27+ Cara Merawat Laptop

27+ cara merawat leptop

 

Gimana Sih Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama?

Liburan ke gunung Bromo
Dibekali mie instan satu paket
Halo Mas Bro dan Mbak Bro
Udah tau cara laptop biar awet?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Punya laptop dong?

Mayoritas tiap orang sekarang udah punya barang elektronik yang bernama laptop. Laptop udah menjadi barang yang wajib harus dimiliki. Laptop merupakan salah satu produk hasil dari perkembangan teknologi dan informasi. Karna kita semua tau setiap aspek kehidupan sekarang ini ga bisa terlepas dari yang namanya teknologi dan informasi.

Kecanggihan perkembangan teknologi dan informasi mempermudah orang-orang untuk melakukan pekerjaannya. Dengan sebuah laptop murah berkualitas kita bisa mengerjakan hal-hal apapun yang bermanfaat. Kita bisa membuat tulisan atau artikel, mengakses internet, memasarkan produk, dan lain sebagainya.

Gimana Sih Biar Laptop Awet?

Sama dengan barang-barang lainnya, laptop juga butuh perawatan. Perawatan laptop bertujuan untuk menjaga supaya laptop awet. Mas Bro dan Mbak Bro udah tau cara merawat laptop dengan baik?

Berikut kami berikan 27 tips merawat laptop.

Sumber Gambar acerid.com

1.Selalu Bersihkan Laptop dari Kotoran

Laptop sangat rentan terkena kotoran seperti debu halus. Debu-debu halus tersebut bisa mengotori setiap komponen pada laptop. Jika tidak sesering mungkin dibersihkan, kotoran ato debu-debu tersebut akan mengendap. Endapan kotoran inilah yang bisa buat laptop cepat rusak.

Ada dua bagian laptop yang harus selalu Mas Bro dan Mbak Bro bersihkan. Pertama, yaitu bagian layar laptop. Dan yang kedua adalah bagian papan ketik.

Baca Juga
1. 
Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia
2.  
Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita

Membersihkan bagian layar laptop bisa dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Caranya, semprotkan cairan tersebut ke tisu atau kain bersih. Setelah itu usapkan tisu ato kain tersebut merata ke permukaan layar.

Cara merawat laptop dari kotoran selanjutnya yaitu membersihkan papan ketik. Pembersihan keyboard bisa dengan menyemprotkan udara ke sela-sela papan ketik. Kemudian, gunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran-kotoran halus di dalam sela-sela papan ketik tersebut.

Baca Juga : Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

Sumber Gambar plimbi.com

2.Hindari Makan atau Minum Deket Laptop

Hayo ngaku siapa yang suka minum, makan, ato ngemil di dekat laptop? Jangan anggap remeh ya Mas Bro, karna kebiasaan tersebut beresiko pada laptop kalian.

Minum di dekat laptop beresiko terjadinya tumpahan air minum. Tumpahan tersebut bisa menyebabkan rusak rusak, karna komponen di dalam basah kena tumpahan. Sebaiknya jangan minum di dekat laptop. Dan letakkan air minum jauh dari dari laptop.

Sementara kalo kita makan ato ngemil dekat laptop, remahan makanan tersebut bisa jatuh ke sela-sela tombol papan ketik. Akibatnya tombol ga bisa berfungsi ato macet saat digunakan.

Sumber Gambar urbandigital.id

3.Bawa Laptop Pake Tas Khusus Laptop

Cara merawat laptop supaya awet lainnya adalah dengan mambawa laptop dengan tas khusus. Tas khusus laptop udah di desain agar bisa membawa laptop kemanapun secara praktis dan aman.

Tas khusus laptop emang bisa merawat laptop dengan baik dan menghindarkan dari kerusakan. Misalnya, tas laptop bisa menjaga laptop dari benturan. Karna tas laptop udah dilengkapi dengan bantalan khusus  yang akan melindungi laptop.

Kegunaan lain dari tas laptop yaitu bisa menghindarkan laptop dari air hujan. Tas laptop yang baik udah dirancang agar anti air. Walaupun hujan, laptop ga akan basah di dalam tas laptop.

Sumber Gambar karyaguru.com

4.Hindari Pemakaian Terus-Menerus

Maksudnya, jangan gunakan laptop berlama-lama. Pemakaian yang terus-terusan tanpa berhenti akan membuat laptop jadi panas. Akibatnya umur pakai laptop jadi pendek alias ga awet.

Cara merawat laptop agar awet itu sebenernya ga susah-susah amat. Cukup biasakan jangan sering terlalu lama menggunakan laptop sampe berjam-jam tanpa jeda. Biasanya penggunaan laptop terlalu lama karna ngerjain tugas, berselancar di internet, ato sekedar main game laptop.

Sumber Gambar hipwee.com

5.Jangan Letakkan Barang Berat di Atas Laptop

Kadang kita secara ga sadar suka menaruh sesuatu benda di atas laptop kita. Apalagi benda tersebut agak berat, ternyata ga boleh Mas Bro dan Mbak Bro. Karena benda-benda berat yang diletakkan di atas laptop bisa bikin layar rusak. Oleh karna itu, mulai sekarang hindari menaruh benda berat di atas laptop ya.

Sumber Gambar blogqlapa.com

6.Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur

Cara merawat laptop dengan baik lainnya adalah jangan menggunakan laptop di atas kasur. Bagi kalian yang belum tau, kasur terbuat dari bahan yang sifatnya menyerap panas. Saat laptop dinyalakan, ia akan membuang panas. Otomatis panas tersebut langsung diserap oleh kasur.

Meletakkan maupun menggunakan laptop di atas kasur dalam kondisi menyala sangat bahaya. Laptop bisa cepat rusak karena kepanasan. Selain itu kasur bisa terbakar dan membahayakan jiwa penggunanya. Akan lebih baik kalo dari sekarang mulai tinggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Sumber Gambar tangerangnet,com

7.Jangan Menggunakan Laptop di Ruangan Bersuhu Tinggi

Membuat laptop awet bisa kita usahakan, asalkan kita tau tips merawat laptop. Salah satunya, jangan menggunakan laptop di ruangan yang suhunya panas ato tinggi. Mengapa? Suhu panas di dalam ruangan bisa merusak komponen-komponen di dalam laptop.

Sumber Gambar reviewlaptop-id,com

8.Isi Ulang Baterai Laptop Sebelum Nol Persen

Berbeda dengan cara merawat komputer, laptop harus segera di isi ulang sebelum baterai kosong. Menunggu laptop sampai mati alias baterai nol persen akan memberikan efek buruk. Efek buruknya baterai akan cepat habis ato boros.

Untuk menghindari baterai boros, sebaiknya segeralah isi ulang baterai laptop sebelum benar-benar habis. Mungkin saat baterai laptop masih menyisakan 20% atau 15%, sebaiknya segera colokkan charger ke laptop kamu.

Sumber Gambar lawumedia.com

9.Jangan Letakkan Alat Elektronik Di Dekat Laptop

Meletakkan alat-alat elektronik yang mengandung listrik di dekat laptop akan menimbulkan munculnya medan magnet. Medan magnet tersebut akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam laptop. Untuk mencegah kerusakan pada komponen laptop, jauhkan benda-benda elektronik. Contohnya, smartphone, handphone, televisi, radio, dan sebagainya.

Sumber Gambar krisna18.xyz

10.Jangan Letakkan Laptop Di Lantai

Meletakkan laptop di lantai sebenernya adalah tindakan ceroboh. Meskipun kita masih sering melakukannya hal tersebut. Banyak resiko ketika laptop kalian taruh di lantai. Diantaranya debu bisa masuk ke bagian dalam laptop, terinjak, dan lain-lain. Hindari meletakkan laptop di lantai kalo pengen laptop awet.

11.Jangan Bawa Laptop Ke Toilet

Bermain laptop entah itu buat internetan, nonton film, atau main game laptop emang mengasyikkan. Bahkan kita bisa sampe lupa waktu dan tempat. Meskipun main laptop mengasyikkan tapi jangan sampai ke toilet pun sampe bawa laptop. Bisa aja kan pas di toilet laptop terjatuh ato kena air, laptop bisa rusak.

12.Atur Kecerahan Layar

Mengatur tingkat kecerahan layar ato LCD layar juga turut membantu keawetan laptop terutama baterai. Pengaturan kecerahan layar yang terlalu cerah membuat baterai laptop jadi lebih boros. Sebaiknya atur kecerahan dalam skala normal, jangan terlalu cerah dan juga jangan terlalu redup. Kalo terlalu redup akan merusak mata kita, karna kita ga bisa melihat secara jelas pada layar.

Sumber Gambar bacatekno,com

13.Copot Perangkat Eksternal Yang Ga Penting

Perangkat eksternal ato perangkat keras seperti USB flash drive, hard disk eksternal, modem, dll sebaiknya segera copot kalo ga digunakan. Membiarkan perangkat tersebut tertancap di laptop akan membuat daya baterai cepat terkuras. Segera copot ato eject perangkat eksternal setelah selesai digunakan.

Penggunaan wifi termasuk ke dalam penggunaan perangkat eksternal. Saat kita menggunakan fasilitas seperti Wi-fi baterai laptop juga akan cepat terkuras. Sama dengan perangkat eksternal lainnya, sebaiknya matikan Wi-fi kalo ga kita gunakan. Itu akan membuat baterai maupun laptop lebih awet.

14.Letakkan Laptop Di Permukaan Rata

Di dalam laptop ada sebuah komponen yang menyerupai seperti piringan. Piringan yang letaknya di hard disk akan berputar kalo laptop dalam keadaan menyala ato sedang digunakan. Piringan tersebut akan berputar lebih cepat kalo kita membuka aplikasi tertentu dalam laptop.

Maka, ketika kita sedang menggunakan laptop sebaiknya posisi laptop ga dalam keadaan miring. Usahakan agar meletakkannya di permukaan yang rata. Ini untuk menghindari gesekan antara piringan yang berputar tersebut dengan komponen lain di dekatnya. Yang mungkin terjadi kalo laptop dalam posisi miring.

Gesekan antara piringan hard disk dengan komponen-komponen di dekatnya akan berimbas pada kerusakan seluruh komponen. Jadi sebaiknya taruh ato letakkan laptop di tempat dengan permukaan yang rata. Demi menjaga laptop dari kerusakan.

15.Matikan Koneksi Internet Saat Hujan Petir

Banyak temen-temen kita ato bahkan diri kita sendiri yang suka akses internet saat hujan disertai petir. Padahal saat laptop ato komputer terhubung koneksi internet, jaringan tersebut bisa tersambar petir. Akibatnya bisa fatal, laptop ato komputer kamu bisa mati seketika. Bahkan juga beresiko mengancam jiwa kamu.

Sumber Gambar istanaservice,blogspot,com

16.Gunakan Stabilizer

Kalo kalian menggunakan laptop tanpa memasang baterai gunakanlah stabilizer. Karna menghubungkan laptop langsung ke listrik tanpa perantara baterai sangat beresiko. Kecuali kalo kalian menggunakan stabilizer. Stabilizer berfungsi untuk menjaga kestabilan tegangan listrik.

Jadi saat misalnya tiba-tiba listrik mati padahal laptop langsung terhubung listrik. Laptop tetap stabil ato ga kaget karna udah pake stabilizer. Kalo ga pake stabilizer, laptop akan kaget ketika tiba-tiba listrik mati. Ini akan berpengaruh pada keawetan komponen-komponen di dalamnya.

17.Tutup Program ato Aplikasi Yang Berjalan

Seringkali kali kita ga sadar ato mungkin ga tau kalo masih ada program yang sedang berjalan di background. Suatu program ato aplikasi laptop yang masih berjalan di belakang layar bisa merugikan. Itu dapat membuat baterai lebih cepat habis, performa laptop terasa berat, laptop cepat panas, dll. Apalagi kalo spesifikasi laptop kalian rendah, pasti akan lelet performanya..

Memeriksa program yang aktif di belakang layar adalah satu cara merawat laptop paling gampang. Caranya begini, pertama buka “Windows Task Manager”. Lalu buka tab “Process”, setelah itu pilih aplikasi yang tidak penting. Kemudian klik “End Process” di sudut bawah, udah selesai, sangat mudah kan?

Sumber Gambar infotipsbermanfaat,blogspot,com

18.Gunakanlah Pelindung Untuk Keyboard atau Papan Ketik

Merawat laptop juga berarti merawat semua bagian-bagiannya. Salah satunya keyboard ato papan ketik. Pada papan ketik terdapat celah-celah yang bisa jadi jalan masuk bagi kotoran, debu ato air. Kalo sampe masuk melalui celah-celah tersebut, papan ketik ato komponen di dalamnya bisa terganggu bahkan rusak.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan komponen kita butuh pelindung papan ketik. Dengan pelindung tersebut, kemasukan kotoran atau cairan bisa dicegah. Sehingga papan ketik dan komponen di dalamnya terlindungi. Inilah perawatan laptop yang mudah tetapi membuat laptop jadi awet.

19.Jangan Biarkan Laptop Overheat

Cara merawat laptop agar awet bisa dengan menghindarkan laptop kepanasan ato overheat. Overheat adalah keadaan di mana laptop mengalami panas berlebihan karna pemakaian yang ga wajar. Overheat ato panas berlebihan bisa membuat komponen-komponen laptop jadi aus dan rusak.

Jadi sudah saatnya Mas Bro ato Mbak Bro menghentikan kebiasaan menggunakan laptop selama berjam-jam non stop. Jangan mentang-mentang punya laptop terbaru ato laptop termurah lalu digunakan terus-menerus.

Sumber Gambar yangcanggih,com

20.Selalu Periksa Lubang Ventilasi Laptop

Laptop bekas maupun laptop terbaru sama-sama butuh perawatan supaya awet. Cara merawat komputer ato laptop selanjutnya adalah memeriksa ventilasi. Kalo di laptop lubang ventilasi terletak di sebelah sisi kanan/kiri. Sedangkan komputer, ventilasi ada di bagian belakang CPU.

Kita harus memeriksa sesering mungkin lubang ventilasi tersebut. Karna bisa saja ada debu, kotoran yang menempel di lubang ventilasi tersebut. Kotoran yang menempel tersebut bisa menghambat aliran udara. Dan akan menyebabkan laptop akan cepat panas.

Baca Juga : Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia?

Sumber Gambar kabarseluler,com

21.Lepas Baterai Kalo Laptop Digunakan Lama

Melepas baterai saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama adalah cara merawat laptop agar awet. Hal tersebut karna saat menghungkan baterai ke listrik terlalu lama dapat menyebabkan kebocoran. Kebocoran pada baterai ini lah yang membuat baterai laptop menjadi cepat habis ketika digunakan dalam pemakaian normal.

22.Usahakan Mengisi Baterai Laptop Sampe Penuh

 Tips merawat laptop selanjutnya adalah mengisi baterai sampe penuh. Biarpun laptop bekas, laptop murah berkualitas ato laptop terbaru harus tetap diisi sampe baterai penuh. Jangan asal cabut charger aja kalo baterai laptop belum 100%.

Karna apa? Baterai yang sering ga diisi sampe penuh bisa mengakibatkan baterai jadi ga awet. Ini masalah sepele, tapi kalo udah menjadi kebiasaan kita yang akan rugi sendiri. Karna perawatan laptop yang baik adalah dengan mulai memperhatikan hal-hal sepele seperti ini.

Sumber Gambar gatlingkom,com

23.Matikan Laptop Dengan Cara Benar

Cara kita mematikan laptop juga ada hubungannya dengan cara merawat laptop dengan baik. Ada prosedur tersendiri dalam mematikan laptop. Pengguna ga disarankan untuk mematikan secara asal-asalan. Misalnya, mematikan laptop dengan cara langsung menekan tombol power.

Hindari menekan beberapa detik tombol power saat mau matikan laptop. Sebaiknya ikuti prosedur yang tepat saat mau mematikan laptop.

24.Uninstal ato Hapus Aplikasi Ga Penting

Terlalu banyak aplikasi ato program yang terinstal akan membuat laptop jadi lemot. Apalagi kalo spesifikasi laptop rendah pasti akan terasa sangat lambat. Yang punya spesifikasi laptop tinggi pun sebaiknya segera copot aplikasi ga penting tersebut. Supaya performa laptop makin cepat dan lancar.

Aplikasi-aplikasi ga penting akan membuat kinerja laptop jadi menurun. Sehingga akan berpengaruh pada komponen-komponen laptop. Menghapus aplikasi ga penting merupakan satu cara merawat laptop ato cara merawat komputer yang ampuh dan mudah.

Sumber Gambar aidil1995,blogspot,com

25.Jangan Asal Membongkar Laptop

Mas Bro dan Mbak Bro punya laptop bekas, laptop murah berkualitas atopun laptop termurah? Biarpun bekas dan murah, jangan sekali-kali membongkar ato mengutak-atik daleman isi laptop. Karna kurangnya pengetahuan kita, komponen laptop bisa rusak oleh kita.

Sebaiknya kalo terjadi kerusakan, bawa ke tempat service laptop aja. Tempat service laptop bisa segera memperbaiki kerusakan tersebut. Membongkar laptop sendiri adalah tindakan yang kurang tepat. Bukannya bisa berfungsi normal lagi, malah ada komponen lain yang ikut rusak.

Sumber Gambar lifewire,com

26.Berhati-hati Saat Mau Mengunduh Perangkat Lunak

Merawat laptop bukan hanya sekedar fokus pada perawatan perangkat kerasnya aja. Tapi juga fokus pada perangkat lunaknya juga. Salah satu caranya yaitu berhati-hati saat kita akan mengunduh perangkat lunak. Banyak sekali perangkat lunak ato software yang bisa kita unduh dari internet.

Tapi software-software tersebut ga semua aman digunakan. Ada banyak software yang disusupi program virus. Program-program virus tersebut dapat merusak sistem operasi laptop anda. Bahkan juga bisa mencuri data-data penting dari laptop anda. Oleh sebab itulah hati-hati saat mau mengunduh software seperti game laptop, dsb.

Sumber Gambar kudo,co,id

27.Jangan Paksa Laptop Menjalankan Aplikasi Berat

Ga semua laptop memiliki spesifikasi yang tinggi. Apalagi jika laptop yang spesifikasinya rendah, akan sangat beresiko kalo menjalankan aplikasi yang berat. Contohnya aja saat menjalankan game laptop yang berat. Kalo laptop dipaksakan akibatnya malah laptop bisa nge-blank ato tiba-tiba mati.

Kalo mau laptop kita awet lakukan 27 cara yang udah dijelaskan di atas. Cara-cara tersebut sangat mudah dan sederhana. Meskipun mudah kalo ga biasa melakukannya akan terasa berat. Tapi demi menjaga laptop kita selalu awet, dari sekarang biasakan untuk melakukan cara-cara tersebut.

Suka baca tulisan tentang teknologi?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar untuk menulis nya.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Ada Rhoma Irama pedangdut top
Ada juga artis alay dan katro
Ga tau gimana merawat laptop
Ya ikuti cara di atas aja Mas Bro

Kulon Progo, Yogyakarta
Pukul 20.26 WIB, Kamis 09 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – H

Sumber Tulisan:
M.Fadlan Anel. 2015. 11 Tips Cara Merawat Laptop Biar Awet. fadlancold.blogspot.co.id/2015/09/11-tips-cara-merawat-laptop-biar-awet.html diakses pukul 11.09 WIB pada hari Kamis, 09 Februari 2017
Acer,Dr. 2016. 5 Cara Jitu Merawat Laptop Acer mu! acerid.com/2016/02/5-cara-mudah-merawat-laptop-acer/ diakses pukul 11.10 WIB pada hari Kamis, 09 Februari 2017
MonthlyTech. 2016. 18 Cara Merawat Komputer/Laptop Agar Tetap Awet dan Rusak. monthlytech.com/18-cara-merawat-komputerlaptop-agar-tetap-awet-dan-tidak-rusak/ diakses pukul 11.15 WIB pada hari Kamis, 09 Februari 2017

Sumber Gambar:
Acerid,com diakses pukul 20.52 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
aidil1995,blogspot,com diakses pukul 22.44 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
bacatekno,com diakses pukul 22.34 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
blogqlapa.com diakses pukul 22.38 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
gatlingkom,com diakses pukul 22.31 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
hipwee,com diakses pukul 22.40 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
infotipsbermanfaat,blogspot,com diakses pukul 22.31 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
istanaservice,blogspot,com diakses pukul 22.28 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
kabarseluler,com diakses pukul 22.37 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
karyaguru,com diakses pukul 21.32 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
kosalya,com diakses pukul 22.24 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
krisna18.xyz diakses pukul 22.23 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
kudo,co,id diakses pukul 22.49 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
lawumedia,com diakses pukul 22.02 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
lifewire,com diakses pukul 22.46 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
plimbi,com diakses pukul 21.36 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
reviewlaptop-id,com diakses pukul 22.01 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
tangerangnet,com diakses pukul 21.58 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
urbandigital,id diakses pukul 21.38 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017
yangcanggih,com diakses pukul 22.35 WIB pada hari Sabtu, 18 Februari 2017

Comments

3 responses to “27+ Cara Merawat Laptop”

  1. daniel Avatar
    daniel

    Baterai laptop aman jika di charge untuk waktu yang lama, pengalaman, laptop bpk saya merk Tosh1b4 sudah 7 tahun dipakai tetap awet … bpk selalu charge saat menggunakan laptopnya,, saya sudah coba, saat di test dengan laptop saya, dengan pemakaian app yg sama, baterai laptop tosh1b4 itu lebih awet di bandingkan laptop 4sus saya.

    trims…

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mas Bro D

      Makasih masukannya Mas Bro. Dalam banyak kasus, laporannya ke kita. Charger laptop lama itu merusak.
      Ada pengalaman lain ga soal merawat laptop biar tahan lama?

      Mauliate
      Makasih

Leave a Reply