Manfaat Susu Rendah Lemak untuk Diet dan Kandungan Kalorinya

Keampuhan susu rendah lemak untuk diet, banyak dipercaya oleh mereka yang ingin mengurangi lingkar pinggang. Menurut INTEGRIS Oklahoma, susu rendah lemak hanya mengandung sekitar 2 persen lemak.

Jumlah ini berbeda dengan susu murni yang kandungan lemaknya sekitar 3,5 persen. Untuk yang sedang menjalani diet, tentu saja susu rendah lemak menjadi pilihan karena sangat mudah ditemukan di pasaran.

Lantas, bagaimana manfaatnya untuk orang yang sedang menurunkan berat badan? Ini dia manfaat susu rendah lemak untuk diet:

1. Rendah kalori

Susu rendah lemak memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit dari susu murni. Walaupun begitu, susu rendah lemak punya lebih tinggi kandungan vitamin akibat proses fortifikasi.

Mengutip dari sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Society for Nutrition, fortifikasi adalah proses menambahkan nutrisi atau komponen bioaktif non-nutrisi pada produk yang dapat dimakan. Dalam susu rendah lemak, ada 9 persen kandungan vitamin A yang kita butuhkan per hari serta 29 persen vitamin D yang kita butuhkan dalam sehari.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kembali mengutip dari INTEGRIS Oklahoma, susu rendah lemak memiliki kandungan lebih sedikit lemak jenuh yang berisiko meningkatkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini memicu penyakit jantung.

Walau begitu, perlu diingat bahwa susu rendah lemak maupun susu skim seringnya memiliki tambahan gula lebih banyak dari susu murni. Jadi, ketika membeli susu rendah lemak di pasaran, penting untuk memilih yang tidak memiliki tambahan pemanis.

3. Kandungan omega 3

Melansir dari Healthline, satu cup (237 ml) susu rendah lemak mengandung omega 3 sebanyak 9.8 mg. Omega 3 ini bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Tak hanya dua manfaat itu, kandungan omega 3 juga menurunkan risiko kanker. Akan tetapi, harus dicatat juga bahwa semakin banyak kandungan lemak dalam susu, maka kandungan omega 3 tentunya lebih tinggi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Susu rendah lemak bisa membantu mendorong penurunan berat badan. Walau begitu, mengutip dari Australian Institute of Personal Trainers, jangan menggunakan susu rendah lemak sebagai satu-satunya pegangan.

Menurut laman tersebut, susu rendah lemak harusnya menjadi salah satu dari skema besar diet. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan memilih susu rendah lemak yang sudah diberikan pemanis tambahan.

Menurut Healthline, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa asupan makanan tinggi kalsium berkolerasi dengan tingkat obesitas yang rendah.

Orang-orang yang mengkonsumsi kalsium lebih tinggi rupanya mempunyai risiko yang lebih rendah untuk menderita obesitas maupun kelebihan berat badan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa tingginya kalsium dapat membantu memecah lemak serta menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

Kandungan susu rendah lemak

Lantas, berapa kandungan nutrisi yang ada dalam satu cup (237 ml) susu rendah lemak? Dalam satu cup susu rendah lemak ada 102 kalori, 12,7 gr karbohidrat, 8,2 gr protein, 2,4 gr lemak, 1,5 gr lemak jenuh, 9,8 gr omega 3, 290 mg kalsium, dan 127 IU vitamin D.

Sementara itu, menurut Dairy Council UK, dalam 100 ml susu rendah lemak, ada kandungan 47 kalori. Dan dalam satu gelas susu rendah lemak atau sekitar 200 ml, ada sekitar 95 kalori.

Walaupun susu rendah lemak dapat menjadi pilihan untuk diet, disarankan agar anak-anak tidak mengkonsumsi susu jenis ini. Mengutip Dr. Marudut Sitompul dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), susu rendah lemak disarankan untuk orang dewasa.

Untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, akan berbahanya jika kekurangan lemak. Hal ini senada dengan yang disebutkan dalam laman Dairy Australia yang mengatakan bahwa orang dewasa lebih disarankan mengkonsumsi produk-produk susu yang rendah lemak seperti susu, yoghurt, keju, dan sebagainya, namun dengan memperhatikan pola makan secara keseluruhan.

Jika ingin mencoba susu rendah lemak untuk diet, kamu juga bisa memilih beberapa jenis susu selain susu sapi. Misalnya adalah susu oat, susu almond, susu kedelai, susu kelapa, susu rami, atau susu A2 dan tentunya tanpa tambahan pemanis ya.

 


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply