MAKNA DIBALIK LAGU “MANUK DADALI”

MAKNA DIBALIK LAGU “MANUK DADALI”

👁️127x   💬0   🕗01:27

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Salam #MasBro #MbakBro

Manuk Dadali” merupakan salah satu lagu daerah yang populer di Indonesia. Lagu ini berasal dari daerah Jawa Barat. Meskipun lagu ini berbahasa Sunda, namun lagu ini juga populer di daerah luar Jawa Barat. Tidak banyak yang tahu, bahwa lagu “Manuk Dadali” ini memiliki makna yang hebat pada liriknya.

MAKNA DIBALIK LAGU “MANUK DADALI”


Dalam bahasa Indonesia, Manuk Dadali memiliki arti ‘burung garuda’. Seperti yang kita tahu burung garuda ini merupakan lambang negara Indonesia yang identik sebagai hewan yang gagah dan pemberani. Pada lirik “Manuk Dadali” disebutkan bahwa burung garuda merupakan lambang kesatria, berani berkorban demi orang lain, dan saling menyayangi. Selain itu, pada lagu ini juga mengandung makna nasionalisme yang kuat.

Baca Juga
arti dan makna yang terkandung

Resep ngahiji rukun sakabéhna Hirup sauyunan tara pahiri-hiri.
Artinya: Bersatu, rukun, berhimpun, tanpa ada iri dan dengki.
Berebut kuasa dan bertengkar karena berbeda pandangan, berkelahi hanya karena berbeda warna, bukanlah suatu sikap yang pantas dimiliki oleh bangsa Indonesia, seperti yang dipesankan dalam Manuk Dadali.

Lagu ini seolah tak lekang dimakan jaman, sudah menjadi lagu yang begitu mengakar, dan menjadi salah satu ciri khas tanah Pasundan. Lagu ini tumbuh dari rasa cinta, cinta yang berpohonkan harapan-harapan akan hadirnya Indonesia yang kuat dan membanggakan.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Rangkuman

Manuk Dadali” merupakan salah satu lagu daerah yang populer di Indonesia. Lagu ini berasal dari daerah Jawa Barat. Meskipun lagu ini berbahasa Sunda, namun lagu ini juga populer di daerah luar Jawa Barat. Tidak banyak yang tahu, bahwa lagu “Manuk Dadali” ini memiliki makna yang hebat pada liriknya.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi

Pengalaman Penulis
defriansyah.net dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
juni, 2021, juni 2021,
tulisIN, hukumIN, hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM
MAKNA DIBALIK LAGU “MANUK DADALI”, manuk dadali, lagu, makna,


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply