Mengenal Bipolar Lebih Dalam

Lebih mengenal Bipolar, yuk!

Hi temen temen!

Di Di kesempatan kali ini aku mau bantu kalian lebih mengenal bipolar, salah satu gangguan mental yang sudah banyak di rasakan oleh masyarakat di Indonesia.

Bipolar disorder merupakan salah satu gangguan mental yang membuat pengidap mengalami perubahan mood yang ekstrem, atau bisa juga disebut mood swing. Karena hal ini, pengidap bisa mengalami perubahan perasaan secara tiba-tiba dari sangat bahagia menjadi sangat sedih, atau sebaliknya.

Saat penderita penyakit ini merasa sedih, ia akan merasa kehilangan harapan, tertekan hingga merasa hilang semagat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi, ketika penderita sedang merasa senang, ia akan merasa penuh gairah dan sangat bersemangat. Mood swing ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun.

Kondisi ini bisa membuat rendahnya motivasi dan produktivitas. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan yang lebih buruk lagi yaitu memiliki keinginan untuk bunuh diri. Oleh karena hal ini, penderita bipolar sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater.

Seberapa banyak penderita bipolar disorder di dunia?

Data World Health Organization (WHO) menyebut, ada 45 juta orang di dunia menderita penyakit ini. Gangguan bipolar juga merupakan salah satu jenis mental illness yang umum.

Biasanya, bipolar disorder sering terjadi pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Bahkan sekitar 50% dari keseluruhan kasus gangguan bipolar adalah mereka yang berusia di bawah 25 tahun.

Baca Juga : Jenis dan Penyebab Gangguan Bipolar

Gejala Gangguan Bipolar

Mengenal Bipolar Lebih Dalam
  1. Terlalu bersemangat dan bahagia.
  2. Sangat sensitif dan mudah tersinggung.
  3. Kurang tidur atau merasa tidak butuh tidur yang lama.
  4. Berbicara sangat cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu topik ke yang lainnya.
  5. Merasa seperti pikiran mereka berpacu.
  6. Berpikir bisa melakukan banyak hal sekaligus
  7. Sering kali membuat keputusan yang buruk.
  8. Merasa sangat sedih, khawatir, hampa, atau putus asa.
  9. Kehilangan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  10. Makan lebih sedikit dari biasanya.
  11. Sering merasa mengantuk dan malas.
  12. Sering merasa pesimis dan minder.
  13. Sulit berkonsentrasi.
  14. Memiliki rasa untuk bunuh diri.

Untuk kesempatan kali ini, mungkin hanya segitu yang bisa aku sampaikan kepada temen-temen. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk temen temen ya.

Comments

Leave a Reply