Salam #MasBro #MbakBro
Membeli laptop ato komputer memang harus hati-hati, terutama jika yang akan di beli itu barang second. Untuk itu, jangan terlalu buru-buru untuk membeli alat eletronik yang satu ini. Kita harus mencari pengetahuan dahulu tentang seluk beluk barang yang akan kita beli ini.
Kita bisa membeli laptop ato computer dengan berbagai cara
–Beli laptop baru di toko
–Beli laptop second
–Beli komputer baru di toko
–Beli komputer second
Beli laptop baru di toko
Membeli laptop baru dari toko, memang cara yang terbaik untuk menghindari agar ga kena tipu. Tapi, tetap aja ada peluang bisa kena tipu jika kita tidak teliti dan hati-hati.
Baca Juga : Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?
Ada beberapa hal yang harus kita lakuin buat menghindarinya?
1.Periksa harga di beberapa toko
Mengunjungi setidaknya 3 toko laptop terdekat yang paling terkenal, kemudian minta brosurnya untuk membandingkan harga dari ketiga toko tersebut. Hal ini untuk menghindari agar tidak kemahalan ketika kita membeli barang tersebut. Selain itu, toko yang sudah terkenal biasanya tidak mau mengorbankan nama baiknya dengan melakukan penipuan.
2.Memeriksa kemampuan mesin
Ketika memencet tombol power untuk menyalakan laptop, maka gambar akan langsung terbuka dan loadingnya tidak terlalu lama. Hal ini membuktikan bahwa semua spare parts, berjalan dengan baik.
3.Teliti layar dan badan laptop
Periksa dengan teliti bagian layar laptop, apakah ada cacat stuck pixel yang berupa bintik-bintik kecil atau tidak. Karna jika ada cacat pada layar walaupun satu titik, maka titik tersebut akan semakin membesar dan merusak layar LCD. Selain itu, perlu memperhatikan bagian-bagian lainnya, apakah ada lecet-lecet ato goresan. Pastikan bahwa semua body memang benar-benar masih mulus.
4.Menguji keyboard
Memencet semua tombol keyboard satu persatu untuk mengetahui apakah semuanya bisa berfungsi dengan normal ato ada yang macet. Hal ini untuk memastikan bahwa semua tombol keyboard tidak ada masalah.
5.Mainkan Touchpad
Pastikan touchpadnya berfungsi dengan baik, ketika di cek menggunakan jari . Jika touchpadnya sangat sensitif sekali, berarti kondisinya tidak normal.
6.Memeriksa segel laptop
Letak segel, berada di bagian bawah laptop dan ada beberapa macam. Kalo stiker yang berasal dari pabrik, berbentuk hologram. Sedangkan segel yang dari toko, berbentuk stiker dengan angka-angka tanggal apabila nanti laku di jual.
Baca Juga : Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita
Stiker lainnya ada yang menutupi tempat baut, sebagai bukti bahwa laptop tersebut masih orisinil dan belum pernah di buka mesinnya. Stiker lainnya menyebar pada katup-katup casing sebagai bertanda bahwa kondisinya masih baru.
Menyamakan kode SN ato Serial Number di tiga tempat, yaitu di bagian bawah laptop, di kartu garansi dan di kardus. Jika nomor ketiga-tiganya sama, berarti laptop tersebut memang benar-benar asli.
7.Garansi
Semakin lama masa garansi, bisa di artikan bahwa laptop tersebut termasuk bagus. Karna biasanya, pabrik laptop yang bermutu, berani memberi jaminan garansi dari 2 sampe 3 tahun. Tapi ada dua jenis garansi, yaitu dari pabrik dan dari toko. Jika kita tidak menanyakan hal ini, maka kemungkinannya hanya akan di berikan garansi toko saja.
Sayang sekali jika membeli laptop baru sampe tidak mendapatkan garansi dari produsennya. Lebih baik mendapatkan dua garansi, untuk berjaga-jaga jika nanti ada kerusakan.
8.Install OS
Laptop yang udah ada OS bawaan, harganya memang lebih mahal. Kita bisa membeli laptop yang belum terinstall OS agar lebih murah. Selanjutnya bisa menginstall sendiri atau minta di installkan toko tersebut sebagai bonus pembelian.
Jika toko tersebut bersedia menginstallkan Windows, biasanya kita di beri dua pilihan, mau menunggu ato di tinggal dulu dan nanti kembali lagi untuk mengambilnya. Kita harus mengambil pilihan pertama yaitu menunggu saja, karena install Windows biasanya bisa selesai dalam waktu 1 sampe 2 jam. Jangan pernah mengambil resiko dengan meninggalkan barang yang telah kita beli.
9.Minta bonus
Jika kita tidak minta bonus sebagai tanda pembelian, biasanya toko tersebut akan diam saja. Untuk itu, kita harus menanyakannnya dan tidak perlu malu-malu. Umumnya, bonus yang di berikan berupa tas dan mouse ato barang-barang lainnya. Minimal dua barang sebagai bonus dari laptop yang udah kita beli.
Cara Beli Laptop Second Biar Ga Kena Tipu
Pada dasarnya, biar ga kena tipu dalam membeli laptop second, cara mengeceknya sama seperti ketika membeli laptop baru. Tapi, kita harus melakukan penelitian yang lebih cermat lagi, terutama pada mesinnya. Apakah performa mesinnya masih bagus ato kondisinya sudah tidak normal.
Dalam hal ini, kita harus melihat segel-segel yang ada di bawah laptop, apakah segelnya masih dalam kondisi utuh ato tidak. Jika segel yang menutupi baut mesin sudah sobek ato rusak, maka lebih baik urungkan saja niat untuk membeli laptop tersebut. Karena bisa berarti, bahwa mesin laptopnya udah pernah di buka ato di reparasi. Dan resiko kerusakannya akan lebih besar jika kita tetap membelinya.
Dalam membeli laptop second, kita tidak perlu bernafsu agar bisa dengan cepat untuk mendapatkan barang yang di inginkan. Banyak sekali para pembeli laptop second yang kena tipu, karena mereka tergesa-gesa dan lengah ketika mengecek barang yang akan di beli tersebut.
Jika kita masih awam dengan masalah pengecekan laptop second, kita perlu bertanya-tanya ato bisa mengajak teman yang udah berpengalaman agar mau membantu. Hal ini perlu di lakukan, karna kita menginginkan barang yang bagus, namun tidak tahu menahu mengenai barang tersebut.
Beli Komputer baru di toko
Setiap toko komputer, melayani segala jenis barang yang kita inginkan. Dengan memilih sendiri semua spare partnya seperti motherboard, processor, RAM, Harddisk dan lain-lain. Selanjutnya toko tersebut akan merakit semua komponen yang telah kita pilih dan mewujudkannya dalam bentuk sebuah komputer.
Dengan spare parts pilihan sendiri, kita bisa puas karna komputer yang kita beli memang benar-benar menggunakan komponen yang orisinil. Sehingga kita ga perlu meragukan kualitas barang tersebut.
Yang perlu di perhatikan adalah dalam masalah harga. Karna harga setiap spare parts berbeda-beda, dan harga dari setiap toko juga tidak sama. Tentunya kita harus mengetahui harga pasaran setiap komponen mesin komputer. Sehingga kita tidak takut membeli sebuah komputer dengan harga yang sangat mahal dan jauh dari harga umumnya.
Kita harus mengunjungi beberapa toko agar bisa mengetahui berapa harga setiap spare partsnya dan dapat membandingkan dengan toko lainnya. Hal ini harus di lakukan untuk menghindari pembelian barang yang mahal dengan kualitas rendah.
Suka baca tulisan tentang teknologi?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar untuk menulis nya.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Kalo ada yang haus belilah es puter
Ga lupa di campur dengan wedang
Kalo udah beli laptop ato komputer
Tentu saja hati kita akan senang
Buaran, Pekalongan
20.28 WIB, senin 20 Maret 2017
Tulisan Temen Kita – MY
Terimakasih
Asalasah. 2016. Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Laptop Baru asalasah.com/2016/06/pertimbangan-penting-sebelum-membeli.html Diakses pada pukul 17.35 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Star Light. 2013. Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Laptop tanyadedyaja.blogspot.co.id/2013/08/hal-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum.html Diakses pada pukul 17.50 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Kun. 2016. 13 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Murah & Umur Panjang incaralaptop.blogspot.com/2016/02/13-cara-memilih-laptop-yang-bagus-dan.html Diakses pada pukul 18.21 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Supangkat. 2015. 9 Tips Membeli Laptop Agar Tidak Tertipu Oleh Penjual palucomputer.com/2015/12/tips-membeli-laptop-baru-agar-tidak-tertipu.html Diakses pada pukul 18.39 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.