6++ Jenis Bahan Makanan Sehat karya italic unsplash

6++ Jenis Bahan Makanan Sehat

6++ Jenis Bahan Makanan Sehat

Biasanya setiap hari makan apa?
Nasi dan lauk?
Sayur rutin dimakan ga?

Salam #MasBro #MbakBro

Makanan sehat harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi wajib seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tubuh kita memerlukan nutrisi tersebut agar tetep sehat dan bertumbuh optimal. 

Syarat makanan yang sehat…
a. bersih
b. gizi yang baik dan seimbang. 

Makanan sehat ga terbatas satu jenis aja. Setiap jenis makanan mengandung nutrisi yang berbeda-beda yang diperlukan oleh tubuh.

6++ Jenis Bahan Makanan Sehat

Makanan sehat seharusnya dapat memberikan beragam kandungan nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk mineral dan vitamin.

1. Sayur-sayuran

Banyak pilihan jenis makanan.
Tapi
…sayuran hijau adalah makanan sehat peringkat pertama.
Karna memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.
Beberapa diantaranya:

a. Brokoli
Sayuran gondrong ini kaya bet dengan kandungan nutrisi seperti…
– serat
– kalsium
– kalium
– folat
– fitonutrien.
– vitamin C
– antioksidan
– beta-karoten.

Zat-zat ini adalah senyawa yang mampu mengurangi risiko penyakit seperti…
– jantung
– diabetes
– beberapa jenis kanker.

Satu porsi brokoli adalah 100 gram dan lebih dari 150 persen asupan vitamin C harian yang disarankan.

b. Kale
Beberapa macam nutrisi yang terkandung di dalam daun-daun Kale…
– vitamin C
kandungan lain menurut Departemen Kedokteran Amerika Serikat (USDA)
– vitamin K
817 mikrogram / 778 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

c. Sayuran Berdaun Hijau
Berdasarkan penelitian, banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kubis. Karna secara signifikan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.
Bayam sangat kaya akan antioksidan apalagi saat direbus sebentar. Bayam adalah sumber vitamin A, B6, C, E, dan K yang baik.

2. Buah-buahan

Buah-buahan sangat penting menjadi makanan harian. Ga hanya karna memiliki kandungan vitamin tinggi dan rasanya juga enak.
Beberapa diantaranya…

a. Apel
Karna memiliki kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
b. Jeruk
Tinggi kandungan vitamin C.
c. Alpukat
Memiliki kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C.
d.
Pisang
Sebagai salah satu sumber kalium.
e. Buah-buahan berry
Blueberry dan strawberry memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi serta rendah kalori.

Makanan sehat seharusnya dikonsumsi dengan seimbang dan juga beragam.

3. Daging dan Telur

Daging dan telur adalah 2 jenis bahan makanan hewani yang memiliki nutrisi lengkap.
Untuk daging dibanding daging lainnya nutrisi yang tinggi ada pada daging sapi karna…
– tanpa lemak
– sumber protein
– zat besi

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling bergizi.
Telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap…
– protein
– asam amino essensial
– non essensial lengkap
– vitamin
– mineral
– lemak ga jenuh.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai makanan adalah komunitas yang solid.
Kedua komunitas makanan ini sehat dan renyah dengan nutrisi…
– mineral penting untuk tubuh
– magnesium
– vitamin E.

Khusus kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik terutama untuk vegetarian.

5. Ikan dan Makanan Laut Lainnya

Ikan laut adalah sumber asam lemak omega-3 dan yodium.
Berdasarkan penelitian, orang yang sering makan ikan khususnya ikan laut…
– risiko lebih rendah terhadap beragam penyakit seperti penyakit jantung
– cenderung berumur panjang.

6. Susu

Kebalikan dari organ percernaan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi…
– mineral
– protein hewani
– lemak sehat
– vitamin.
– kalsium (tinggi).

Untuk menjadi pilihan susu bisa diolah menjadi…
– keju
– difermentasi menjadi yoghurt (baik untuk pencernaan karna mengandung banyak bakteri baik).

Terimakasih
dr. Fitrina Aprilia. Makanan Sehat. halodoc.com/kesehatan/makanan-sehat diakses pada hari Minggu, 12:27 WIB tanggal 7 Februari 2021
Healthline. Diakses pada 2020. 50 Foods That Are Super Healthy.
Medical News Today. Diakses pada 2020.  What are the top healthful foods? diperbarui pada 30 Januari 2020.

Kata kunci yang sering dicari
Jenis Bahan Makanan Sehat, Sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan telor, kacang-kacangan, biji-bijian, susu,

Comments

Leave a Reply