Yuk Cari Tau ! Desa Panglipuran dan Segala Daya Tariknya

Yuk Cari Tau ! Desa Panglipuran dan Segala Daya Tariknya

Salam #MasBro #MbakBro

Kamu sudah tau belum daya tarik dari Desa Panglipuran ?

Desa Panglipuran, siapa yang belum tau desa asri yang satu ini? Desa panglipuran ini adalah  salah satu desa adat yang ada di Bali, Kabupaten Bangli. Desa yang satu ini udah jadi primadona pariwisata di Bali. Udah pasti tidak tanpa alasan, karena Desa Panglipuran ini punya banyak banget daya tarik. Mau tau apa aja? Yuk simak !! 

Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

  1. Dinobatkan Sebagai Desa Terbersih di Dunia 
    Desa Panglipuran ini jadi salah satu desa yang dinobatkan sebagai salah satu desa terbesih di dunia. Karena kebersihan dan kerapiannya, desa ini berhasil menyabet beberapa penghargaan kalpataru, ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) di tahun 2017. Yang terbaru, desa ini berhasil masuk ke dalam Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation. 

    Kalau kamu mengunjungi desa ini, kamu dilarang untuk membawa kendaraan bermotor. Ini dilakukan supaya desa ini terbebas dari polus. Selain itu kamu juga dilarang untuk buang sampah sembarangan dan juga sudah disediakan tempat sampah setiap 30 meter. Jadi gaada lagi deh alasan kamu untuk buang sampah sembarangan.  
  2. Tata Ruang Desa Berkonsep Tri Mandala
    Tata ruang dari Desa Panglipuran ini mengusung konsep Tri Mandala, megingat desa ini juga merupakan desa adat yang masih menjunjung nilai luhur. Konsep Tri Mandala ini merupakan konsep dimana tata ruang desa dibagi jadi tiga wilayah utama. Diantara lain Utama Mandala, Madya Mandala, dan juga Nista Mandala. 

    Pembagian wilayah ini dilakukan dari paling utara sampai paling selatan. Ada Utama Mandala di wilayah paling utama. Wilayah ini adalah wilayah suci atau tempat para dewa, disini lah tempat ibadah didirikan. Wilayah Madya Mandala berada di paling tengah. Madya Mandala ini merupakan pemukiman penduduk, dimana rumah penduduk dibangun berjajar di sepanjang jalan utama. Sementara itu pada bagian selatan ada Nista Mandala, yaitu tempat khusus untuk pemakaman penduduk. 
  3. Hutan Bambu Yang Menjadi Pelindung Desa

    Baca Juga :Kamu Harus Tau!! Kenapa Senyum Itu Bisa Buat Kamu Sehat
    Tau ga kamu, ternyata hutan bambu di Desa Panglipuran ini mencapai 40 atau 45 hektare dari luas keseluruhan Desa Panglipuran lho. Hutan bambu ini terus dijaga sampai sekarang sebagai bentuk dari pelestarian warisan dari para leluhur dan wujud nyata dalam menjaga keseimbangan antara manusia dan alam. Selain itu hutan bambu juga berfungsi untuk kawasan resapan air. Itu sebabnya hutan bambu ini sering disebut sebagai hutan pelindung desa. 
  4. Punya Ritual Keagamaan Yang Terus Dilakukan di Pura Luhur Panglipuran
    Salah satu ritual besar yang biasa dilakukan adalah Ngusaba. Biasanya Ngusaba ini dilakukan untuk menyabut Hari Raya Nyepi. Selain itu juga, masyarakat akan datang ke Pura Penataran untuk sembahyang setiap 15 hari sekali. 
  5. Kuliner Unik Loloh Cemcem dan Tipat Cantok
    Kalau jalan-jalan di Indonesia, ga lengkap kalau belum cobain kuliner khas dari daerah yang dikunjungi. Nahh Desa Panglipuran juga punya kuliner khas lho. Lohloh cemcem adalah minuman khas yag terbuat dari daun cemcem atau daun kloncing yang punya khasiat melancarkan pencernaan. Sedangkan tipat cantok adalah makanan berat yang berisi ketupat dan sayuran rebus serta disiram dengan bumbu kacang. 
  6. Panglipuran Village Festival
    Desa Panglipuran ini punya festival budaya yang disebut dengan Panglipuran Village Festival. Festival ini biasanya dilaksanakan pada akhir tahun dengan banyak kegiatan beragam. Mulai dari parade pakaian adat Bali, Barong Ngelawang, parade seni budaya, dan banyak lomba lainnya. 

Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

Nahh gimana? Sudah tau kan daya tarik unik dari Desa Panglipuran. Gimana, jadi mau berkunjung ke Desa Panglipuran? Yuk kita liburan ke Desa Panglipuran dengan tetap patuhi protokol kesehatan ya. 

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Adakah daya tarik Desa Panglipuran lainnya?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada daya tarik Desa Panglipuran yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Indonesia travel dibuka pukul 15.40 WIB pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Yuk Cari Tau ! Desa Panglipuran dan Segala Daya Tariknya, Desa Panglipuran, desa budaya, desa terbersih, ISTA, kalpataru, hutan bambu, ritual agama, Ngusaba, kuliner, loloh cemcem, tipat cantok, panglipuran village festival, 

Comments

Leave a Reply