Apa Sih Arti False Belief dan Mitos ?
Gimana False Belief / Mitos Bisa Menipu dan Menjerak Kita?
Air panas masukin ke termos
Odol pake buat gosok gigi
Kalo dulu aku percaya mitos
Sekarang tentu udah ga lagi
Salam #MasBro / #MbakBro
Firasat mata kedutan, percaya sama mitos itu bener ga sih?
Hmm
Ada yang bilang, cari ide yang bagus itu di toilet. Karna masa-masa tenang diruang tertutup itu salah satu pemicu. Ga ada gangguan.
Pagi-pagi seperti biasa, aku bawa buku Sukses Melalui Karakter ke toilet. Buku ini udah berulang-ulang aku baca.
Tapi … pas membuka kali ini mata ku tertuju sama False Belief, kepercayaan semua.
Aku jadi masuk dalam perenungan gini …
Baca Juga : Apa yang Kita Percaya Itu yang Akan Terjadi Sama Kita
Apa Sih Arti False Belief dan Mitos ?
Pengertian false belief / kepercayaan semua adalah asumsi (anggapan) yang jadi pola pikir salah atas kejadian yang sama diri sendir, orang lain, dan lingkungan sekitar.
Kurang lebih artinya sama kayak mitos sih
Pengertian mitos adalah (biasanya) cerita berlatar masa lalu, tentang penafsiran tentang alam dan makhluk hidup yang dihubungkan sama kejadian sekarang. Kalo di Indonesia paling sering berhubungan sama cerita tradisional dan dongeng.
Kalo dari pengertian diatas doang, pasti masih susah buat dimengerti.
Kita bahas contohnya aja deh
1. Firasat Kedutan
Mau itu kedutan mata kanan bawah, kedutan mata kiri bawah, kedutan mata kanan atas, dan kedutan mata kiri atas. Kita sering bertanya apa artinya?
Kedutan ini bermacam-macam, selain kedutan mata doang. Ada lagi alis kedutan, kedutan kelopak mata, kedutan bibir, dan kedutan pinggang kiri.
Kalo ga tanya sama temen apa arti kedutan?
Paling gampang masuk ke mesin pencari lah.
Eh … tapi kalo mata sering kedutan perlu cek ke dokter sih. Kedutan mata kanan / kiri terus menerus perlu dipertanyakan secara kesehatan. Penyebab kenapa mata kedutan ga ada hubungannya sama bakal dapat rejeki. hehehe, itu kan biasanya?
Eh tau ga saking banyak nya dicari makna / arti nya sama orang, mata kedutan tuh sampe ada primbon nya.
2. Kejatuhan Cicak
Mitos kejatuhan cicak termasuk paling sering nih dibahas. Apalagi kalo dikampung. Kalo dikota udah jarang nih.
Sekilas soal kejatuhan cicak, arti kejatuhan cicak beda-beda. Arti kejatuhan cicak di kepala dan kejatuhan cicak di tangan itu paling sering dibahas.
Apapun artinya bukan itu inti pembahasan kita ya.
3. Ayam Berkokok Tengah Malam
Ayam kan lazimnya berkokok pagi hari. Kalo tiba-tiba kita denger berkokok di siang hari, sore hari, malam hari, dan apalagi tengah malam. Beuh pasti mikirnya aneh-aneh.
4. Nabrak Kucing
Ga sengaja ketemu sama kucing pun jadi cerita mitos tersendiri. Ada false belief yang berbeda-beda saat kucing hitam putih. Masing-masing warna itu itu lambangin false belief tertentu.
Ketemu sama kucing aja ada mitosnya apalagi menabrak kucing.
5. Telapak Tangan Kiri / Kanan Gatal
Nah, kalo waktu kecil paling seru bahas ini nih. Telapak tangan gatal.
Kenapa?
Karna berhubungan sama duit.
Kalo lagi nongkrong sama temen-temen ada yang telapak tangan gatal.
Entah itu telapak tangan kiri gatal ato kanan. Intinya rejeki bakal datang lah.
Itu semua sebenernya hanya sebagain kecil, kadang kepercayaan kita sama hal-hal sederhana lain bisa juga jadi false belief. Ga selalu berhubungan langsung sama cerita mitos.
Salah satu false belief yang sering kejadian sekarang adalah percaya sama hoax.
…
Lupa pas momen kapan aku keluar dari toliet. Tapi perenungan ku sampe pada …
Baca Juga : SALAH BESAR : Jangan Terlalu Berharap Nanti Malah Kecewa
Gimana False Belief / Mitos Bisa Menipu dan Menjerak Kita?
1. Nilai-Nilai yang Salah
Hmm
Aku benci senin dan jumat berkah.
Kalo kerjaan jadi hal yang berat buat kita, senin untuk mulai masuk kerja lagi setelah libur. Jadi hal yang berat sih. Awalnya kita ngerasa itu ok karna banyak yang 1 pikiran sama kita. Tapi pelan-pelan itu jadi racun yang membunuh sih.
Jumat memang hari berkah, tapi Tuhan ga jadiin 7 hari dan hanya membuat hal baik terjadi di hari jumat. Lalu senin jadi hari sial.
Hahaha
Setiap hari itu baik kok.
Coba ingat-ingat hal baik yang kita terima. Ga cuma terjadi di hari jumat aja kan?
Kalo artinya sesederhana itu.
Sabtu dan minggu juga berkah dong, libur kok.
hehehe
2. Lingkungan yang Ga Bener
Bukan cuma di kantor dan sekolah / kampus. Pengaruh ga bener pun bisa datang dari rumah.
Anak yang lahir dari keluarga broken home, ga percaya orang tua yang penuh kasih sayang. Anak-anak yang ditakut-takuti sama hal horor biar mau tidur / makan. Melawan orangtua seperti melawan Tuhan, padahal orangtua juga bisa salah.
Apalagi?
#MasBro dan #MbakBro punya pengalaman apa?
3. Pikiran Tertutup
Saat emosi tuh, ga cuma mata. Pikiran juga suka tertutup. Kejadian-kejadian buruk yang terus-terus terjadi.
Dan bandingin kehidupan sendiri sama orang lain.
Kita suka berakhir pada, hidup kita udah ditakdirkan buat jadi miskin dan bodoh.
Padahal semua butuh proses aja.
Sama seperti pohon berbuah
False belief bisa kita kenali dari buahnyaKalo ada hal yang kita percaya dan itu rugiin diri kita. Jelas itu udah false belief. Coba renungin dan ajak orang yang kita percaya buat ngobrolin.
Perenungan yang berawal dari toilet ini berlanjur ke meja kerja …
Mulai tuh banyak website ku buka buat jadi bahan.
Baca Juga : Ga Cuma Mulut Hati dan Pikiran Juga Butuh Makan
Firasat Mata Kedutan, Percaya Sama Mitos Itu Bener Ga Sih?
Hidup sebenernya ya hidup diatas ya dan tidak aja sih. Bener ya bener dan salah ya salah. Hitam ya hitam dan putih ya putih.
Ga ada jalan abu-abu.
Meski begitu harus kita akui kita hidup di dunia yang udah tercemar.
Tanpa kita sadari banyak berita yang kita terima dan pengalaman yang tertanam dalam otak kita. Berita dan pengalaman itu belum tentu baik.
Tapi trus mengendap sampe dititik tertentu bisa menjadi false belief.
Anehnya
Banyak yang lebih percaya sama false belief daripada fakta.Contoh-contoh diatas tadi misalnya, secara kesehatan dan logika udah ga masuk akal. Tapi masih ada aja orang yang percaya.
Kalo pada akhirnya ditanya firasat mata kedutan, percaya sama mitos itu bener ato ga.
Jawabannya : ga bener.
Kenapa?
1. Manusia itu berkuasa atas flora dan fauna
Masa kita mau hidup kita ditentuin sama gerak gerik hewan dan tumbuhan?
Apalagi sama benda mati.
2. Kehendak Bebas
Hidup kita ditentuin sama kita sendiri. Bukan orang lain bahkan keadaan apalagi hewan dan tumbuhan. Kita berhak ambil keputusan percaya dan ga percaya sama 1 hal. Apalagi untuk lakuin satu hal.
1 persamaan manusia dengan Tuhan adalah kehendak bebas. Tuhan ga pernah maksa manusia percaya sama Dia. Tapi kalo kita bisa percaya karna punya pengertian itu keren banget.
Manusia aja ga bisa maksa saling percaya. Tapi kalo ada yang percaya sama kita. Kita bakal sangat seneng dan akan kasih timbal balik lebih.
Manusia aja gitu apalagi Tuhan.
Kembali ke laptop …
Jadi … apapun yang kita jadiin pertimbangan untuk lakuin sesuatu.
Landasin sama hal yang bernilai lah. Jangan hal receh.
Liat dulu baru percaya itu cukup adil sih.
Tapi … hal ini ga berlaku sama sekali untuk false belief / mitos.
Berbahagialah yang ga melihat, tapi percaya.
Angin, bau, dan rasa udah cukup mewakili sih. Percaya tanpa liat.
Kalo udah sampe pada titik ini.
Kita perlu tau …
Cara atasi false belief
1. Saring semua info yang diterima
Bedain mana fakta dan isu / asumsi.
Terima / cari berita positif dan tolak berita negatif.2. Objektif itu wajib
Objektif = realistis, masuk akal, dapat diterima, dan “teruji”.3. Selalu berlandaskan sama bener dan salah
Bener ya bener dan salah ya salah.
Meski salah menguntungkan dan bener merugikan.
Soal percaya ato ga sama segala sesuatu perlu selalu kita letakin diatas pondasi iman sih.
#
Iman = dasar dan bukti
Dasar segala sesuatu yang kita harapin
Bukti dari segala sesuatu yang ga kita liat.
#
Semoga bermanfaat.
Senang bisa berbagi.
Sebelum mandi kita gogok gigi
Ini aturan dokter bukan kyai
Ayo duduk coba kita renungi lagi
Mitos apa yang masih kita percayai
Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
wikipedia.org dibuka pukul 05:29 WIB pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.