8++ Cara Merawat Laptop Biar Tahan Lama

👁️2.327x   💬0   🕗01:27

Gimana sih cara merawat spare parts laptop agar awet?

Salam #MasBro #MbakBro

Pada dasarnya, jika kita menggunakan laptop dan komputer dengan wajar dan ga berlebihan. Maka akan membuat spare parts bisa bertahan lama. Biasanya umur perangkat keras bisa mencapai 5 tahun atau lebih. Tapi semua itu tergantung dari faktor penggunaannya, jika kerja komputer ga terlalu berat, tentu saja performa komputer akan selalu baik dan ga cepat rusak.

8++ Cara Merawat Laptop Biar Tahan Lama

1. Ringanin kinerja Processor

Segera cabut flashdisk jika udah ga di perlukan lagi. Kalo pengen lebih ringan, non aktifin aja penggunaan flashdisk pada laptop dan komputer. Di zaman sekarang ini, perangkat DVD udah ga banyak di perluin. Buat ringkanin beban processor, lebih baik non aktifin aja perangkat DVD. Itu buat laptop-laptop lama ya. Tapi kalo laptop terbaru sih udah ga ada lagi slot nya.

Jika laptop dan komputer udah selesai di gunakan, sebaiknya matikan saja ato di shutdown. Selain itu, ciptakan kebiasaan untuk melepaskan jek kabel yang terhubung dengan aliran listrik. Hal ini bermanfaat agar mesin bisa istirahat dengan penuh tanpa adanya aliran listrik. Jangan menggunakan sleep mode atau hibernate ketika udah selesai menggunakan komputer.

Hapus semua file-file yang udah ga di butuhkan lagi atau uninstall saja sofware yang jarang di gunakan agar ga memberatkan processor.

2. Merawat Harddisk

Harddisk memerlukan sirkulasi udara yang lancar, untuk itu perlu menempatkan laptop ato komputer berada pada tempat yang terbuka. Selalu mengecek kipas angin yang ada di dalam mesin, apakah udah bekerja dengan baik. Jika ga, perlu menambahkan kipas baru agar bisa memberikan sirkulasi udara yang cukup.

Sebelum mematikan mesin komputer, sebaiknya dokumen yang telah di buka agar di tutup terlebih dahulu. Pastikan juga ga ada aplikasi yang masih terbuka. Lalu klik shutdown, dan tunggu sampai mesin komputer udah benar-benar mati. Hal ini bermanfaat agar harddisk ga mengalami hentakan ketika mesin di matikan.

Harddisk yang sering mendapatkan guncangan, akan cepat rusak. Usahakan untuk ga terlalu sering membawa laptop dengan kendaraan bermotor. Bagaimanapun, harddisk yang sering terguncang memang bisa menimbulkan efek buruk. Efeknya memang sedikit, tapi kalo terlalu sering maka akan menjadi banyak juga.

Selain itu, dengan membuat partisi untuk membagi ruang penyimpanan. Ketika membuat partisi harddisk, cukup 1 atau 2 saja agar kinerjanya lebih ringan.

Baca Juga
10++ Persiapan Sebelum Beli Laptop

Melakukan defragment yang akan mengurangi bad sector ato kerusakan pada Harddisk. Bad sector yaitu hilangnya kapasitas pada Harddisk yang di sebabkan kerusakan pada spare parts ato corrupt data.

Manfaatkan fasilitas Disk cleanup untuk membersihkan file-file yang ga penting, sehingga membantu mengurangi beban pada Harddisk.

3. Menggunakan RAM yang berkapasitas besar

Karena besarnya kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja mesin komputer. Sehingga kita perlu menambahkan kapasitas RAM baik secara fisik ato dengan cara menambahkan virtual memory/virtual RAM. Tapi akan semakin baik kalo dengan menambahkan RAM fisik saja.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

4. Memelihara VGA

Untuk meringankan kerja processor dan RAM, sebaiknya menambahkan VGA Card. Biasanya, pada motherboard udah ada tempat atau slot khusus jika ingin menambahkan VGA Card. Agar VGA bisa awet, kita harus menjaga suhu udara agar tetap stabil. Hal ini bisa di lakukan dengan menambahkan heatsink, sehingga suhu udara bisa lebih terkontrol.

5. Menghapus Registry yang tidak di perlukan

Registry berguna untuk mengatur kinerja hardware dan software. Jika setting Registrynya bagus, maka tentu saja performa mesin komputer akan berjalan sangat baik. Banyak sekali Registry yang tersedia pada program komputer dan laptop untuk mengelola perangkat keras dan software.

Tapi ga semua Registry akan kita gunakan. Karna itu, gunakan registry yang di perlukan aja dan hapus atau non-aktifkan yang ga akan kita gunakan. Sehingga bisa membantu memaksimalkan kerja mesin.

6. Mengosongkan Recycle Bin

Recycle Bin yang penuh, bisa mengakibatkan komputer crash dan lama saat membuka file. Sebaiknya selalu mengosongkannya paling lambat 2 minggu sekali.

7. Uninstall add-ons pada browser

Menambahkan ekstensi atau add-ons pada browser, hanya akan membebani kerja mesin komputer. Akan lebih baik kalo ga menggunakan add-ons pada browser agar processor ga terlalu berat dalam melakukan star up.

8. Download Software Pembersih Registry

Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan sistem dengan mengatur Registry. Selain itu, bisa membersihkan, menghapus file, cookies serta dokumen sementara yang memberatkan Harddisk.

Software ini juga bisa di gunakan untuk mendeteksi Registry yang ga di perlukan. Sehingga kita bisa tahu, mana  Registry yang memang ga berguna bagi kita dan menghapusnya, agar beban file menjadi berkurang.

Baca Juga
Udah Tahu? 27++ Manfaat Laptop

Kalo bisa menggunakan laptop dan komputer dengan hati-hati, tentu saja spare partsnya akan terpelihara.

Semoga tulisan ini bisa menjadi informasi tambahan untuk merawat spare parts laptop ato komputer bagi Mas Bro dan Mbak Bro.

Tentu saja tulisan ini bisa di bagikan pada media sosial Mas Bro dan Mbak Bro. Jika masih punya pertanyaan, silahkan ajukan aja pada kolom komentar ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Buaran, Pekalongan
Rabu 06.01 WIB 18 Maret 2017
Tulisan Temen kita – MY

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari…
Cara Merawat Laptop Biar Tahan Lama, Spare Parts, Laptop, Komputer,


Terbit

dalam

karya

Comments

Leave a Reply