Gimana Sih Caranya Menjaga Password Wifi Biar Ga Dibobol? : #KitaCanggih41

Sumber Gambar tribunnews.com

Gimana Sih Caranya Biar Password Wifi Ga Dibobol?
Gimana Sih Cara Ampuh Lindungi Jaringan Nirkabel WiFi?

Di Medan sebut motor jadi kereta
Dulu namanya pasta gigi dibilang odol
Ada temen yang nanya harus berbuat apa
Cara jaga password wifi biar ga dibobol

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah jadi fakir wifi ga?

Hahahaha

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro masih anak sekolahan ato mahasiswa pasti senyum-senyum nih.

Kita suka cari sinyal wifi kalo lagi ada dikampus, café, rumah makan, rumah sakit, hotel, dan mana lagi nih?

Punya pengalaman pribadi ditempat lain ga?

Jaringan nirkabel alias WiFi tuh udah buat kita manja. Tanpa harus mikirin kuota. Saking manjanya. Sampe-sampe nih ada yang nakal dengan membobol wifi.

Kata kunci cara membobol WiFi jadi rame diinternet.

Jadinya nyolong jaringan internet gampang dilakuin.

Sebenernya meski caranya gampang. Cara membobol WiFi akan beresiko.

Pertama buat si pembobol, pencurian itu adalah tindak kriminal. Bisa penjara urusannya.

Kedua buat yang dibobol, curi jaringan internet bisa naikin tagihan internet bulanan. Buat yang pasang ga unlimited ya.

Ketiga, kalo WiFi kita dibobol bisa nurunin kecepatan internet kita.

Keempat masih buat yang dibobol curi jaringan WiFi berbahaya dari sisi keamanan. Tau istilah hacker dong?

Data pribadi kita bisa dibuka bebas sama si pembobol jaringan WiFi. Username + password kita bisa ketauan tuh. Buat yang suka buka situs-situs nakal. Siap-siap tuh aib kebuka.

Tuh, kita rugi 3. Si pembobol ruginya 1 doang.

Setelah udah paham sama resikonya. Jadi perlu kita tau gmana sih caranya menjaga password wifi biar ga dibobol.

Gimana Sih Caranya Biar Password Wifi Ga Dibobol?

1.Pasang Password di Router

Kalo mau buat kata sandi baru pastiin ada minimal delapan karakter. Jangan pake ato berhubungan sama nama asli, nama pengguna, ato tanggal ulang taun kita. Gampang dibajak tuh.

Ada panduan nih, pake kata sandi itu gabungan huruf besar + huruf kecil, angka, sama karakter tulisan kayak ? ! # @ dan kawanannya. Tinggal tekan shift aja itu di keyboard.

Gimana caranya:

Sumber Gambar googleaza.com

a.Buka Halaman Pengaturan Dirouter

Ketik “192.168.1.1” ato “tplinkwifi.net” ke browser. Trus masukin nama pengguna dan password yang benar buat routernya.

Sumber Gambar googleaza.com

b.Pasang password yang “ga bisa dibobol” Dirouter

Kalo udah login ke router, ganti password bawaan routernya. Ini wajib.

Biar ga ada orang yang bisa akses router kita. Selain kita sendiri. Ingat aman itu yang utama. Ganti password dari pengaturan Administrasi yang ada dihalaman pengaturan router.

c.Ganti Nama SSID Jaringan Kita

SSID adalah nama dari jaringan WiFi dari Wireless Router. Biasa sih pake nama perangkat. Sebenernya jaringan WiFi ini ga pengaruh besar. Tapi ganti nama SSID jaringan perlu kita lakuin.

Sumber Gambar googleaza.com

d.Aktifin Enskripsi Jaringan

Kita harus enkripsi sinyal jaringan WiFi. Biar orang lain ga bisa pake koneksi internet kita. Bisa pake cara enkripsi WEP, WPA, ato WPA2.

Yah paling aman sih pake WPA2.

e.Filter alamat MAC

Ga cuma kita yang punya alamat. Masing-masing komputer itu punya memiliki MAC address yang unik. Alamat MAC yang beda sama komputer lain MAC.

Oh iya, ga cuma komputer ya. Semua perangkat elektronik itu punya alamat MAC yang beda-beda.

Nah daftarin MAC router kita biar perangkat yang ga didaftarin, ga bisa asal nyambung WiFi.

2.Pake Password Berbeda Tiap Akun

Kalo ada hacker yang bisa meretas kata sandi akun kita. Apeslah kalo punya sandi sama username yang sama dengan akun lainnya. Mereka bakal coba-coba tuh, pake itu ke akun kita yang lain.

Jadi tau kan alasannya kenapa perlu sering gonta ganti password?

Ribet itu emang aman.

3.Pake Aplikasi Password Manager Kalo Punya Sandi Lebih Dari 1

Tenang ga ribet lagi kok.

Udah banyak kok aplikasi dengan fitur simpan password dengan aman di “awan”. Kalo mau masuk ke satu akun nanti bakal otomatis login.

Gampang toh?

Enak toh?

Ya mendingan pake aplikasi toh?

4.Hati-Hati Gunain Email Kita

Tau ga kalo email kita itu jadi alat masuk ke semua akun kita diinternet?

Trus kalo lupa username + password di satu akun. Pasti link reset dikirim ke email kan?

Nah, makanya hati-hati sama email sendiri.

Pastiin email kita dipasang gembok, rante, dan kunci berlapis. Kasih sistem kata sandi yang berlapis dan gabungan kata sandi yang ga bisa ditebak sama orang lain.

Meskipun orang terdekat kita.

5.Aktifin Otentikasi 2 Langkah

Ini penting.

Sekali lagi ini sangat penting.

Jadi tuh meski kita udah hapal sama email + kata sandi kita. Mereka bakal tetep minta nomor kita buat pastiin itu beneran kita ga yang masuk ke akunnya.

Nanti bakal ada email ato sms masuk berupa kode. Buat diverifikasi. Kalo kita masukin nomor kode yang bener dan sesuai batas waktu. Barulah kita  bisa login.

Kalo ga ya amsiong.

Mau ga mau harus buat password baru tuh.

Nah, meskipun ada orang yang tau cara membobol WiFi. Sekarang kita udah punya obat penawarnya kan Mas Bro dan Mbak Bro?

Bermanfaat dong obrolan kita kali in Mas Bro dan Mbak Bro?

Bagiin sama temen yang punya kafe dengan akses WiFi ya.

Trus kalo masih ada pertanyaan. Silahkan tinggalin jejak komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Meski orang tau cara membobol WiFi
Sekarang itu udah ga masalah lagi
Kita udah tau caranya buat lindungi
Amankan wifi dari para pencuri

Tembalang, Semarang
15:07 WIB, Kamis 24 April 2017
Tulisan Kita

Sumber Tulisan
Googleaza. 2015. Cara Ampuh Melindungi Jaringan Nirkabel WIFI Anda. www.googleaza.com/2015/07/cara-ampuh-melindungi-jaringan-nirkabel.html diakses pukul 14:28 WIB pada hari Senin tanggal 24 April 2017
Saputri, Diah Harni. 2015. Begini Supaya WiFi Aman Tak Dicuri Orang.  m.tempo.co/read/news/2015/07/01/096680089/begini-supaya-WiFi-aman-tak-dicuri-orang diakses pukul 14:27 WIB pada hari Senin tanggal 24 April 2017

Sumber Gambar
www.googleaza.com
diakses pukul 14:27 WIB pada hari Senin tanggal 24 April 2017
tribunnews.com diakses pukul 24:45 WIB pada hari Selasa tanggal 25 April 2017

Comments

Leave a Reply