Apa Aja Merk Laptop Gaming Buatan Indonesia?

 

Meski Buatan Dalam Negeri Teknologi yang Diusung Ga Kalah dari Buatan Luar Negeri
Sejumlah Teknologi Terkini Ikut Menjadi Bagian dari Laptop Buatan Indonesia

Jalan-jalan ke Puncak paling enak naik motor
Jangan lupa selalu patuhi rambu lalu lintas
Sekarang ga usah nyari laptop produk impor
Laptop buatan Indonesia ga kalah berkualitas

Salam #MasBro #MbakBro

Suka main game dilaptop ga?

Perkembangan teknologi yang kian maju, sangat membantu manusia dalam beraktivitas. Termasuk ketika mencari hiburan dengan bermain game. Jika dahulu untuk bisa bermain game harus dilakukan di Personal Computer  ato komputer desktop, kini udah banyak komputer jinjing alias laptop yang bisa dipakai untuk bermain game. Bahkan game dengan kategori berat yang meminta spesifikasi laptop yang tinggi sekalipun.

Tapi udah tau belum kalo kini udah banyak laptop untuk gaming yang merupakan hasil karya bangsa Indonesia?

Dalam urusan teknologi, bangsa Indonesia sebenarnya ga ketinggalan dari negara-negara lain. Jika pesawat terbang aja udah mampu dibuat, apalagi benda sekelas game laptop. Spesifikasi tinggi yang dibutuhkan untuk bermain game, sudah disediakan oleh beberapa produsen laptop tanah air. Dijamin, para gamer bisa lupa diri ketika udah main game di laptop-laptop buatan Indonesia ini.

Baca Juga
1. Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

2.  27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Namun demikian, tentu aja spesifikasi tinggi yang dimiliki laptop game ini bergaris lurus dengan harga. Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki sebuah laptop, maka semakin mahal harganya. Tapi harga yang harus dibayar memang sesuai dengan teknologi yang disediakan. Benar-benar akan memanjakan para gamer mania yang pasti ga mau kenikmatan mereka bermain game terganggu karena kinerja laptop yang kurang mumpuni.

Apa aja laptop games buatan Indonesia yang bisa kamu coba?

Berikut ulasannya. Yuk simak sama-sama.

Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia? - bukalapak.com
Sumber Gambar bukalapak.com

Xenom Hercules HC15C

Boleh jadi di antara kalian pasti belum banyak yang mengenal merek laptop yang satu ini. Tapi bagi para gamer junkies nama Xenom pasti udah cukup akrab. Pasalnya, laptop hasil kreasi bangsa Indonesia ini memang sepertinya mengkhususkan diri sebagai laptop untuk games. Spesifikasi yang disediakan dalam beberapa seri Xenom tergolong tinggi.

Sesuai namanya, kualitas komponen dan material yang digunakan memang kuat dan tangguh. Ga hanya itu, kemampuan komponennya pun termasuk yang paling cepat di kelasnya.

Sejak pertama kali muncul pada 2013 lalu, komposisi jeroan Xenom Hercules memang udah langsung biking ngiler. Nah, Xenom Hercules HC15 merupakan seri terbaru dan tertinggi. Laptop produksi tahun 2015 ini dibekali prosesor Intel Core i7 4790K. Prosesor quad core dengan teknologi Hyper-Threading ini mampu menjalankan 8 proses komputasi dalam sekali jalan.

Dengan dukungan kartu grafis GeForce GTX 980 8GB DDR5, game paling baru bakal bisa dimainkan dengan nyaman di laptop ini. Dengan spesifikasi yang dimiliki Xenom Hercules HC15 ini, ga ada game yang ga bisa dimainkan. Game-game dengan grafis tinggi  seperti Assassin’s Creed Unity, Call of Duty: Advanced Warfare, Far Cry 4, DoTA2, ato Battlefield Hardline, bisa dimainkan dengan nyaman.

Dalam sebuah playtest dengan memainkan Assassin’s Creed dan setingan tertinggi, frame set bisa mencapai 65 fps. Hanya laptop dengan spesifikasi tinggi seperti Xenom Hercules yang mampu menghasilkan hingga lebih dari 60 fps.

Harganya pun setara dengan kemampuannya. Mulai Rp28 juta sampe Rp33,9 jutaan. Memang terlihat mahal, tapi jika menengok jeroan dan kemampuan dari laptop ini, harga tersebut masih cukup wajar.

Spesifikasi Xenom Hercules HC15

Motherboard              : Intel Z97 Chipset-based
Processor                    : Core i7 4790K (Base 4 GHz/Turbo Boost 4,4 GHz)
Graphics                      : IGP: Intel HD Graphics 4600
Discrete                       : GeForce GTX 980 8GB DDR5
Memory                      : 16 GB @1600 MHz (Dual Channel)
Display                        :15,6 inch @1920 x 1080 pixels
Storage                        : 256 GB SSD + 128 GB M.2 SSD + 1 TB HDD
Wireless                 : Intel Dual Band Wireless-AC 7265 (802.11a/b/g/n/ac & Bluetooth V4.0)
Audio In/Out               : Headphone & Microphone
Optical Drive               : –
Battery Capacity         : 84 Wh
Operating System       : Windows 7/8/8.1
Dimensi                       : 386 x 262 x 35,7 mm
Berat                           : 3,4 kg + 1,3 kg (Power Adapter)

 

Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia? - beritateknologi.com
Sumber Gambar beritateknologi.com

Zyrex Cruiser LW5825

Salah satu brand komputer lokal ini juga ga mau kalah dalam melahirkan sebuah laptop untuk gaming. Seperti produk Zyrex pada umumnya, harganya pun masih bisa bersaing dengan produk impor yang punya kemampuan setara. Dirilis ke masyarakat sekitar tahun 2012, Zyrex Cruiser LW5825 langsung mencuri hati para gamer berkat kemampuan yang dimiliki. Pun harga yang ditawarkan dengan kemampuan yang dimiliki.

Kinerja Zyrex Cruiser LW5825 didukung oleh prosesor Intel Core i5-2430M 2,4GHz dan kartu grafis Nvidia GeForce GT 520M. Kartu grafis ini udah punya teknologi Nvidia Optimus yang bagus untuk bermain game. Kemudian untuk memperkuat kinerja, dipasang RAM 4GB DDR3. Sebuah spesifikasi yang sangat cukup untuk bermain game-game bergrafis dan detail tinggi.

Selain itu, kualitas audio laptop ini juga cukup mumpuni. Zyrex memasang Realtek ALC269 yang bisa menghasilkan kualitas suara setara THX. Karna Zyrex memang udah bekerja sama dengan perusahaan THX dan TruStudio Pro dalam merancang audio produk mereka. Ketika disambungkan ke speaker luar maka atmosfer game bakal lebih terasa.

Dengan kemampuan seperti itu, Zyrex Cruiser LW5825 ternyata dijual dengan harga sekitar Rp5,8 juta aja. Harga yang masih bisa akrab dengan kantong masyarakat pada umumnya. Terutama para penyuka game bergrafis tinggi seperti Grand Theft Auto (GTA) 5.

Spesifikasi Zyrex Cruiser LW5825

Processor        : Intel Core i5-2430M 2,4GHz
Graphics          : Intel HD Graphics + Nvidia GeForce GT 520M 1 GB
Resolusi           : 1366×786
Memory          : 4GB DDR3
Storage            : 500GB 540 RPM SATA-II
Interkoneksi    : 2x USB v3.0 Port
Audio               : Realtek ALC269 TruStudio Pro
Baterai             : 48,84 wh
Dimensi           : 37,3 x 24,9 x 45 cm
Berat               : 2,5 kg

 

Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia? - tokopedia.com
Sumber Gambar tokopedia.com

Xenom Phoenix PX15C-DL02

Produk Xenom Phoenix ini kemampuannya sedikit di bawah seri Hercules. Tapi dengan bekal prosesor Inter Core i7-4700MQ 2.4Ghz, RAM 8GB DDR3, dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 780M 4GB udah lebih dari cukup untuk memainkan game berat sekalipun. Teknologi 3D yang ada di game-game berat seperti Assassin’s Creed, ga jadi masalah ketika dimainkan di laptop yang dirilis pada 2015 ini.

Bentuk Xenom Phoenix ini sekilas terlihat biasa. Hanya memang lebih tebal dari laptop pada umumnya. Tapi, dengan desain yang berbeda ini, Xenom Phoenix diklaim lebih tahan panas meski dipakai bermain game sampe belasan jam sekalipun. Apalagi, udah  dilengkapi dengan Sound Blaster MB 2 yang akan membuat suara game yang dimainkan semakin membahana.

Kelebihan Xenom Phoenix adalah ukuran layar yang besar, yaitu 17,3 inci – juga disediakan versi dengan layar 15,6 inci. Dengan layar sebesar itu otomatis dimensi laptop untuk game ini menjadi besar. Dengan layar yang cukup besar, tampilan grafis dari game yang dimainkan pun bakal lebih enak dilihat.

Sehingga sedikit ga nyaman ketika harus membawanya bepergian. Berat laptop ini mencapai 3,75 kg. Lebih berat dibanding saudaranya, Xenom Hercules. Meski demikian, harganya lebih murah jika dibanding dengan Xenom Hercules. Satu buah laptop Xenom Phoenix bisa diboyong setelah membayar Rp27.790.000.

Spesifikasi Xenom Phoenix PX15C-DL02
Processor        : Intel Core i7-4700MQ 2.4Ghz
Graphics          : Nvidia GeForce GTX 780M 4GB
Resolusi           : 1920 x 1080
Memory          : 8GB DDR3
Storage            : SSD 128GB + HDD 1TB
Interkoneksi    : 2 x USB3.0 port
Audio               : 5.1 Audio Channel
Batterai           : 5200 mAH
Dimensi           : 414.02 x 286 x 46.7 mm
Berat               : 3.75Kg

 

Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia? - Scclaptop.com
Sumber Gambar Scclaptop.com

Advan Soulmate M4-54232

Buat kamu yang mencari laptop untuk game dengan harga yang murah meriah, salah satu pilihannya adalah Advan Soulmate M4-54232. Memang game-game yang bisa dimainkan laptop ini bukanlah sekelas Battlefield Hardline ato Call of Duty. Dua game itu butuh spesifikasi yang ga dimiliki Advan Soulmate M4-54232. Tapi, untuk sekadar melepas penat dengan memainkan game-game ringan sampe menengah sih masih bisa.

Pasalnya, Advan Soulmate M4-54232 punya kemampuan mencukupi berkat kehadiran prosesor AMD P540 2.4Ghz di dalam chipset. Prosesor sekelas ini mampu cepat merespon setiap perintah yang diberikan. Termasuk mengolah beberapa perintah sekaligus tanpa membuat kinerja menjadi menurun.

Salah satu faktor yang membuat laptop lansiran 2011 ini belum mampu memainkan game berat adalah kondisi RAM yang 2 GB dan kartu grafis ATI Radeon 256 MB yang masih terlalu standar. Maksimal, hanya bisa untuk bermain game seperti Pro Evolution Soccer yang frame rate nya ga terlalu tinggi. Kalo pun dipaksakan memainkan game berat, gerakan dalam game pasti ga akan maksimal, akan terpatah-patah. Bisa-bisa laptop kalian malah menangis minta ampun.

Tapi, dengan harga sekitar Rp3,5 juta memang membuat laptop ini cukup layak dilirik. Terutama bagi kalian yang punya budget terbatas tapi ingin punya laptop yang bisa multitasking. Bisa dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan ato tugas. Bisa juga untuk menghibur diri dengan bermain game.

Spesifikasi Advan Soulmate M4-54232

Processor        : AMD P540 2.4Ghz
Graphics          : ATI Radeon 256 MB
Resolusi           : 1366 x 768 pixels
Memory          : 2GB DDR3 1066 MHz
Storage            : 320 GB Serial ATA HDD 5400 RPM
Interkoneksi   : 2x USB v2.0 Port
Baterai               : Lithium-Ion
Dimensi           : 346 x 35 x 238 mm
Berat               : 2,2 kg

 

Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia? - Laptophia.com
Sumber Gambar Laptophia.com

Xenom Shiva SV15S

Upaya Xenom merangkul semua kalangan yang doyan main game di laptop terlihat dengan memiliki sejumlah seri laptop produksi mereka. Setelah Hercules dan Phoenix, Xenom juga memiliki seri lainnya, Shiva. Dari sisi kemampuan Xenom Shiva ga kalah jauh dibanding Hercules dan Phoenix.  Xenom Shiva SV15S udah dibekali prosesor Intel Core i7 generasi baru yang mengusung teknologi Skylake yang menawarkan kinerja tinggi dengan konsumsi daya lebih efisien.

Sebagai sebuah laptop untuk gaming, Xenom Shiva juga diperkuat kartu grafis yang mumpuni. Selain kartu grafis onboard Intel HD Graphic 530, laptop ini juga diperkuat dengan kehadiran Nvidia GeForce GTX 960M. Kedua kartu grafis itu bisa bekerja bergantian sesuai kebutuhan saat dipakai. Sekadar info, kartu grafis GeForce GTX 960M merupakan salah satu kartu grafis yang sudah memiliki teknologi Nvidia Optimus yang mendukung untuk bermain game-game berat.

Supaya grafis yang dimiliki game-game berat seperti Assassin’s Creed ga bikin laptop jadi lemot, Xenom Shiva dibekali dengan RAM 8 GB DDR3L. Kapasitas RAM ini masih bisa ditingkatkan hingga maksimal 16 GB. Udah lebih dari cukup untuk bermain game seperti Far Cry ato Call of Duty dengan nyaman dan aman.

Bagaimana dengan harga? Relatif bersaing dengan laptop yang memiliki kemampuan setara. Xenom Shiva SV15S ini dilepas dengan harga Rp21.199.000. Masih cukup pantas untuk ukuran laptop gaming sekelas ini. Buat kalian yang kepincut dengan spesifikasi yang dimiliki Xenom Hercules tapi budgetnya ga mencukupi, Xenom Shova SV15S bisa menjadi alternatif pengganti yang ga kalah hebat. Tapi dengan harga yang lebih hemat.

Spesifikasi Xenom Shiva SV15S
Processor        : Intel Core i7-6700HQ 2,6GHz
Graphics          : Intel HD Graphics 530 +  Nvidia GeForce GTX 960M VRAM 2GB
Resolusi           : 1920 x 1080
Memory          : 8 GB DDR3L
Storage            : SSD 256GB dan Hard Disk 1TB
Interkoneksi    : 2 x USB3.0 port
Audio               : ANSPTM 3D 5.1 ch
Baterai             : Smart Lithium-Ion 62WH
Dimensi           : 385 X 268 X 28.5 mm
Berat               : 2,5 kg

Baca Juga
1. 
Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia
2.  
Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita

Ternyata, orang Indonesia memang ga kalah pintar dan canggih dari orang luar negeri. Laptop berkemampuan canggih pun bisa dibuat di sini dan dikerjakan oleh teknisi asli Indonesia. Buat para gamer yang masih pake laptop produk impor, sekarang saatnya untuk menjajal kemampuan laptop gaming buatan orang Indonesia.

Nah, obrolan soal laptop games buatan Indonesia ini pasti mengandung manfaat untuk kita semua. Kalo begitu mari kita sebarkan manfaat ini kepada orang lain melalui medsos Mas Bro dan Mbak Bro. Langsung aja copy link tulisan ini lalu dibagi ke semua teman-teman.

Buat kalian yang pingin bertanya, jangan ragu untuk langsung isi kolom komentar di bawah ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang komputer / laptop.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Masak nasi haruslah sampai tanak
Makan sate jangan lupa pake acar
Punya laptop canggih memang serbaenak
Kerjaan dan hiburan jadi lebih lancar

Cinere, Depok
Pukul 15.41 WIB, Selasa 02 Februari 2016
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan

Admin Tempo. 2016. 100 Produk Asli Buatan Indonesia tempo.web.id/100-produk-asli-buatan-indonesia/ diakses pukul 11:50 WIB pada hari Selasa, 28 Februari 2017
Dedenz. 2012. Zyrex Cruiser LW5825, Notebook Gaming Lokal beritateknologi.com/zyrex-cruiser-lw5825-notebook-gaming-lokal-dengan-prosesor-intel-core-i5-dan-nvidia-geforce-gt-520m/ diakses pukul 11:47 WIB pada hari Selasa, 28 Februari 2017
Insaf Albert Tarigan. 2013. Inilah Lima Gaming Laptop Buatan Xenom chip.co.id/news/hardware/7882/inilah_lima_gaming_laptop_buatan_xenom diakses pukul 13:07 WIB pada hari Selasa, 28 Februari 2017
Iskandar. 2014. Laptop Gaming Asli Indonesia Ditopang Kartu Grafis Mutakhir tekno.liputan6.com/read/2038835/laptop-gaming-asli-indonesia-ditopang-kartu-grafis-mutakhir diakses pukul 11:47 WIB pada hari Selasa, 28 Februari 2017

Sumber Gambar

Beritateknologi.com diakses pukul 15:54 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Bukalapak.com diakses pukul 15:52 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Laptophia.com diakses pukul 16:02 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Scclaptop.com diakses pukul 15:59 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Tokopedia.com diakses pukul 15:57 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017
Wahidasputra.wordpress.com diakses pukul 16:07 WIB pada hari Kamis, 2 Maret 2017

Comments

Satu tanggapan untuk “Apa Aja Merk Laptop Gaming Buatan Indonesia?”

Tinggalkan Balasan