjid mampu menampung hingga 150.000 orang untuk beribadah.

10. Masjid Al-Markaz Al-Islami – Sulawesi Selatan

MASYAALLAH!!! 5++ DAFTAR MASJID TERBESAR YANG ADA DI INDONESIA

Masjid Al-Markaz Al-Islami adalah salah satu masjid paling megah di Makassar. Masjid ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jenderal M. Jusuf. Keunikannya terletak pada gaya arsitektur.

Ada perpaduan arsitektur Arab, Gowa, dan Bugis-Makassar. Serta dominasi warna hijau. Sementara itu, masjid ini juga menggunakan granit untuk lantai sehingga membuat kesan besar setelah kamu memasuki pintu masuk masjid ini.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Indonesia memang memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Termasuk beberapa Masjid terbesar di Indonesia yang juga bisa menjadi tempat wisata religi saat kamu berkunjung ke sana.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Tokopedia, Wikipedia, Pinterest dibuka pukul 08:48 WIB pada Hari Senin tanggal 04 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Agung, Masjid Kubah Emas, Masjid Baiturrahman.

Comments

Leave a Reply