Berusaha Menjadi Sukses

👁27x 💬0 🕗01:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Menjadi anak pertama dalam sebuah keluarga ternyata bukanlah hal yang mudah. Tanggung jawab yang besar atas keluarga dan menjadi pioneer dalam membuktikan sukses pada kedua orang tua dan saudara serta keluarga besar. Dalam adat batak ada yang namanya Anak panggoaran (anak pertama/sulung) dan pahoppu panggoaran (cucu pertama dari anak pertama kakek).

Dalam adatnya orang batak sebelum memberangkat sang anak untuk mencapai suksesnya misalnya akan melanjutkan studi keluar kota. Keluarga besar akan diundang untuk berkumpul untuk ucapan syukur, doa bersama serta menyampaikan petuah-petuah oarangtua untuk anak yang akan pergi ke negeri orang. Beberapa makhluk air dan hewan bertelur akan menjadi korban untuk jadi santapan. Sebelumnya akan ada proses menyantap lauk pauk dulu baru acara kasih nasehat dan doa bersama sebagai penutup.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Orangtua sangat menuntut anaknya untuk menjadi sukses. Setiap saat anak akan sekolah, lomba, bekerja atau kegiatan-kegiatan lain. Orangtua menuntut sang anak untuk menorehkan sukses dan prestasi. Anak sebagai buntut dari orangtua terutama anak pertama tentu sangat ingin membuat orangtuanya bangga. Sukses adalah keharusan yang selalu menjadi tuntutan orangtua kepada anaknya. Tetapi sering kali maksud baik orangtua demi kebaikan anaknya dilakukan dengan cara yang salah.

Baca juga: Gandeng IDI, PII Wujudkan Mandiri Alkes 10 Makanan Khas Cina Kaya Akan Rempah

Demi mewujudkan mimpi sukses orangtua atas anak cara apapun ditempuh. Ga jarang tanpa memikirkan bagaimana perasaan anak dan bertanya terlebih dahulu, orangtua malah memaksakan kehendaknya untuk anak. Padahal anak tentu punya keinginan sendiri yang ingin diwujudkan. Anak yang menghormati orangtua mau ga mau terpaksa menerima keinginan orangtua dan memendam keinginan pribadinya. Kehendak yang dipaksanakan itu kalu berakhir dengan happy ending tentu ga akan jadi permasalahan tapi kalau sebaliknya, bagaimana?. Tetapi kalau tidak sesuai dengan keinginannya seharusnya anak berani bicara apa yang dia inginkan tanpa mengecewakan orangtuanya. Sukses bukanlah sebuah keharusan tetapi berusaha untuk menjadi sukses itu harus.

15:51 WIB
Semarang, 25 Februari 2012
By : Ucok

Apapun mesin pencarinya. Kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat. Seneng bisa berbagi.

Kata kunci yang sering dicari …

tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,

Berusaha Menjadi Suskses

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply