Apa Aja Perbedaan Instagram Tokopedia dan Bukalapak?
Apa Kelebihan dan Kekurangan Akun Instagram Tokopedia dan Bukalapak?
Gimana Perbedaan Kelakuan Followers Instagram-nya?
Belanja Tokopedia ato Bukalapak
Pasti bingung kan pilih yang mana
Sebelum pilih salah satu pelapak
Cari tau dulu lewat Instagram-nya
Salam Mas Bro dan Mbak Bro!
Udah pada kenal Tokopedia dan Bukalapak kan?
Dua marketplace raksasa di Indonesia, baik Tokopedia maupun Bukalapak, keduanya udah dikenal baik oleh masyarakat. Terlebih lagi berkat eksistensi belanja online beberapa tahun belakangan ini membuat kedua situs marketplace tersebut semakin melejit. Keduanya pun berlomba-lomba jadi yang terbaik, terutama dari segi pelayanan. Tanpa pelayanan yang baik, popularitas yang tadinya udah bagus pun tiba-tiba bisa surut dengan seketika.
Agar semakin dikenal oleh masyarakat, baik Tokopedia maupun Bukalapak, keduanya udah punya sosial media masing-masing yaitu Intagram. Kedua marketplace inipun sama-sama aktif melakukan branding kepada masyarakat untuk ningkatin jumlah followers demi menaikkan angka penjualan.
Meski punya tujuan yang sama, tapi keduanya juga ga luput dari perbedaaan yang bisa kita lihat langsung dari Instagram. Perbedaan seperti apa? Apakah perbedaannya ada kaitannya dengan pelayanan kepada masyarakat? Daripada penasaran, intip penjelasannya di bawah ini yuk!
Baca Juga : Belajar Jalanin Bisnis Online Pake Sosial Media/
Apa Aja Perbedaan Instagram Tokopedia dan Bukalapak?
1. Berapa konten yang terbit? Isinya tentang apa aja?
Kalo ditanya soal konten, jelas konten Tokopedia lebih banyak terbiti dibandingkan konten Bukalapak. Sampe hari ini, Tokopedia udah berhasil nerbitin 4.341 konten sedangkan Bukalapak hanya 2.502 konten. Jumlah inipun makin lama akan makin bertambah. Dan siapa yang nantinya berhasil nerbitin konten terbanyak? Mimin juga ga tau. Mari sama-sama kita lihat aja kedepannya gimana.
2. Berapa jumlah followersnya?
Kayak yang udah pernah dibahas di tulisan sebelumnya, jumlah konten yang terbit bakal berpengaruh sama jumlah followers. Karna jumlah konten Tokopedia lebih banyak, wajar pula kalo jumlah followersnya pun banyak. Sampe sekarang, jumlah followers Tokopedia 2x lipat lebih besar dibandingkan followers Bukalapak yang masih mencapai angka 309 ribu followers.
3. Berapa followers yang diikuti? Siapa aja?
Kalo yang ini keduanya berbeda drastis Mas Bro dan Mbak Bro, beda jauh malah! Pas Mimin ngeliat akun Instagram Tokopedia, followers yang mereka ikuti ada 122 orang sedangkan Bukalapak hanya ngikutin 3 orang aja! 122 orang banding 3 orang, beda jauh kan?
Orang-orang yang diikuti oleh kedua marketplace ini adalah orang-orang yang punya pengaruh di balik perkembangan kedua situs. Misalnya di Tokopedia, ada Junior Liem, Elxi Elivina, dan Keshia Nathania yang jadi followers. Tokopedia pun kembali ngikutin ketiga nama ini. Berarti sistem follow-memfollow itu dibutuhkan ya!
4. Berapa jumlah likes dan komentar gambar terakhir masing-masing akun?
Gambar terakhir di Tokopedia itu berhasil mendapatkan 1.955 likes, sedangkan gambar terakhir di Bukalapak hanya mendapat 505 likes doang. Nah untuk komentar Tokopedia mendapat 18 komentar, sedangkan Bukalapak berhasil mendapatkan 67 komentar. Perbedaan jumlah likes dan komentar yang didapat oleh masing-masing akun marketplace balik lagi ke followers yang ngikutin mereka. Meskipun jumlah followers banyak, ga selamanya jumlah likes dan komentar yang didapat banyak. Semuanya balik lagi ke jam posting dari masing-masing gambar yang diterbitin.
Selain gambar, kedua marketplace ini juga suka nerbitin video lho! Isi videonya pun unik-unik dan pastinya menarik. Penasaran kan? Mas Bro dan Mbak Bro bisa mampir langsung ke akun Instagram Tokopedia maupun Bukalapak.
5. Berapa persentase jumlah konten dan followersnya?
Kalo konten dibandingkan dengan jumlah followers, maka jumlahnya bisa sampe beratus-ratus kali lipat ya Mas Bro dan Mbak Bro! Di Tokopedia, perbandingan konten dan followers 1 : 164. Sedangkan di Bukalapak 1 : 123.
Persentase konten dan followers yang didapat lama-kelamaan bisa lebih kecil kalo semisal jumlah konten yang diupload terus-menerus meningkat sementara jumlah followersnya tetap sama. Sebaliknya kalo jumlah konten yang diupload selalu meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah followers, kemungkinan besar persentase jumlah di atas jadi lebih besar lagi.
6. Berapa persentase komentar + like?
Kayak yang udah disinggung di poin nomor 4 di atas, dimana Tokopedia berhasil mendapat 1.955 likes dan 18 komentar. Sementara Bukalapak mendapat 505 likes dan 67 komentar. Dari jumlah ini persentase komentar + like yang didapat Tokopedia udah jelas lebih besar ya. Persentase Tokopedia 1 : 108, sedangkan Bukalapak hanya 1 : 7 aja. Angka ini ga pake pembulatan dan pecahan desimal ya Mas Bro dan Mbak Bro. Jadi Mimin hanya ngambil angka di depan aja.
Baca Juga : Tanda Kalo Kita Salah Gunain Sosial Media
Apa Kelebihan dan Kekurangan Akun Instagram Tokopedia dan Bukalapak?
Kelebihan Tokopedia
- Jumlah barang yang ditawarkan di situsnya lebih banyak dan paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tokopedia juga udah menjual barang-barang elektronik. Mas Bro dan Mbak Bro yang kepingin upgrade gadgetnya bisa banget mampir ke Tokopedia
- Pada awalnya, Tokopedia hanya punya metode pembayaran transfer dan lewat minimarket aja. Tapi lama-kelamaan situs e-commerce ini udah menyediakan metode pembayaran lewat kartu kredit khususnya untuk harga barang yang mahal sampe jutaan bahkan belasan juta
- Punya menu-menu yang mudah dimengerti dan bisa difilter. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro kepingin beli barang yang original, tinggal pilih menu “official store” aja di halaman Tokopedia
- Transaksi aman. Meskipun bayar dengan kartu kredit, ga perlu khawatir kartu kredit dibobol ato semacam tindak pencurian lain.
- Adanya notifikasi atas transaksi yang terjadi, baik melalui aplikasi maupun SMS. Kalo transaksi tersebut belum selesai ato belum dibayar, Tokopedia juga akan beritahu jadi ga kelupaan deh!
- Proses pembayaran mudah dan cepat berkat adanya kode unik yang dikirimkan.
Kekurangan Tokopedia
- Adanya fitur dropshipper terkadang suka merepotkan para penjual. Karna penjual harus benar-benar teliti melihat alamat dropshipper supaya ga salah kirim ke alamat si pembeli.
- Perang harga yang sedikit lebih kejam. Apalagi di Tokopedia itu ga hanya ada 1 ato 2 penjual aja, tapi banyak. Jadi masing-masing penjual harus mampu bersaing dari segi harga kalo mau ningkatin angka penjualan.
- Informasi ketersediaan barang ga ada, sehingga pembeli sering menunda-nunda pembelian dan kurang aware sama barang yang akan dibelinya. Saat barang yang mau dibeli udah habis aja, baru rame pada nanyain si penjual kapan barangnya ready lagi. Hal ini tentu buat penjual manapun akan merasa sedikit kesal.
- Aplikasi sering error sehingga pengguna aplikasi butuh maintenance yang lebih tinggi. kalo udah waktunya diupgrade, harus diupgrade kalo ga aplikasinya ga bisa
Kelebihan Bukalapak
- Cepat dan inovatif. Kalo dulu halaman Bukalapak itu masih susah dibaca dan dipahami, tapi sekarang udah jauh lebih baik. Sehingga pembeli yang mau menyelesaikan transaksi pun jadi lebih mudah.
- Ga seperti e-commerce lain, Bukalapak menyediakan fitur “nego” dimana pembeli bisa bernegosiasi terlebih dahulu sebelum memasukkan barang ke keranjang belanja. Alhasil harga barang yang dibayarkan jauh lebih murah.
- Menyediakan bonus referral bagi pengguna Bukalapak yang berhasil mengajak teman-temannya bergabung di Bukalapak. Fitur ini bisa Mas Bro dan Mbak Bro dapatkan untuk menambah komisi dari Bukalapak. Lumayan lho! Dengan transaksi minimum sebesar Rp 100.000 untuk pengguna baru, maka Mas Bro, Mbak Bro, dan si member baru berhak mendapat komisi Rp 10.000. Kalo yang diajak 10 orang, maka komisi kita pun jadi lebih besar yakni Rp 100.000.
- Menampilkan jumlah ketersediaan barang. Jadi setiap transaksi berhasil, maka stok barangnya akan berkurang otomatis sehingga pembeli yang lain bisa antisipasi kalo semisal kepingin barang yang sama.
- Mudah dan praktis. Ga hanya dari segi pembayaran aja, tapi juga saat hendak berjualan. Dimana penjual bisa memanfaatkan fitur “drag and drop” sehingga proses memasukkan gambar lebih cepat dan hemat tenaga.
Kekurangan Bukalapak
- Sama seperti toko sebelah, aplikasi Bukalapak juga sering lemot sehingga proses transaksi sering terhambat.
- Notifikasi orderan sering terlambat. Jadi pembeli harus buka aplikasi terlebih dahulu kalo mau dapat notifikasi dengan cepat.
- Meskipun menyediakan fitur “nego”, tapi fitur negonya masih sangat terbatas. Dimana pembeli hanya bisa melakukan 3x negosiasi aja sebelum barang tersebut dibeli.
- Jumlah barang yang dijual udah banyak, tapi barang belum terlalu lengkap. Kalo dibandingkan dengan toko sebelah, jumlah barang di Bukalapak masih kalah.
- Letak deskripsi barang jauh di bawah gambar, sehingga pembeli yang mau tau detail barang harus scroll down terlebih dahulu.
Baca Juga : 72 Cara Tambah Followers dan Likes Instagram Twitter Facebook dan Media Sosial Lain
Gimana Perbedaan Kelakuan Followers Instagram-nya?
1. Likes followers
Tokopedia dan Bukalapak punya jumlah followers yang udah terbilang cukup banyak. Meskipun jumlahnya ga sama, tapi kalo dibandingkan dengan e-commerce lain udah lumayan lah. Seberapa aktif followers keduanya nge-like setiap foto yang diposting. Cukup aktif! Di Tokopedia, setiap foto yang diposting berhasil mendapat setidaknya seibu likes. Sedangkan di Bukalapak hampir seribu-an.
Jumlah likes yang didapat pun tergantung dari kualitas foto yang diposting. Kalo fotonya menarik, maka jumlah likes yang didapat juga banyak. Begitu pun sebaliknya.
2. Komentar followers
Kalo likes followers aktif, kalo komentarnya gimana? Nah disini nih bedanya. Komentator di Bukalapak ternyata lebih aktif dibandingkan Tokopedia. Terbukti dari gambar yang Mimin upload di atas. Meskipun keaktifan komentator di setiap marketplace berbeda, tapi pelayanan customer service nya sama-sama oke kok. Seluruh pertanyaan dan keluhan pembeli dijawab dengan baik dan cepat.
Udah pada tau kan gimana perbedaan kelakuan Instagram Tokopedia dan Bukalapak? Meskipun keduanya sama-sama punya kelebihan, tapi keduanya juga punya kekurangan. Jadi impas toh ada kelebihan dan kekurangan?
Jadi diantara Tokopedia dan Bukalapak, siapakah yang terbaik? Keduanya sama-sama bagus kok, sekarang pilihannya ada di tangan Mas Bro dan Mbak Bro yang kepingin belanja. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro nanya menurut Mimin mana yang terbagus, dari pengalaman Mimin nih yang udah berulang kali coba belanja di Tokopedia dan Bukalapak, dua-dua bagus. Dimana barang yang Mimin terima selalu datang tepat waktu, original, dan pastinya barangnya ga rusak (ini yang paling penting).
Semoga berguna.
Senang bisa berbagi.
Mauliate.
Pilih Tokopedia ato Bukalapak
Marketplace terbesar Indonesia
Lo pilih mana sebagai pelapak?
Yang pasti pilih yang tercocok ya
#PanduanKita
20180708 0701 WIB Minggu
Rumah Semarang
Sumber Tulisan
jalantikus.com dibuka pukul 06:06 WIB pada Hari Minggu tanggal 08 Juli 2018
netjurnal.com dibuka pukul 06:33 WIB pada Hari Minggu tanggal 08 Juli 2018
nulisblog18.blogspot.com dibuka pukul 06:48 WIB pada Hari Minggu tanggal 08 Juli 2018
Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06: 55 WIB pada Hari Minggu tanggal 08 Juli 2018
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.