Makanan Ciri Khas Indonesia Yang Di Kenal Sampai Luar Negeri

1. Sate

10 Makanan Khas Indonesia, Anda Wajib Tahu!

Sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia, kelezatan sate selalu berhasil memanjakan lidah siapa saja, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Jenis sate sendiri cukup beragam. Berbagai daerah memiliki jenis sate yang berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing, menawarkan kelezatan yang berbeda-beda sesuai daerah asalnya. Walaupun secara bentuk cenderung sama, yaitu daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

2. Rendang

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam kebudayaan yang tersebar luas dari sabang sampai merauke. Indonesia tak hanya dikenal dengan kebudayaannya saja, melainkan juga terkenal dari berbagai jenis makanan tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah di Indonesia. Salah satunya makanan tradisional bernama rendang dari Sumatra Barat. Rendang merupakan masakan yang terbuat dari olahan daging, dimasak dengan bumbu rempah yang berasal dari Minangkabau. Rendang menggunakan bumbu-bumbu alami karena dapat bersifat sebagai antiseptik dan dapat membunuh bakteri patogen sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami. Tidak heran jika rendang dapat bertahan satu minggu hingga empat minggu

3. Soto

5 Soto Khas Indonesia Legendaris dan Super Lezat, Mana Favoritmu? - Amazing  Indonesia

Siapa yang tidak mengenal soto? Semua orang Indonesia pasti mengenal dan paling tidak pernah makan jenis makanan yang satu ini. Terdiri dari nasi, bihun, suwiran ayam, serta telur yang kemudian disiram dengan kuah lezat! Makanan yang cocok sebagai pilihan menu makan siang maupun makan malam ini, ternyata memiliki berbagai versi.

Dari mana? Mana lagi kalau bukan berbagai daerah di Indonesia.

Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam khas Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan suwiran ayam kampung yang empuk, potongan brokoli, potongan daun bawang yang kemudian disiram dengan kuah kaldu. Yang membedakan Soto Lamongan dengan soto lain adalah adanya remahan kerupuk udang yang biasa disebut poya atau koya. Koya ditambahkan sebagai pelengkap Soto Lamongan sehingga rasanya menjadi gurih. Jika kalian makan soto dan ada Koyanya, sudah pasti itu Soto Lamongan.

4. Nasi Goreng

7 Hal yang Hanya Ada di Nasi Goreng Indonesia - Citizen6 Liputan6.com

 

Indonesia memiliki banyak makanan yang terkenal di seluruh dunia. Gak hanya rendang yang masuk ke dalam deretan CNN World’s 50 Best Foods, nasi goreng juga jadi makanan terenak di dunia. Nah, ternyata jenis nasi goreng khas Indonesia lumayan banyak, dan tentunya gak bisa ditemukan di negara lain. Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak gorengmargarin, atau mentega. Biasanya ditambah kecap manisbawang merahbawang putihasam jawalada dan bumbu-bumbu lainnya; seperti telurayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply