Hati-Hati, Ruangan Favoritmu di Rumah Bisa Jadi Menyimpan Bakteri dan Virus

Jika kamu berpikir rumah merupakan tempat yang aman dari penyakit infeksi, coba, deh, periksa lagi. Ada tempat-tempat tertentu di rumah yang sebenarnya menyimpan lebih banyak bakteri dan virus dari yang kamu kira.

Bakteri yang paling umum ditemui di rumah adalah Salmonella, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari diare, infeksi saluran kemih, hingga infeksi kulit.
Berikut ini adalah ruangan dan benda-benda yang perlu lebih diperhatikan agar tidak menjadi sarang bakteri dan virus:

  1. Dapur
    Tempatmu mengolah makanan setiap hari ini sebenarnya termasuk tempat yang paling banyak menyimpan bakteri.
  2. Kamar mandi
    Kamar mandi bisa menjadi tempat yang dipenuhi bakteri bila kebersihannya tak dijaga dengan baik.
  3. Ruang mencuci
    Cucian basah yang ditinggalkan di dalam mesin cuci dapat membuat mesin cuci menjadi sarang berkembangnya bakteri.
  4. Ruang keluarga dan kamar
    Karpet di dalam ruangan dapat menyimpan debu dan kotoran hingga 8 kali beratnya.
  5. Kandang hewan peliharaan
    Kandang hewan peliharaan termasuk tempat makanan dan mainannya juga menyimpan bakteri dan virus. Hewan peliharaan juga bisa menularkan penyakit infeksi ke manusia, termasuk COVID-19, apalagi jika mereka berkeliaran ke luar rumah.

Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply