Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

👁27x 💬0 🕗01:07

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Bagaimana kondisi perekonomian Indonesia di masa pandemi?

Salam #MasBro #MbakBro

Berikut penjelasan kondisi perekonomian di Indonesia.

Seperti yang kita tahu,munculnya covid-19 yang menyebabkan pandemi ini berlangsung memang banyak membuahkan kerugian bagi masyarakat yang terkena dampaknya.Entah itu rakyat besar maupun mereka yang rakyat kecil.

Tentu,dengan adanya pandemi ini penyebab diadakannya berbagai perbatasan aktivitas sosial.Dalam satu tahun terakhir banyak tempat wisata dan tempat perkumpulan sosial di Indonesia ditutup sementara.Bahkan,ada yang juga terancam tutup.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Mereka yang punya penghasilan terbatas juga lebih dipersulit,entah dari mana harus mendapatkan penghasilan tambahan.Yang memiliki pengahasilan lebih juga jadi tidak seperti biasanya karena mengalami banyak kerugian akibat suatu perbatasan sosial.Masyarakat juga dibuat khawatir dan waswas atas kondisi ini.

Lalu bagaimana kondisi perekonomian Indonesia pada saat situasi dan kondisi seperti ini?rakyatnya saja banyak yang kewalahan?

Baca juga: Hidup Sesuai Tatanan: Mulut Ga Usah Mikir Mau Makan Apa, Itu Kerjaan Otak Manusia Bisa Bosan Tapi Tuhan Ga

Dilansir dari Kompas.com Indonesia,secara umum pandemi Covid-19 telah berdampak buruk pada ekonomi nasional sepanjang tahun 2020 lalu kendati mulai triwulan tiga 2020 mulai membaik. Kondisi ekonomi  nasional itu tampak dari sejumlah indikator perekonomian, seperti pertumbuhan ekonomi, Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Indeks Manufaktur (PMI), Retail Sales Index, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), dan jasa keuangan.

Laju pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2020 diperkirakan mengalami pertumbuhan negatif. Pada kuartal I 2020, pertumbuhan ekonomi masih tumbuh 2,97 persen (yoy), tetapi memasuki kuartal II terkontraksi hingga 5,32 persen (yoy).

“Kondisi Covid yang masih tinggi saya ragu bisa tumbuh 4-5 persen. Prediksi saya sekitar 3 persen,” ujar Didik saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Jadi yang bisa kita lihat dari sini,mungkin memang suatu kendalanya berada pada tingkat penularan virus yang semakin hari semakin bertambah.Dan seperti yang kita tahu,sampai saat ini Indonesia masih belum diberitakan “Nihil” dari test positif covid-19 pada masyarakat.

“Saya rasa tahun depan karena program vaksin belum terlalu berjalan efektif maka pertumbuhan ekonomi akan berada di level 1.3 persen hingga 2.41 persen,” ujar Nailul.

Untuk saat ini sendiri vaksin sudah mulai disebar ke berbagai daerah.Bahkan sudah banyak masyarakat yang disuntik vaksin.Beberapa dari orang disekitar kita juga mungkin sudah menggunakannya.Jadi,bagaimana kondisi perekonomian dimasa mendatang?

Asal suatu usaha sudah berjalan dengan baik dan kita mau bersungguh sungguh untuk melawan,bisa saja dengan tekat negara Indonesia mengalami tingkat perekonomian yang kembali normal.Dari satu tahun kebelakangan ini mungkin belum terlihat penaikannya.Lebih baik kita ikuti aturan pemerintah dengan terus menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun berada.Melindungi dirimu,berarti juga melindungi masyarakat.Jika kamu dan masyarakat terlindungi,akankah perekonomian suatu negara berjalan dengan baik?Mereka yang punya penghasilan terbatas juga lebih dipersulit,entah dari mana harus mendapatkan penghasilan tambahan. Yang memiliki pengahasilan lebih juga jadi tidak seperti biasanya karena mengalami banyak kerugian akibat suatu perbatasan sosial. «Kondisi Covid yang masih tinggi saya ragu bisa tumbuh 4-5 persen».Jadi yang bisa kita lihat dari sini,mungkin memang suatu kendalanya berada pada tingkat penularan virus yang semakin hari semakin bertambah. Bahkan sudah banyak masyarakat yang disuntik vaksin. Beberapa dari orang disekitar kita juga mungkin sudah menggunakannya.

Kesimpulan

Mereka yang punya penghasilan terbatas juga lebih dipersulit,entah dari mana harus mendapatkan penghasilan tambahan. Yang memiliki pengahasilan lebih juga jadi tidak seperti biasanya karena mengalami banyak kerugian akibat suatu perbatasan sosial. «Kondisi Covid yang masih tinggi saya ragu bisa tumbuh 4-5 persen». Jadi yang bisa kita lihat dari sini,mungkin memang suatu kendalanya berada pada tingkat penularan virus yang semakin hari semakin bertambah. Bahkan sudah banyak masyarakat yang disuntik vaksin. Beberapa dari orang disekitar kita juga mungkin sudah menggunakannya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
kompas.com dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA
  • Kata kunci yang sering dicari …
    tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,
    Kondisi Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

Terbit

dalam

karya

Tags:

Comments

Leave a Reply