INI LOHH SEJARAH TERBENTUKNYA HAMAS

INI LOHH SEJARAH TERBENTUKNYA HAMAS!!!

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh.

Mengutip dari Britannica, Hamas adalah singkatan dari Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah. Kelompok ini merupakan oposisi dari Palestine Liberation Organization (PLO) yang lebih melakukan pendekatan sekuler.

BAGAIMANA HAMAS BISA TERBENTUK?

A. Sejarah terbentuknya Hamas

Pada akhir tahun 1970, sekelompok aktivis tergabung dalam Ikhwanul Muslimin (IM) dan aktif dalam berbagai jenis kegiatan amal. Beberapa hal yang dilakukan oleh kelompok ini adalah membangun gerakan donasi, membangun klinik dan sekolah, dan sebagainya di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Di Jalur Gaza, kelompok ini aktif di berbagai masjid. Sedangkan pada Tepi Barat, kegiatan mereka terbatas pada universitas-universitas.

Pada saat itu, aktfitas IM pada wilayah tersebut pada umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi, beberapa kelompok kecil pada daerah yang diduduki kemudian mulai menyerukan jihad terhadap Israel.

Momen penting dalam proses asal mula terbentuknya Hamas terletak pada peristiwa Intifada I.

Pada tahun 1987, Hamas dibentuk di masa perlawanan Intifada yang terjadi di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Untuk diketahui, Intifada adalah gerakan perlawanan rakyat Palestina terhadap Israel.

Hamas yang akhirnya terbentuk pada masa ini merupakan gabungan dari anggota Ikhwanul Muslimin (IM) serta faksi agama dari PLO (Palestine Liberation Organization). Dan dalam waktu yang singkat, Hamas mendapatkan banyak pengikut.

Pada tahun 1988, konflik antara Hamas dan PLO meletus ketika dalam piagam 1988 miliknya, Hamas menyatakan bahwa Palestina merupakan tanah air Islam yang tak boleh diserahkan pada non-Muslim. Selain menyatakan hal tersebut, Hamas juga menegaskan bahwa merebut kendali Palestina dari Israel adalah kewajiban Muslim Palestina.

Semenjak saat itu, Hamas mulai bertentangan dengan PLO. Tahun tersebut menandai pergerakan Hamas yang terlepas dari organisasi Palestina lainnya dan akhirnya menimbulkan perseteruan dengan organisasi sekuler lain.

Dua tahun setelah Intifada, Hamas melakukan serangan pertamanya pada Israel. Pada serangan pertamanya ini, Hamas juga menculik dan menghabisi dua tentara Israel.

Pada tahun 1993, pasca tidak setuju dengan Kesepakatan Oslo yang bertujuan untuk memfasilitasi perdamaian Palestina dan Israel, Hamas mulai melakukan penyerangan. Penyerangan ini dilakukan terhadap Israel dengan menggunakan bom dan senjata tembak.

Berlanjut dari tahun 2000 hingga pada 20 Mei kemarin, Hamas aktif bertempur dengan Israel dengan berbagai cara. Tak hanya menewaskan anggota kedua belah pihak, pertempuran juga menewaskan banyak warga sipil.

 

Baca juga:

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Kesimpulan

Mengutip dari Britannica, Hamas adalah singkatan dari Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah. Kelompok ini merupakan oposisi dari Palestine Liberation Organization (PLO) yang lebih melakukan pendekatan sekuler.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
detik.com dibuka pukul 23:26 WIB pada Hari Sabtu tanggal 25 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
Palestina, Israel, Konflik Timur Tengah, Gaza, Al-Aqsa, Islam, Gencatan Senjata, Kemenangan Palestina, Bendera Palestina, Presiden Palestina, Biografi Presiden Palestina, HAMAS

Comments

Leave a Reply