Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

127x   0   02:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Siapa niha yang suka olahraga?
Ga lupa pendinginannya kan?
Apa sih manfaat pendinginan setelah olahraga?

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang Manfaat pendinginan setelah olahraga. Hayo yang sering olahraga, suka dipake ga nih pendinginannya, jangan anggap sepele ya, karena pendinginan ini juga perlu loh. Apa aja sih manfaat dari pendinginan setelah olahraga? penasarankan? yuk langsung aja simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Pendinginan merupakan bagian penting dalam aktivitas olahraga.
Pendinginan biasanya dilakukan setelah berolahraga.

Dalam modul Bugar dengan Gerak Berirama (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, fase dalam sebuah aktivitas olahraga meliputi pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan.

Pendinginan menjadi gerakan penutup dalam rangkaian aktivitas olahraga. Pendinginan adalah gerakan melemaskan atau merilekskan otot tubuh yang sebelumnya sudah melakukan aktivitas olahraga.

Adapun, ciri pendinginan adalah intensitas gerakan yang semakin lama semakin menurun.

Manfaat pendinginan setelah olahraga ternyata sangat penting untuk tubuh. Melakukan pendinginan setelah olahraga perlu kamu lakukan agar otot tidak cedera setelah berolahraga.

Selain itu, pendinginan juga bisa meningkatkan rentang gerak otot, sehingga tidak mudah cedera.
Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah 1 atau 2 hari berolahraga. Sama seperti pemanasan, melakukan gerakan pendinginan juga tidak boleh sembarangan, karena berpengaruh terhadap otot tubuh kamu.

Baca Juga
Manfaat Pada Buah Naga

Manfaat pendinginan setelah olahraga sangat penting untuk menghindari cedera otot. Kamu bisa menerapkan cara pendinginan yang tepat setiap berolahraga, di mana pendinginan jenis olahraga joging tentunya berbeda dengan latihan kekuatan.

Pendinginan yang dilakukan oleh atlet pada saat latihan bertujuan untuk training interval.

Tujuan pendinginan adalah untuk mengurangi denyut jantung dan melemaskan otot secara bertahap.

Berikut adalah manfaat melakukan gerakan pendinginan setelah melakukan aktivitas olahraga.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

  1. Menormalkan tekanan darah dan suhu tubuh
  2. Merilekskan otot
  3. Membantu mengurangi kelelahan otot
  4. Melatih fleksibilitas otot
  5. Mencegah terjadinya cedera
  6. Mengurangi ketegangan sendi
  7. Mengurangi risiko kram

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Pendinginan setelah olahraga ini sangatlah penting, karena untuk mencegah terjadinya cidera, mengurangi ketegangan sendiri, mengurangi kram, dll. Jadi jangan lupa pendingan setelah melakukan olahraga ya.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Manfaat Pendinginan Setelah Melakukan Olahraga, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga , Manfaat Pendinginan,  Olahraga

Comments

Leave a Reply