Makanan Khas Korea Selatan Paling Populer Di Indonsia, Lezat Dan Bikin Ngiler!

Seperti kita tau, budaya Korea Selatan memang lagi hype banget nih di Indonesia, mulai dari fashion, musik KPop, drama, sampai kuliner khasnya.

Yap, ada banyak sekali makanan khas Korea Selatan yang menarik untuk dicicipi.

Bahkan, di Indonesia sendiri pun telah hadir sejumlah restoran yang menyediakan makanan khas Korea loh.

Jadi, nggak perlu jauh-jauh lagi deh sampai ke Negeri Ginseng demi menikmati lezatnya makanan Korea.

Terus, apa saja sih makanan khas Korea Selatan paling populer di Indonesia?

Simak yuk ulasan berikut ini :

1. Tteokbokki

Tteokbokki Jadi 'Comfort Food' Terfavorit Orang Korea Selama Corona

Tteokbokki merupakan kue beras pedas yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan bumbu gochujang. Kue tepung beras ini bisa disajikan bersamaan dengan ramen atau lembaran Odeng dan keju. Untuk menambah kenikmatan, biasanya Tteokbokki ditambah dengan telur rebus atau pun lembaran fish cake.

2. Kimchi

Ternyata Korea Selatan Punya 200 Jenis Kimchi

Kamu tentu tidak asing lagi dengan makanan khas Korea yang satu ini. Kimchi sendiri terbuat dari sawi putih atau lobak yang difermentasikan dan kemudian diberi bumbu khas Korea. Uniknya, ternyata ada 187 jenis kimchi loh yang tersebar di Korea Selatan. Paling terkenal adalah kimchi lobak dan sawi putih.

Bagi masyarakat Korea, kimchi termasuk makanan pendamping wajib saat makan pagi, siang, dan malam. Dibuat tanpa bahan pengawet, kimchi bisa tahan lama hingga tiga tahun. Dengan catatan, harus disimpan di kulkas ya.

Selain itu, kimchi juga dijuluki sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Ini karena kimchi mengandung probiotik dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Pokoknya, wajib dicoba deh!

3. Kimbab

Kimbab Sushi Khas Korea, Resepnya Cocok Untuk Diet

Jika di Jepang ada sushi, maka Korea juga punya yaitu Kimbab. Dari bentuknya, kimbab sekilas memang mirip dengan sushi. Isi kimbab pun berupa sayuran, daging, ikan, telur, keju, acar, dan lainnya, yang dibungkus rumput laut kering atau sering disebut Kim. Karena bahan-bahannya mudah dicari, nasi rumput laut ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

4. Ramyeon (Ramen versi Korea)

Pendiri Shin Ramyun Meninggal, Sejarah Merek Mie Instan Nomor 1 di Korea  Halaman all - Kompas.com

Mi asal Korea ini hampir mirip namanya dengan mi khas Jepang. Ramyeon menjadi makanan khas Korea yang banyak diminati bukan saja oleh orang Korea sendiri. Para penggemar drama atau film Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Ciri khas dari mi keriting ini biasanya dimakan langsung dari panci yang juga digunakan untuk memasaknya.

5. Korean Garlic Bread

Resep Korean Garlic Cheese Bread Yang Sedang Viral!

Korean garlic cheese bread adalah roti kekinian dari Korea yang juga tren di Indonesia. Roti kekinian ini terinspirasi dari garlic bread Eropa, kemudian dimodifikasi cara membuat serta bahan tambahannya.
 
Aslinya, garlic bread adalah roti yang dioles mentega dan taburan bawang putih cincang, lalu dipanggang hingga kering. Sementara itu, resep dari korea memodifikasinya dengan menambahkan adonan cream cheese dan roti bun dibalut telur, kemudian roti dipanggang. Rasa Korean garlic cheese bread semakin gurih.

6. Ayam Pedas Korea

9 Olahan Ayam Pedas Khas Korea Selatan Paling Favorit, Berani Cobain?

Di Korea, masakan ayam pedas disebut dengan yangnyeom. Masakan ini adalah sajian ayam goreng khas Korea. Orang Korea sangat suka dengan ayam dan salah satu cara mereka mengolah ayam yaitu dengan menggorengnya.
 
Ayam dibumbui dan dilapisi adonan tepung kemudian digoreng dan disajikan dengan saus pedas khas Korea. Tak hanya orang Korea yang ketagihan dengan masakan ini, orang Indonesia pun menyukainya.

7. Bibimbap

From Sudanese to Korean : A Guide to Cairo's Cultural Food Scene – Araby.Org
 
Bibimbap diartikan sebagai masakan nasi campur. Nasi ini merupakan semangkuk nasi yang diberi topping sayuran, telur, dan saus gochujang.
 
Cara memakannya nasi dicampur dahulu dengan topping dan saus. Hidangan ini sering muncul pula sebagai makanan sehari-hari dalam adegan drama Korea dan orang Indonesia ikut ingin mencobanya sehingga bibimbap jadi tren pula.

Bibimbap diartikan sebagai masakan nasi campur. Nasi ini merupakan semangkuk nasi yang diberi topping sayuran, telur, dan saus gochujang.

8. Odeng

Resep Odeng, Jajanan Korea yang Mudah Dibuat di Rumah

Odeng hingga kini masih populer bagi orang Indonesia. Beberapa minimarket menjual jajanan bakso ikan yang ditusuk dan diberi kuah kaldu ini. Odeng menjadi makanan Korea yang tren pula di Indonesia.

9. Korean BBQ

SIMHAE – IDR 99K KOREAN BBQ All You Can Eat, Jakarta | ANAKJAJAN.COM

Menikmati makan daging barbekyu bersama keluarga atau orang terdekat ala Korea sampai sekarang masih menjadi tren di Indonesia. Restoran yang menyediakan pengalaman budaya makan ini kian menjamur, terutama di kota-kota besar di Indonesia.
 
Bukan sekadar jenis makanan dagingnya yang nikmat tetapi pengalaman makannya juga dicari pelanggan. Korean BBQ mulai dikenal di Indonesia seiring dengan tren drama Korea menyebar di Indonesia, pasalnya banyak adegan yang menayangkan Korean BBQ.
 
Dari berbagai makanan khas Korea tersebut, ada yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya? Ataukah kamu pernah memakan salah satunya?


Terbit

dalam

karya

Tags:

Comments

Leave a Reply