Murah boleh
Jangan murahan
Masih Ada Hotel Murah di Jakarta?
Luka hati bertambah parah
Kalo logika cari jalan pintas
Jangan asal cari yang murah
Sampe lupa nanti sama kualitas
Hai #MasBro / #MbakBro
Tinggal dimana?
Sekitaran Jakarta? Jakarta Utara, Pusat, Selatan, Barat, Timur.
Tau ga banyak orang yang nyari hotel murah di Jakarta Barat. Karna Jakarta Barat sangat strategis, banyak jaringan transportasi yang terintegrasi dan memudahkan mobilitas pagi kita-kita yang beraktifitas.
Transportasi yang ada disekitar Hotel Jakart barat adalah :
1. 12 stasiun kereta;
2. 4 terminal;
3. Transjakarta koridor 12, 9, 8, 3, 1.
Rangkaian transportasi umum ini bakal mudahin kita dalam mobilitas sehari hari.
Selain bepergian untuk keperluan bisnis, hotel murah di Jakarta Barat juga dicari oleh para pelancong. Banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah sempatin datang ke Jakarta untuk berlibur. Biasanya pada main ke Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Gedung Arsip Nasional, Museum Seni Rupa, ato China Town di Glodok.
Nah kalo gini kan biasanya lebih suka sama kamar hotel yang murah untuk menginap cantik / ganteng tapi hemat.
Nyari Penginapan Murah? Hotel Murah di Jakarta Barat Harga Mulai 100 Ribuan
Mengingat letak Jakarta Barat yang strategis, tentu aja sebagian besar hotel disana pasti mahal dan akan menguras kantong.
Tenang aja, sebenernya hotel murah di Jakarta Barat juga banyak kok. Hotel-hotel itu nawarin servis bagi para backpacker. Berbagai kamar nawarin pelayanan sesuai harga. Kalo kita ga mentingin servis, kita juga bisa nginep di hotel melati yang cukup murah untuk kantong backpacker.
1. Royal City Hotel
Alamat : Jalan Tomang Raya no 88, Grogol Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 270.000 per malam
Nomor Telepon : (021) 3500718
Map : klik disini
Hotel Royal City terletak hanya 1.5KM dari Stasiun Tanah Abang membuat kita yang dari luar kota mudah mengaksesnya. Dari Rumah Sakit Abdi Mulyo juga hanya berjarak 3.1KM. Harga hotel ini 270.000 per malam, kita akan dapat fasilitas lengkap standar hotel ber bintang dan servis excellent. Alamat hotel terletak di Jalan Tomang Raya no 88, Grogol Jakbar.
Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja : Jika Ingin Merasain Dinginnya Jogja, Datanglah ke Kaliurang
2. Maxley Hotel Arjuna
Alamat : Jalan Arjuna Utara No 32, Petamburan Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 300.000an per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Hotel yang satu ini memang dikhususin bagi yang suka plesiran ato sedang bisnis trip.
Kenapa?
Harga kamar yang sekitar 300 ribuan, tentu aja ga akan nguras kantong kita, ada sekitar 36 kamar disana dengan fasilitas lengkap seperti sandal, full AC, akses internet gratis di tiap sudut hotel, peralatan mandi, cermin dan restoran. Alamat hotel ini di Jalan Arjuna Utara No 32, Petamburan Jakarta Barat.
3. Hotel Fits Harapan Kita
Alamat : Jalan Letjen S.Parman Kavling 37 Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 371.000 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Mau hotel yang lebih elit tapi murah?
Untuk yang mau sedikit nikmatin nginep di hotel yang sedikit lebih bagus. Kita bisa nyoba bermalam di fits hotel ini. Berkelas bintang 3, 4 lantai dengan 85 kamar tidur tentu buktiin hotel ini memiliki kualitas servis yang bagus, free WIFI dan ramah. Dengan fasilitas Lengkapnya, kita bisa memesan di kisaran harga 371.000,00/ malamnya, tentu ga terlalu mahal bagi para pebisnis muda. Hotel ini terletak di JL. Letjen S.Parman Kavling 37 Jakarta Barat.
Baca Juga : 27 Tempat Wisata yang dianjurin Untuk Dikunjungi di Pulau Jawa
4. Harvia Suites
Alamat : Jalan Perjuangan No 63, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 479.000 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Untuk hotel murah di Jakarta Barat, Harvia Suites ini nawarin layanan bintang 4 dengan kapasitas 16 kamar tidur. Untuk fasilitas sangat lengkap tersedia, seperti parkir mobil gratis, kedai kopi di setiap sudut, dan free WIFI.
Ada juga akses kursi roda bagi penyandang disabilitas. Keren ga tuh?
Nah ada toko dan layanan kebersihan yang mudah dijangkau.
Kalo di kamar tidur, kita akan dimanjain dengan free WIFI, AC, microwave TV, telpon kabel gratis. Hotel dengan fasilitas dan layanan seperti itu, kita bisa dapatin hanya dengan 479.000 ribu rupiah per malam. Lokasinya terletak di Jalan. Perjuangan No 63, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
5. Aston Hotel & Conference di Cengkareng City
Alamat : Jalan Mutiara Taman Palem Bloc C No 1 Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. … per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Lagi nyari hotel murah di Jakarta Barat di sekitaran Cengkareng, hotel berkelas bintang tiga ini cukup recommended. Letak yang strategis tentu aja menjadi alasanya. Karna kita cukup menempuh waktu sekitar 30 menitan dari Bandara.
Hotel ini mempunyai kapasitas 156 kamar tidur. Di dalamnya ada fasilitas lengkap ala hotel berbintang, seperti full AC, free WIFI, TV. Ada juga kedai kopi dan restoran di dalam hotel, botol minuman gratis. Hotel ini terletak di Jalan Mutiara Taman Palem Bloc C no 1 Jakarta Barat.
6. Hotel Augusta Cengkareng
Bagi #MasBro / #MbakBro yang ga lama di Jakarta, tentu aja hotel murah di Jakarta Barat ini menjadi pilihan karna harganya yang terjangkau. Tempat ini hanya bisa menampung 5 kamar tidur, namun meskipun begitu, pelayanannya cukup baik.
Fasilitas dasar hotel seperti akses internet gratis, AC dan televisi tetap kita dapatin dengan harga yang murah yaitu 215 ribu rupiah per malamnya. Area parkir mobil juga akan di sediain gratis.
Kan jarang-jarang tuh ada parkir gratis.
Augusta Hotel berlokasi di Jalan Lingkar Luar Barat Cengkareng, Jakarta Barat, disamping Polsek pas.
7. Business Hotel Tomang
Alamat : Jalan Raya Tomang no 51, Petamburan Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 227.000 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Hotel murah di Jakarta Barat ini berbintang tiga, dengan harga yang cukup terjangkau. Kita akan dapat fasilitas lengkap khas hotel business ber bintang dengan servis memuaskan. Dengan lokasi yang cukup strategis yaitu hanya berjarak 1.49KM dari Stasiun Tanah Abang, hotel ini nawarin accesibilitas yang cukup bagus. Hotel ini juga ga jauh dari Slipi Jaya dan Mall Taman Anggrek, sehingga kita bisa belanja kebutuhan dengan mudah.
Fasilitas seperti kamar full AC, akses internet gratis, ada meja tulis di setiap kamar, televisi mesin pembuat kopi dan peralatan mandi lengkap. Ada juga restoran di hotel, parkir mobil juga cukup luas. Alamat hotel terletak di Jalan Raya Tomang no 51, Petamburan Jakarta Barat. Harga kamar tiap malamnya berkisar 227.000 per malamnya.
8. Everyday Smart Hotel
Alamat : Jalan Mangga Besar Raya No 20 Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 257.000 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Dari Stasiun Mangga Besar, hotel ini berjarak kurang dari 1KM. Kalo mau ke berbagai objek wisata sangat dekat seperti Candra Naya dan Museum Arsip Nasional. Hotel bintang 2 ini mempunyai 93 kamar tidur dengan fasilitas standar hotel berbintang. Terletak di Jalan Mangga Besar Raya No 20 Jakarta Barat. Kamar mulai 257.000 rupiah per malam.
9. Suba Hotel
Alamat : Jalan Daan Mogot no 35 Duren Utara, Petamburan Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 231.000 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Dari bandara hanya berjarak sekitar 13KM tentunya sangat strategis kalo dari luar kota. Berlokasi di Jalan Daan Mogot no 35 Duren Utara, Petamburan Jakarta Barat nawarin harga 231.000 ribu rupiah per malamnya. Hotel berbintang satu namun memiliki fasilitas seperti AC, free WIFI dan tempat parker gratis.
10. Airy Eco Syariah Tanjung Duren Utara Manggis Dua 2A Jakarta
Alamat : Jl. Manggis 2 No. 2A, Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat, Indonesia
Harga Sewa : Rp. 164.000 per malam
Nomor Telepon : 0804-111-2479
Map : Klik Disini
Airy Tanjung Duren Utara Manggis Dua 2A ini terletak ga jauh dari tempat-tempat lokal paling menarik menarik seperti berjarak 4,3 km dari Museum Nasional Indonesia dan 5 km dari Sarinah.
Di setiap kamar hotel kita bisa disambut sama furniture meja, TV, dan kamar mandi pribadi.
Sumber Gambar traveloka.com
11. Airy Jelambar Barat Dua 35 Jakarta
Alamat : Jl Jelambar Barat II D No. 35 11460, Jakarta Barat, 11460 Indonesia
Harga Sewa : Rp 164.000 (1 double) / Rp 156.300 (1 single) / malam
Nomor Telepon : 08041112479
Map : Klik Disini
Airy Jelambar Barat Dua 35 Jakarta nawarin bagusnya pemandangan kota Jakarta.
Jaraknya 3,3 km ke Mall Central Park (CP) dan kalo ke Taman Monas dan Dunia Fantasi 6 km. Kalo mau ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta jaraknya cuma 14 km.
Alamat : Jalan Mangga Besar Raya Nomor. 5N, Jakarta Barat, 11180 Indonesia
Harga Sewa : Rp 165.000 per malam
Nomor Telepon : 0816-852-073
Map : Klik Disini
Kalo mau berwisata dengan fasilitas free WiFi?
Dapatlah di hotel ini. Tapi bukan itu nilai lebihnya.
Orienchi Room lokasinya strategis.
Jarak cuma 3,1 km dari Dunia Fantasi ato Jakarta International Expo – JIExpo. Mau ke Taman Monumen Nasional (Monas)? Cuma 3 km kok.
Mau belanja ke Mangga Dua Square? 1,9 km aja
Apalagi? Museum Nasional Indonesia? Dari Penginapan Orienchi Room cuma 2,9 km.
13. Wisma Prima
Penginapan ini ga susah kok ditemukan kalo ke Mangga Besar.
Soal fasilitas udah dilengkapi fasilitas lemari, meja dan kursi, air panas, dan wastafel. Wisma Prima selain disewain harian juga disewain bulanan loh.
Airy Eco Syariah Jelambar Hadiah Dua 1159 A Jakarta punya fasilitas yang maksimal. Masing-masing unit di hotel ini dilengkapi TV.
Dan … kita akan mendapati peralatan mandi gratis di dalam kamar mandinya. Kita juga bisa nikmatin WiFi gratis.
15. The Grand Palace Resident
Alamat : Jalan Tomang asli No. 35, RT 007/RW 003, Kelurahan Jati Pulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp 175.000 per malam
Nomor Telepon : (021)39501530
Map : Klik Disini
Ada area taman di The Grand Palace Resident. Di taman ini kita bisa liat pemandangan kota, teras, dan akses Wi-Fi gratis. Kita akan nemuin berbagai fasilitas memadai di setiap kamarnya meliputi area tempat duduk, TV satelit layar datar, AC dan lemari.
Kamar mandinya udah pake shower lengkap dengan peralatan mandi gratis.
16. Airy Eco Syariah Duri Kosambi Interkota Indah Blok C4 Jakarta
Alamat : Interkota Indah Blok C4 Nomer 18, Duri Kosambi 11620, Jakarta Barat, 11620 Indonesia
Harga Sewa : Rp 187.000 per malam
Nomor Telepon : 08041112479
Map : Klik Disini
Tenang untuk urusan adem-ademan, Airy Eco Syariah Duri Kosambi Interkota Indah Blok C4 Jakarta udah ada ACnya.
Kamar di Airy ini udah dilengkapi meja, TV, dan kamar mandi pribadi dengan shower serta peralatan mandi gratis. Soal jarak kalo mau ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta jaraknya 9 km.
Alamat : Jalan Mangga Besar 2 No. 6i, Jakarta Barat, Indonesia
Harga sewa : Rp 172.391 (1double) & Rp 189.000 (1double besar) / malam
Nomor Telepon : 021 22681921
Map : Klik Disini
ENV Room adalah hotel bintang 2 dengan WiFi gratis. Mau ke Mangga Dua Square jaraknya cuma 1,8 km. Mau ke Taman Monas, Museum Nasional Indonesia, dan Jakarta International Expo? Cukup 2,8 km.
Resepsionis siap memberi panduan selama 24 jam demi kebersihan, kenyamanan dan keamanan kita.
Alamat : Jalan Mangga Besar Raya No. 38 AS, Tamansari, Jakarta Barat, Indonesia
Harga sewa : Rp 200.600 per malam
Nomor telepon : (021)6592949
Map : Klik Disini
Mau check-in dan check-out kilat?
Ya OYO 131 New MG Hotel jawabnya.
Karna kalo kamar, teras, akses Wi-Fi gratis, serta lounge bersama kan biasanya udah dapet dong.
Siap-siaplah dilayani 24 jam. Suka makanan bukan Indonesia?
Tenang restorannya sediain makanan Amerika kok. Semua kamar di hotel udah ada TV layar datar.
Alamat : Jalan Prof. Dr, Jalan Latumenten 3 No. 38, Jakarta Barat, Indonesia
Harga sewa : Rp 197.600 per malam
Nomor telepon : 0878-7574-2150
Map : Klik Disini
Sky Residence Jelambar Jakarta jaraknya cuma 5 km dari Taman Monumen Nasional (Monas). Mall Central Park (CP) jaraknya cuma 1,9 km. Mau main ke Museum Nasional Indonesia ato belanja ke Pusat Grosir & Tekstil Tanah Abang?
Jaraknya cuma 4,1 km loh.
Suka main game ato berselancar di dunia maya?
Hotel ini udah ada WiFi gratis loh.
20. Sky inn glodok 1 jakarta
Alamat : Jalan Kemurnian V Nomer 5B RT/RW 01/04, Taman Sari, Glodok, Jakarta Barat, 11120 Indonesia
Harga sewa : Rp 89.000 (1 tempat tidur tingkat) dan Rp 98.000 ( 1 single bed)
Nomer telepon : 0822-5886-6190
Map : Klik Disini
Sky Inn Glodok 1 Jakarta ini berjarak 3 km dari Dunia Fantasi, 3,4 km dari Museum Nasional Indonesia, serta 3,6 km dari Taman Monas dan Jakarta International Expo – JIExpo. Bandara terdekat dengan akomodasi ini ialah Bandara Halim Perdanakusuma yakni sekitar 15 km.
21. Sky Inn Mangga Besar 1 Jakarta
Alamat : Jalan Mangga Besar II No 6A-6B, Kel. Taman Sari, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 216.500 per malam
Nomor Telepon : 0812-6822-133
Map : Klik Disini
Sky Inn Mangga Besar 1 jaraknya cuma 1,7 km dari Mangga Dua Square. Kamar yang ditawarin dilengkapi AC dan meja. Sama seperti hotel-hotel lainnya kamar mandi pribadinya udah ada perlengkapan mandi gratis.
Akomodasi ini dikelilingi tempat-tempat lokal yang mebnarik seperti berjarak 2,6 km dari Jakarta International Expo – JIExpo dan 2,8 km dari Taman Monas.
Mau main ke Museum Nasional (Munas) Indonesia?
Cuma 2,8 km kok. Mau bersenang-senang ke Dunia Fantasi (DuFan) juga deket cuma 3 km.
22. Feodora Hotel Mangga Besar
Alamat : Jl Mangga Besar IV No. 180, Taman Sari, Jakarta Barat, Jakarta
Harga Sewa : Rp. 218.000 per malam
Nomor Telepon : 022162203636
Map : Klik Disini
Feodora Hotel Mangga Besar ada di kawasan bisnis Jakarta. Deket juga ke tempat belanja murah meriah ITC Mangga Dua karna cuma 15 menit naik kendaraan.
Ga hanya sediain Wi-Fi gratis, hotel ini juga punya layanan memuaskan lain diantaranya :
1. Restoran Indonesia;
2. Pijat;
3. Layanan 24 jam;
4. Penyewaan mobil
5. Binatu dan dry cleaning.
Kamar udah tentu harus ber AC dan TV kabel layar datar dong ya. Oh iya shower hanya ada di Kamar mandi en suite ya.
23. Glory Mansion Resident
Alamat : Jalan Tanjung Duren Timur Raya No.3, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 220.000 per malam
Nomor Telepon : (021)60774376
Map : Klik Disini
Suka nongkrong di taman dan teras apalagi kalo ada Wifi gratis. Semua unit kamar ada meja, kamar mandi pribadi, & area tempat duduk. Nah Glory Mansion Resident sediain itu.
Mau belanja cantik ke Mall Central Park (CP) jaraknya 5 km. Mau liat yang berbau sejarah perlu 6 km ke Museum Nasional Indonesia
24. Airy Ruko Kalideres Indah Dua B8 Jakarta
Alamat : Ruko kalideres indah 2 No B8 11840, Jakarta Barat, Jakarta
Harga Sewa : Rp 217.500 per malam
Nomor Telepon : 08041112479
Map : Klik Disini
Kamar-kamar dengan meja, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi adalah fasilitas wajib di Airy Ruko Kalideres Indah Dua B8 Jakarta.
Tau Bundaran HI kan? Jaraknya 14 km dari kamar Airy ini.
Kalo mau ke Bandara Soekarno Hatta cuma 6 km aja.
25. Indo Guesthouse
Alamat : Jalan Anggrek Nely Murni No A9 kelurahan kebon jeruk di Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp 200an per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Kalo kita nyari kamar hotel yang murah dan dekat dengan stasiun, tempat ini sangat cocok untuk kita. Selain dekat stasiun, hotel murah di Jakarta Barat yang satu ini juga dekat dengan Bandara International Soekarno Hatta yang hanya perlu waktu sekitar 45 menit.
Tentu aja rangkaian transportasi ini mudahin bepergian, terutama untuk keperluan bisnis. Dengan harga permalam sekitar 200 ribuan, kita akan mendapat kamar sekelas hotel bintang 2.
Tersedia sebanyak 50 kamar dengan fasilitas lengkap full AC, free WIFIm TV dan perlengkapan untuk mandi. Ada juga ruang untuk keluarga dan taman untuk sekedar relaksasi. Hotel sekelas bintang 2 ini terletak di JL. Anggrek Nely Murni No A9 kelurahan kebon jeruk di Jakarta Barat.
26. RedDoorz
Alamat : Jalan Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp. 143.576 per malam
Nomor Telepon : …
Map : …
Hotel murah di Jakarta Barat ini lokasinya strategis, hanya dengan menempuh 5.39KM sudah sampai di Stasiun Karet. Untuk keperluan medis juga sangat dekat dengan Rumah Sakit Aminah, yang berjarak kurang dari 4KM.
Hotel ini memiliki kapasitas kamar tidur berjumlah 20, fasilitasnya juga lengkap standar hotel pada umumnya seperti full AC dan free WIFI di sertai pelayanan yang ramah. Kita juga akan diberi air minum botol gratis dan peralatan mandi yang bersih. Tarif kamar cukup terjangkau yaitu Rp. 143.576,00 per malam. Alamatnya di JL. Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
27. Wisma Niaga
Alamat : Jl. Pasar Pagi I No. 20, RT 6/RW 1, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp 150an per malam
Nomor Telepon : (021) 6904803.
Map : …
Wisma Niaga sewain kamar harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tarifnya berkisar mulai dari
1. Rp 150.000 harian;
2. Rp 720.000 mingguan;
3. Rp 1.700.000 bulanan;
4. Rp 18.000.000 tahunan.
Di Wisma Niaga udah dilengkapi fasilitas
1. AC;
2. Koneksi internet;
3. Parkir basement;
4. kamar mandi dalam.
28. Wisma Nely Murni Guesthouse
Alamat : Murni berada di Jl. Anggrek Nely Murni No. A-9, Kemanggisan, Jakarta Barat, 11480
Harga Sewa : Rp 210.000 per malam
Nomor Telepon : (021) 5493927
Map : …
Wisma Nely Murni Guesthouse sediain 3 tipe kamar yaitu :
1. Standard Room Rp 210.000 per malam;
2. Superior Room Rp 375.000 per malam;
3. Family Room Rp 475.000 per malam.
Fasilitas Wisma Nely Murni Guesthouse ada
1. Layanan kamar 24 jam;
2. Area parkir;
3. Laundry;
4. Resepsionis 24 jam;
5. WiFi di area umum;
6. Kafe, restoran, kopi/the di lobi;
7. Ruang keluarga.
29. Wisma Esa
Alamat : Jalan Husein Sastranegara, Rawa Bokor, Jakarta Barat, 15125
Harga Sewa : Rp 235.000 per malam
Nomor Telepon : (021) 29448431.
Map : …
Bahas soal fasilitas, kita mulai dengan sarapan gratis. Ada area parkir luas, WiFi di area umum, ruang TV, dan jasa antar-jemput bandara.
Sayangnya internet belum ada dikamar ya.
30. Wisma Rimadi
Alamat : Jalan Anggrek Neli Murni Blok C No. 11, RT 10/RW 1, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Kemanggisan, Slipi, Jakarta Barat
Harga Sewa : Rp 275an per malam
Nomor Telepon : (021) 5493915.
Map : …
Wisma Rimadi ada 3 tipe kamar yaitu:
1. Kamar standar Rp 275.000 / malam;
2. Deluxe Room Rp 300.000 / malam;
3. VIP Room Rp 400.000 / malamnya
Setiap kamar itu udah ada fasilitas sarapan gratis. Selain itu, hotel ini udah lengkap dengan TV, AC, area parkir, kafe, restoran, layanan kamar, dan akses internet.
Mau tau lebih?
Coba berkunjung langsung deh.
#
Rumah ku instanaku
#
Semoga bermanfaat.
Senang bisa berbagi.
Sesusah apapun itu #MulaiAjaDulu
Masalah ga selesai pake menggerutu
Biarin imajinasi terbang kayak bulu
Karya nyebar kemana dibantu waktu
Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
gotravelly.com/blog/hotel-murah-di-jakarta-barat/ dibuka pukul 09:56 WIB pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2019
jejakpiknik.com/hotel-murah-di-jakarta-barat/ dibuka pukul 17:00 WIB pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2019
penginapan.net/daftar-lengkap-wismapenginapan-murah-di-kawasan-jakarta-barat/ dibuka pukul 18:14 WIB pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2019
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.