Pernah Merasa Seperti Terjatuh Saat Tidur? Kenapa ya?

Pernah Merasa Seperti Terjatuh Saat Tidur? Kenapa ya?

Salam #MasBro #MbakBro

Kamu tau ga penyebab dari perasaan seperti terjatuh saat sedang tidur ?

Sebagian besar orang pasti pernah ngalamin perasaan seperti terjatuh pada saat tidur, bahkan bisa sampai kaget dan terbangun. Tapi kamu penasaran ga, apa penyebab dari perasaan jatuh pada saat tidur. Kalau kamu penasaran dan mau tau, yuk simak !!

Penyebab Telinga Berdenging 

Ternyata perasaan kamu terjatuh pada saat tidur ini disebut dengan hypnagogic jerk atau hypnic jerk. Hypnic jerk ini adalah gerakan tubuh kamu yang terjadi secara tiba-tiba, singkat, dan kuat saat kamu tidur. Hal ini adalah periode transisi antara terjaga dan tidur. Hypnic jerk ini adalah kontraksi pada otot tak sadar yang kamu alami saat sedang tidur.

Ada beberapa orang yang merasa gerakan atau sentakan ini secara ringan, tapi ada juga beberapa orang yang merasa gerakan atau sentakan ini dengan intens juga lebih keras. Gerakan atau sentakan dengan inten dan keras ini yang bisa bikin kamu kaget dan terbangun.  

Penyebab Hypnic Jerk 

Saat kamu mengalami hypnic jerk ini, jangan bingung. Bisa jadi salah satu hal dibawah ini jadi penyebab kamu mengalami hynic jerk. Berikut penyebab hypnic jerk :

  1. Stress dan Rasa Cemas yang Berlebihan

    Jadwal sehati-hari kamu yang sibuk ditambah dengan aktivitas sehari-hari yang padat bisa bikin kamu tertekan. Hal ini bakal bikin kamu stress dan merasa cemas. Pada saat kamu stress dan cemas, maka otak akan terjaga sepanjang waktu, walaupun bagian tubuh yang lain sudah masuk ke dalam tahap relaksasi.

    Otak kamu yang masih aktif sepanjang malam akan mengirim sinyal waspada pada tubuh. Alhasil kamu akan kaget dan terbangun di malam hari. 

  2. Berolahraga Tepat Sebelum Waktu Tidur

    Memang sih malam hari jadi waktu yang pas dan baik untuk olahraga. Malam-malam setelah selesai belajar atau bekerja langsung olahraga itu memang bikin relaks banget, apalagi kalau setelah capek olahraga langsung tidur. Tapi ternyata, waktu olahraga yang terlau dekat sama waktu tidur bisa bikin tubuh kamu jadi lebih tegang. Ini karena olahraga bikin otak jadi aktif, nah kondisi ini juga yang bisa picu hypnic jerk. 

  3. Waktu Tidur Kamu yang Kurang 

    Pola tidur yang ga teratur ditambah waktu tidur yang kurang dari kata cukup bisa jadi penyebab hypnic jerk ini lho. Hal ini karena saat kamu kurang tidur, maka kamu akan mengalami insomnia. Saat insomnia, tubuh kamu lelah tapi tidak pada pikiran kamu. Ini yang bikin kamu kaget saat tidur karena kurangnya relaksasi pada bagian otak. 

Baca Juga :Kamu Harus Tau!! Kenapa Senyum Itu Bisa Buat Kamu Sehat

Sebenarnya hypnic jerk ini bukan kondisi yang gawat darurat, tapi ini bisa bikin dampak buruk untuk kesehatan kamu. Kalau kamu sering ngerasain hypnic jerk ini, dampak yang paling terasa adalah ganguan tidur di malam hari. Kamu bisa hindarin hypnic jerk ini dengan kurangi konsumsi kafein, hindari minum alkohol, dan olahraga secara rutin. 

Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

Nah gimana? Kamu sudah tau belum kenapa perasaan jatuh saat tidur terjadi ? Ternyata kondisi yang kadang bikin panik ini terjadi karena kebiasaan yang kamu lakuin lho. Kondisi yang kadang bikin kita bingung ini juga ternyata punya nama lho, hypnic jerk. 

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Adakah penyebab perasaan terjatuh saat tidur lainnya?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada penyebab perasaan terjatuh saat tidur yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
klikdokter dan suara.com dibuka pukul 13.10 WIB pada hari Sabtu tanggal 05 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Pernah Merasa Seperti Terjatuh Saat Tidur? Kenapa ya?, hypnic jerk, hypnagogic jerk, kaget, jatuh, penyebab, stress, cemas, olahraga sebelum tidur, tidur kurang, insomnia, lelah, otak, kurangi konsumsi kafein, hindari minum alkohol, istirahat cukup,


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply