slot gacor
INI LOH AMALAN UTAMA SETELAH BULAN RAMADHAN!!!

AMALAN UTAMA SETELAH RAMADHAN!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Amalan setelah Ramadhan, apa aja, sih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah kita telah melewati puasa di bulan Ramadhan, dan semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT tanpa terkecuali. Setelah Ramadhan tentunya kita tidak bisa berhenti begitu saja untuk beramal sholeh. Oleh karena itu kita akan membahas 1 amalan utama yang bisa kita lakukan setelah Ramadhan. Simak artikel di bawah ini…..

APA SIH AMALAN UTAMA SETELAH BULAN RAMADHAN?

Jawabannya adalah: Puasa syawal

A. Hukum

Bagi mereka yang mempunyai hutang puasa Ramadhan karena uzur, seperti sakit, perjalanan jauh, atau lainnya, status hukum puasa syawal menjadi makruh.

Namun, bagi orang yang tak berpuasa Ramadan karena kesengajaan, tanpa uzur, status hukum menjadi haram.

Diberitakan Kompas.com, 24 Mei 2020, Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta, Musta’in Ahmad mengatakan, hukum puasa Syawal adalah sunah mustahab. Ini mempunyai arti sesuatu yang telah dikerjakan oleh Nabi Muhammad satu atau dua kali.

Mustahab pada hakikatnya merupakan perbuatan yang apabila dikerjakan mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakaan tidak mendapat dosa ataupun siksa.

Hukumnya tidak wajib, tetapi puasa syawal mempunyai banyak keutamaan.

 

Baca juga:

B. Waktu

Puasa syawal idealnya dilaksanakan enam hari berturut-turut persis setelah Hari Raya Idul Fitri, yaitu 2-7 syawal.

Namun, orang yang berpuasa di luar tanggal tersebut, meskipun tidak berurutan tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal seakan puasa wajib setahun penuh asalkan belum melewati bulan Syawal.

 

C. Keutamaan

Umat Islam dianjurkan melakukan puasa selama enam hari di bulan syawal.

Hal ini seperti diriwayatkan dalam hadits shahih Imam Muslim.

 من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال كان كصيام الدهر” رواه مسلم

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.”

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Ini hadits untuk memotivasi kita melakukan puasa 6 hari di bulan syawal

 من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال كان كصيام الدهر” رواه مسلم

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun.”

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Kompas.com, iNews.id dibuka pukul 20:27 WIB pada Hari Senin tanggal 17 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
10 hari terakhir bulan Ramadhan, Lailatul Qadar, Amalan-amalan sunnah bulan puasa, Tarawih, Keutamaan Shalat Tarawih, Shalat Tarawih, Puasa, Puasa Syawal

Comments

Leave a Reply