Ketauhui lebih dalam tentang jenis – jenis dan penyebab bipolar, yuk!
Hai, temen-temen!
Karena di artikel sebelumnya aku udah menjelaskan tentang apa itu bipolar disorder dan apa saja gejala nya. Kali ini aku akan bahas tentang ada apa aja sih jenis dan penyebab bipolar.
Sebelum itu kita ingat kembali yuk tentang Bipolar. Bipolar disorder merupakan salah satu gangguan mental yang membuat pengidap mengalami perubahan mood yang ekstrem, atau bisa juga disebut mood swing. Karena hal ini, pengidap bisa mengalami perubahan perasaan secara tiba-tiba dari sangat bahagia menjadi sangat sedih, atau sebaliknya. Berikutlah jenis-jenisnya…
Jenis-Jenis Bipolar
Untuk jenis, bipolar sendiri terdiri dari 4 jenis. Yaitu:
- Gangguan Bipolar I
Pada gangguan bipolar jenis ini, kamu akan mengalami satu atau lebih merasa bahagia yang dapat didahului atau diikuti oleh rasa depresi.
2. Gangguan Bipolar II
Pada gangguan bipolar tipe II, kamu akan lebih merasakan rasa sedih (depresi). Dan merasa tidak pernah bahagia.
3. Gangguan Siklotimia
Pada gangguan bipolar tipe ini, diartikan sebagai periode dimana episode kamu merasa sedih atau depresi akan berlangsung setidaknya selama dua tahun, tapi biasanya akan berlangsung selama satu tahun para masa anak-anak atau remaja. Gejala pada jenis bipolar tipe ini biasanya lebih ringan daripada tipe I atau II.
4. Jenis gangguan bipolar lain
Tipe bipolar kali ini, biasanya mengalami perubahan mood yang tidak normal secara signifikan, tapi tipe ini tidak memenuhi kriteria bipolar I, II, atau siklotimia.
Baca Juga : Mengenal Bipolar Lebih Dalam
Penyebab Gangguan Bipolar
Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab gangguan bipolar. Tapi, ada beberapa faktor yang mungkin bisa menyebabkan penyakit gangguan bipolar. Dibawah ini adalah faktor-faktor yang diketahui bisa menjadi penyebab gangguan bipolar:
- Kondisi otak
- Keturunan (Genetika)
- Pengaruh lingkungan sosial.
Untuk kesempatan kali ini, mungkin hanya segitu yang bisa aku sampaikan kepada temen-temen. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk temen temen ya. Terima kasih telah membaca!
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.