INI LOH 3++ AMALAN SUNNAH UNTUK 10 HARI TERAKHIR RAMADHAN!!!

AMALAN SUNNAH 10 HARI TERAKHIR RAMADHAN!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

10 hari terakhir bulan ramadhan

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Gimana nih? Masih Semangat Gak Puasanya? Masih dong ya.

Amalan 10 hari terakhir Ramadhan menjadi sesuatu yang paling diistimewakan masyarakat muslim dunia saat puasa. Disebutkan Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Dahulu Rasulullah ﷺ bersungguh-sungguh di 10 terakhir di bulan Ramadhan lebih dari pada bersungguh-sungguhnya beliau di hari-hari lainnya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Dari hadits itu kita sebagai umat Nabi Muhammad ﷺ sepatutnya memperjuangkan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan sebagaimana yang beliau ﷺ contohkan.

APA AJA SIH AMALAN-AMALAN UNTUK MEMAKSIMALKAN 10 HARI TERAKHIR?

1. Memperpanjang Ibadah Shalat Malam

Nabi Muhammad SAW mencontohkan, untuk menghidupkan malam-malam di 10 hari terakhir, beliau serta para sahabat biasa sholat, zikir, dan melakukan berbagai ibadah lain hingga fajar.

Istilah menarik untuk hal ini adalah, lambung beliau dan para sahabat jauh dari tempat tidur.

Dalam menghidupkan malam-malam terakhir tersebut, beliau juga tidak berangkat sendirian, melainkan mengajak keluarganya.

Allah SAW berfirman di dalam QS. Al-Isra Ayat 79 yang berbunyi:

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”.

 

2. Memperbanyak Bersedekah

Nabi Muhammad SAW juga menyeimbangkan antara ibadah secara vertikal pada Allah SWT serta ibadah secara horizontal atau ibadah sosial.

Ibadah sosial yang dimaksud ini adalah dengan memperbanyak bersedekah, sebagaimana disebutkan dalam QS. As-Sajdah ayat 16:

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Artinya: “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan”.

 

Baca juga:

3. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah pada Allah SWT. Namun, dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung ini, Kemenag dalam laman resminya menyarankan agar i’tikaf dilaksanakan di dalam rumah.

Mereka melanjutkan, jika memang tetap ingin melakukan i’tikaf dalam masjid, maka harus mematuhi protokol kesehatan.

Ada sebuah hadits yang berbunyi:

“Rasulullah SAW, beriktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda, ‘Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

4. Tilawah Al Quran

Salah satu tradisi ibadah umat muslim dalam beribadah adalah mangkhatamkan Al Quran. Menkhatamkan atau menamatkan Al Qur’an memang membawa kepuasan tersendiri bagi masyarakat muslim, apalagi jika diakukan di dalam masjid.

Tilawah Al Quran sendiri merupakan ibadah yang bernilai keutamaan besar, meskipun sebenarnya tergolong ringan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

.عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ.

Artinya: “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

 

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Selain beberapa amalan di atas ternyata ada satu motivasi untuk kita memperjuangkan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatull Qadar. Nabi ﷺ bersabda:

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
news.detik.com, kalam.sindonews.com dibuka pukul 08:00 WIB pada Hari Jum`at tanggal 07 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
10 hari terakhir bulan Ramadhan, Lailatul Qadar, Amalan-amalan sunnah bulan puasa

Comments

Leave a Reply