Kebaikan Kecil Bisa Berdampak Sama Hal Besar
Ada yang kerja sebagai wartawan
Bisa pergi kerja kedaerah terpencil
Jangan merasa sepelelah kawan
Ga ada hal besar tanpa hal kecil
Salam Mas Bro dan Mbak Bro
Apa aja hal negatif dari Jakarta?
Terus terang, merantau di Jakarta ga sulit. Tapi awalnya sebelum pindah ke Jakarta, banyak hal buruk kita denger. Soal keamanan lah, ada copet, maling, banjir, macet, dan pembunuhan. Kalo begal mah udah merakyat ya. Udah banyak di tiap daerah.
Soal susahnya cari kerja di Jakarta. Persaingan nya ketat.
Trus orang-orangnya cuek-cuek. Budaya tolong menolong nya kurang. Eh begitu ada copet ketauan digebukin rame-rame. Padahal bukan dompet nya yang dicopet.
Yah, begitulah ya, kurang lebihnya Mas Bro dan Mbak Bro.
Sebenernya Jakarta itu baik penghuninya yang buat Jakarta itu buruk.
Sebaik-baiknya tempat, tergantung orangnya yang menghuni. Warung penyetan pinggir jalan jauh lebih nikmat dibanding restoran berAC. Kalo penghuninya melayani dengan baik.
Trus, Masih Ada Kebaikan di Jakarta?
Masih dong.
Kalo baik, gimana orang bisa bertahan disini?
Gimana bisa Jakarta jadi kota terpadat di Indonesia?
Apa daya tariknya?
Karna masih ada kebaikan. Baiknya gajinya lebih gede. Lebih mudah dapat penghasilan. Jadi apa aja bisa jadi duit. Bahkan hal buruk sekalipun, tapi itu ga baik. Meskipun banyak orang baik lakuin buruk demi dapat duit. Dan, duitnya dipake buat modal lakuin hal baik ke orang lain.
Hehehe
Muter-muter ya.
Tapi itu kenyataannya.
Tapi bukan baik seperti itu yang kita bahas.
#
Dalam perjalanan di Jalan Gatot Soebroto (baca : Gatsoe). Ada orang naik Ojek Daring sebut aja GoJek ya. Perjalanan jauh dari Kuningan ke Slipi. Pas lagi lewatin lobang. Dan ditengah jalanan yang lancar pukul 20:27 WIB. Tiba-tiba, “Bang platnya …”. Ada anak muda naik motor, entah apalah merknya. Ngomong dan langsung lanjut nge gas motornya, lalu ninggalin kita.
Kita yang lagi naik, balik nanya, “kenapa katanya Bang?”
“Platnya Bang …”, suaranya pelan terbawa angin ke belakang.
Trus kita lirik ke belakang dan liat ke bawah. Plat motor yang lagi dinaikin ternyata hampir lepas. Mur sebelah kananya lepas dan tergantung ditahan sama mur sebelah kiri.
Tangan kiri turun, coba raih dan kerasa mur-nya masih kuat untuk nahan plat itu ga sampe jatuh.
“Hmm, pantesan si Abang GoJeknya sante aja“, gitu berpikir dalam hati. Kayak kebiasaan sinetron Indonesia.
#
Kebaikan Kecil Bisa Berdampak Sama Hal Besar
Si anak muda tadi bisa aja kan, asal lewat begitu liat plat yang miring itu. Tapi dia tergerak untuk turunin gas motornya dan ngomong “Bang platnya”. Bener dong?
Tapi dia, mau lakuin itu kan?
Bener dong, masih masih ada kebaikan di Jakarta. Mas Bro dan Mbak Bro mungkin juga aja nganggep ini biasa. Tapi ini hal besar loh. Kebaikan kecil ini bisa berdampak sama hal besar. Kebaikan kecil bisa berdampak sama hal besar.
Selanjutnya, hal besarnya bukan disitu. Hal baik ini kita pernah lakuin ga?
Kalo ini kecil. Kita pernah lakuin ga?
Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.
Mauliate
#
Dunia yang besar ini ga akan terbentuk tanpa hal kecil.
#
Bangunlah kita lebih pagi
Jangan rasa bukan apa-apa
Semua orang bisa berbagi
Tinggal apa dan sama siapa
Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 09:13 WIB pada Hari Sabtu tanggal 07 Juli 2018
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.