INI LOHH STATUS KENEGARAAN PALESTINA YANG SEBENARNYA!!!

INI LOHH STATUS KENEGARAAN PALESTINA YANG SEBENARNYA!!!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh.

Seperti yang kita ketahui, banyak negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina yang membuat banyak orang bingung dengan Status Palestina yang sebenarnya.

APAKAH STATUS PALESTINA SAAT INI?

A. Fakta Pengakuan Palestina Merdeka

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengakui Palestina sejak awal, yakni pada 16 November 1988. Ada juga negara Aljazair, Bahrain ( yang mengakui pada 1988), hingga Saint Kitts dan Nevis yang baru mengakui pada 30 Juli 2019.

Sementara itu, masih banyak negara lain yang telah mengakui Palestina, namun banyak juga yang belum mengakuinya hingga kini.

B. Sejarah Pendirian Negara

Melansir Al Jazeera, Palestina memiliki momen penting dalam sejarahnya. Dimulai pada 1799, ketika invasi Perancis ke tanah Arab, Napoleon memproklamirkan penawaran Palestina sebagai tanah air orang-orang Yahudi di bawah perlindungan Perancis sebelum akhirnya diteruskan oleh Inggris.

Setelah Inggris menguasai Palestina yakni pada 1918, PBB mengamanatkan bahwa Palestina perlu mendirikan negaranya. Hingga pada November 1947, PBB menawarkan usul untuk membagi Palestina menjadi dua bagian, yaitu negara Yahudi dan Arab.

C. Statusnya Kini

Hingga kini Palestina merupakan negara yang merdeka berdasarkan pengakuan sejumlah negara. Hal itu dibuktikan setelah puluhan tahun sejak 1947, tepatnya pada tahun 1988, Palestina mendeklarasikan kemerdekaan dan didukung oleh berbagai negara sejak saat itu hingga 2019.

Dari seluruh anggota PBB yang berjumlah 193 negara, 70%-nya atau sekitar 147 negara telah mengakui Palestina dan sekitar 55 negara belum mengakui.

D. Negara-negara yang belum mengakui Palestina

1. Eropa

Andorra, Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Inggris, Irlandia, Italia, Jerman, Makedonia Utara, Kroasia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Monaco, Moldova, Norwegia, Portugal, Prancis, San Marino, Slovenia, Spanyol, Swiss, Yunani.

2. Amerika

Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Jamaika, Kanada, Meksiko, Panama, Trinidad dan Tobago.

3. Asia

Armenia, Jepang, Korea Selatan, Myanmar, Singapura.

 

4. Timur Tengah

Israel

5. Oseania

Australia, Fiji, Kiribati, Nauru, Negara Federasi Mikronesia, Palau, Pulau Marshall, Pulau Solomon, Samoa, Selandia Baru, Tonga, Tuvalu.

6. Afrika

Eritrea dan Kamerun.

Meski banyak yang belum mengakui,dukungan menyuarakan Palestina terhadap konflik dengan Israel terus bertambah hingga kini. Negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Arab Saudi, Yordania, Bahrain, Qatar, Mesir, Turki, hingga China terus mengirimkan dukungan dalam berbagai bentuk dan dari berbagai sektor.

Bahkan dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia desak PPB untuk secepatnya ambil tindakan agar kekerasan di Palestina bisa dihentikan. Selain itu, Indonesia juga turut mengeluarkan rekomendasi kepada negara anggota Uni Eropa untuk mengakui dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca juga:

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Palestina sebenarnya adalah negara merdeka, karena sudah diakui oleh banyak negara. Namun banyak negara pula belum mengakui kemerdekaan Palestina.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
detik.com dibuka pukul 23:00 WIB pada Hari Sabtu tanggal 25 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Palestina, Israel, Konflik Timur Tengah, Gaza, Al-Aqsa, Islam, Gencatan Senjata, Kemenangan Palestina, Bendera Palestina

Comments

One response to “INI LOHH STATUS KENEGARAAN PALESTINA YANG SEBENARNYA!!!”

  1. official bocahtehnik Avatar

    wah baru tahu saya min, makasih informasi nya
    jasa service ac

Leave a Reply