Gimana Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula?

Salam #MasBro dan #MbakBro

Kita semua pasti seneng denger musik kan?
Nah salah satu alat musik yang sering dipakai yaitu salah satunya gitar. Siapa sih yang gak kenal gitar? Pasti kita semua mengetahui alat musik yang populer ini kan.

Gimana Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula?

Gitar adalah suatu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik untuk bisa menghasilkan suara. Yup dengan lewat gitar ini lah yang membuat lagu semakin asik untuk dinyanyikan. Dari hasil petikan suara gitar lah yang membuat irama lagu terdengar lebih enak. Gitar juga tidak hanya digunakan untuk konser, saat sedang berkumpul dengan teman-teman tongkrongan pun gitar salah satu alat musik yang meramaikan suasana.

Tapi tentu gak semua dari kita bisa bermain gitar bukan? Nah tapi tenang, karna disini kita akan membahas cara belajar bermain gitar khusunya untuk pemula.

Kunci Dasar Gitar untuk Pemula

Gitar memiliki 6 senar, diantaranya ada senar yang paling kecil berada dibawah dan senar paling besar berada diatas. Jenis pada gitar ada dua, diantaranya ada gitar akustik dan gitar listrik.  Kedua gitar tersebut juga memilki nada yang mirip pada setiap senarnya. Namun yang membedakan keduanya hanyalah pada tuningnya. Berikut adalah senar gitar yang menghasilkan nada.

  • Senar 1 (paling bawah) menghasilkan nada E’→1 : E’
  • Senar 2 (atasnya senar 1) menghasilkan nada B→2 : B
  • Senar 3 (atasnya senar 2) menghasilkan nada G→3 : G
  • Senar 4 (atasnya senar 3) menghasilkan nada D→4 : D
  • Senar 5 (atasnya senar 4) menghasilkan nada A→5 : A
  • Senar 6 (paling atas) menghasilkan nada E→6 : E

Kunci dasar pada gitar pun terbagi menjadi 2, yaitu kunci dasar dan kunci dasar gitar minor. Berikut adalah beberapa contoh tentang kunci dasar pada gitar yang bisa dilakukan secara otodidak.

Kunci Dasar C

Kunci Dasar D

Kunci Dasar E

Kunci Dasar F

Kunci Dasar G

Kunci Dasar A

Kunci Dasar Dm

Kunci Dasar Em

Kunci Dasar Am

Setelah #MasBro dan #MbakBro sudah paham dan mengetahui kunci-kunci pada gitar, maka kita bisa mempraktikannya. Namun bukan hanya kunci pada gitar aja nih, ada beberapa hal yang mesti kita ketahui juga dalam gitar, salah satunya adalah bagian pada gitar, mari kita bahas.

Cara Bermain Gitar

1. Kenali Bagian-Bagian Gitar

cara bermain gitar untuk pemula

Alat musik gitar memiliki beberapa bagian, gambar diatas merupakan beberapa bagian yang ada pada gitar.

  • Material yang terdapat pada bagian leher gitar berupa kayu panjang, datar di satu sisi atau biasa disebut dengan fret, dengan bentuk yang melengkung disisi lainnya. Nah pada papan fret diberi garis-garis metal guna untuk dapat menandai beberapa nada.
  • Senar pada gitar yang melewati kepala gitar yang biasanya dipasangkan pada kenop penyetop dan dapat diputar ini berguna untuk mengencangkan serta melonggarkan senar.
  • Pada bagian tubuh gitar akustik terdapat lubang suara yang berfungsi untuk meresonasi suara.

2. Pegang Gitar dengan Tepat

cara belajar bermain gitar untuk pemula

Sebelum memulai untuk bermain gitar, maka #MasBro #MbakBro harus mengetahui cara yang tepat untuk memegang gitar. Cara ini dilakukan untuk dapat lebih mudah dan nyaman dalam memainkannya. Berikut ini beberapa cara memegang gitar yang tepat.

  • Agar bermain gitar bisa dilakukan dengan nyaman, maka #MasBro #MbakBro bisa duduk dibangku atau pun tempat yang nyaman, dan hal yang paling penting, pastikan memegang gitar dalam posisi horizontal dan bagian belakang pada gitar bisa menyentuh perut atau dada.
  • Lalu selanjutnya pastikan gitar yang #MasBro #MbakBro berada dipangkuan. #MasBro #MbakBro juga dapat nih gunain tangan kiri buat nahan leher gitarnya. Selain itu jari jempol ini bisa digunain buat menahan gitar di bagian leher yang melengkung, dan keempat jari yang lainnya berada di bagian fret atau biasa disebut bagian datar gitar, yang mana keempat jari tersebut nantinya akan digunakan untuk menekan kunci-kunci gitar.
  • Lakukan hal ini secara berulang-ulang, agar pada saat nantinya memainkan gitar akan terbiasa dan merasa nyaman.
  1. Stream Gitar

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Stream gitar ini berguna untuk agar suara yang dihasilkan pada gitar nanti tidak sumbang, stream gitar dilakukan dengan mengatur senar pada gitar.

Menyemtem gitar pun tidak harus dilakukan oleh orang profesional, #MasBro #MbakBro bisa banget nih kalo mau menyetem gitar secara manual. Salah satu caranya yaitu dengan dengerin nada-nada yang dihasilkan oleh gitar, apa sudah enak buat didenger atau belum, nah itu bisa disesuaikan sendiri.

  1. Berlatih Menekan Fret pada Senar

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Seperti penjelasan diatas, bahwa fret pada gitar adalah garis yang dibatasi logam yang terletak tegak lurus di leher gitar, nah ini berguna untuk memisahkan nada-nada yang dihasilkan pada gitar. Pastikan #MasBro #MbakBro menekan senar sesuai kunci ya.

  1. Pakai Pick

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Pick pada gitar ini adalah benda kecil yang terbuat dari plastik yang biasa digunakan untuk membunyikan senar pada gitar. Bentuk pick pun juga bermacam-macam. #MasBro #MbakBro juga bisa menggunakan pick untuk menghindari tangan tidak sakit saat bermain gitar.

  1. Belajar Menyetem Chord Gitar

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Bagi pemilik gitar, menyetem gitar merupakan hal yang biasa dan tidak dapat dihindari, karena ini berguna untuk dapat menghasilkan nada yang bagus pada gitar. Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menyetem gitar, yaitu menyetem dengan tuning standar, menyetem gitar memakai tuner (aplikasi android juga bisa), menyetem memakai teknik harmonik. Kamu dapat menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar akustik maupun gitar elektrik.

Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa menyetem gitar dapat dilakukan secara manual. Berikut cara menyetem gitar secara manual.

  1. Pada fret ke-5, tekanlah senar 6, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
  2. Pada fret ke-5, tekanlah senar 5, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
  3. Pada fret ke-5, tekanlah senar 4, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  4. Pada fret ke-4, tekanlah senar 3, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.
  5. Pada fret ke-5, tekanlah senar 2, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.

Tips Bermain Gitar untuk Pemula

Sebagian dari kita pasti masih terlalu kaku untuk bermain gitar, namun ada beberapa tips yang dapat #MasBro #MbakBro lakukan khususnya untuk pemula.

  • Gunakan Internet atau Buku Sebagai Referensi Belajar

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Dijaman sekarang ini pasti udah banyak banget nih referensi cara belajar gitar, bisa lewat youtube, google, dll. Nah hal itu tentunya membuat kemudahan bagi kita untuk belajar gitar secara otodidak. Kita juga bisa mulai dengan lagu yang mudah dan kunci-kunci dasar pada gitar.

  • Melatih Memori Otot Tangan

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Siapa sangka kalo bermain gitar juga bisa melatih otot tangan loh. Mungkin pada awalnya #MasBro #MbakBro akan merasa gak nyaman sama kunci yang lumayan susah, tapi hal itu hanya perlu membiasakan otot kamu sama posisi tersebut, dan harus berlatih agar jari tangan terbiasa dengan letak senar dan fret.

  • Bangun Kekuatan Fret Tangan

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Untuk membangun kekuatan fret tangan, salah satunya #MasBro #MbakBro bisa melatih meremas-remas barang, misal bola karet kecil selama 5 menit. Hal ini bertujuan agar jari tangan kita tidak kaku saat akan digunakan untuk bermain gitar.

  • Mulai Belajar Satu Lagu

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Tips lainnya yaitu setelah menghafal kunci-kunci pada gitar, maka mulailah belajar dan berlatih dengan memilih satu lagu yang mudah dengan chord yang simple. Belajarlah satu lagu ini sampai kamu bisa dan terbiasa, hal ini tentu juga akan membantu kamu dalam mengingat letak senar pada gitar. Salah satu contoh lagu yang mudah untuk dimainkan dalam belajar gitar yaitu lagu Anugrah Terindah milik Sheila On 7, Demi Waktu milik Ungu, dan beberapa lagu peterpen lainnya.

Baca Juga : Ulasan Lagu: Mudah Saja Sheila On 7

  • Latihan Secara Rutin

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Siapa sangka jika kita terus menekuni suatu hal, maka kita akan terbiasa dengan hal itu. Yup salah satunya berlatihlah secara rutin untuk bisa bermain gitar. Berlatih secara rutin tentu akan membuat kamu merasa terbiasa dan menghilangkan kaku pada tangan.

  • Cari Musisi atau Gitaris Idola

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

Nah untuk bisa meningkatkan motivasi #MasBro #MbakBro untuk lancar bermain gitar, bisa banget nih dengan cari musisi atau gitaris idola sebagai idola kita. Hal ini akan meningkatkan motivasi kita buat dengan mudah belajar gitar, carilah gitaris yang paling baik dan hebat menurut kamu, dan teruslah bersemangat dalam latihan.

Yup itulah beberapa penjelasan tentang tips cara belajar bermain gitar, lakukanlah tips-tips diatas secara rutin, dan semangat.

Masih ada pertanyaan tentang Gimana Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/BelajarGitar

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tutorial gitar lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? kli
kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Pengalaman Penulis

irieq.blogspot.com dibuka pukul 19:05 WIB pada hari Jumat tanggal 18 September 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …
cara bermain gitar untuk pemula,
cara belajar main gitar sendiri, cara belajar gitar dari nol, cara memetik gitar, belajar kunci gitar lengkap, lagu untuk pemula bermain gitar, tahapan belajar gitar, cara memegang kunci dasar gitar

Comments

Leave a Reply