Apa yang Kita Pikirin, Bilang, dan Lakuin Adalah Bukti Isi Hati : #BelajarHidup

karya simon migaj

Jangan Izinin “Pelit” yang Kuasai Hati

Orang sakit perut rasa seperti melilit
Kalo ada roti ada yang ga beragi
Ga ada yang suka sama orang pelit
Ga semua orang juga mau berbagi

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah lakuin “perintah” orang yang kita sayangi?

Karna rasa sayang sama orang yang kita sayangi. Kita rela lakuin apa yang “diperintah”nya. Bahkan meskipun apa yang diperintahnya ga sesuai sama kebiasaan kita. Tapi kenapa kita mau kita lakuin, semata-mata bukan hanya karna kita sayang ajaTapi karna kita juga tau ada hal baik dibaliknya.

Orang biasanya cuma mandi 1 kali sehari. Karna udah pacaran, pacaranya suruh biar mandi pagi dan sore. Orang yang biasanya telat-telat. Setelah udah nikah jadi bangun lebih awal. Orang yang suka janji, karna udah punya anak jadi lebih banyak nepatin janjinya, apalagi sama anaknya.

Baca Juga : Terserah Itu Bukan Keputusan Orang Bertanggung Jawab

karya simon migaj

Jangan Izinin “Pelit” yang Kuasai Hati

Apa yang kita lakuin sama orang yang kita sayangi itu adalah bukti kasih sayang kita. Karna kasih itu ga berpura-pura. Jadi apa yang kita lakuin sama orang yang kita sayangi itu tulus.

Kasih itu pada dasarnya ngarahin dan memperbaiki. Kasih itu ngarahin kita ke hal-hal yang baik. Kasih itu memperbaiki kebiasaan kita yang buruk menjadi baik. Ga usah ragu buat lakuin kebiasaan baru yang baik. Memang ga mudah. Tapi harus kita mulai pelan-pelan. Ga usah langsung berubah 100%. #MulaiAjaDulu

Kita harus sadari kalo ragu, takut, benci, dan kawan-kawannya yang buruk lainnya  adalah dampak dari kesalahan masa lalu kita. Kita ragu karna pernah ambil keputusan eh ternyata salah. Kita takut karna pernah lakuin sesuatu dan kena marah. Kita benci karna pernah lakuin hal baik tapi ada salah paham. Intinya karna semua ada kesalahan. Bukan kesalahan yang kita lakuin. Tapi karna ga nyambungnya apa yang kita maksud sama apa yang dirasain dan dipikirin orang lain.

Betul?

Jangan izinin pelit yang kuasai hati kita. Jangan pelit lakuin hal baik. Jangan izinin ragu, takut, bimbang, dan benci yang kuasai hidup kita. Jangan ragu buat lakuin hal baik. Apalagi takut lakuin hal baik. Anehnya lagi kalo kita benci lakuin hal baik.

Ibarat baju yapakelah kasih itu. Biarlah kebiasaan baik itu jadi pakean kita. Dimana pun kita dan kapan pun, kita lakuin hal baik. Dan biarlah orang ngeliatnya tanpa harus kita pamer. Biar orang terpengaruh. Dan ikutan lakuin. Sama seperti fashion kan, kalo orang liat baik dan bagus untuk dipake. Ga usah disuruh, orang lain akan cari, beli, dan pake.

Baca Juga : Ceritain Kejelekan Orang Lain Ga Merubahnya Lebih Baik

karya nick fewings

Apa yang Kita Pikirin, Bilang, dan Lakuin Adalah Bukti Isi Hati

Kita masing-masing bisa punya banyak masalah tapi kita punya jalan keluar yang sama. Ya kebiasaan baik tadi, kasih. Kita saling menyayangi. Biarin kasih yang pegang kendali. Ketika kasih yang memegang kendali. Semua hal baik yang akan jadi buahnya. Itu udah hukum wajib. Tanam benih jeruk ya buahnya akan jeruk.

Nah, meski begitu kita udah hidup dalam masyarakat. Ada aja anomali Mas Bro dan Mbak Bro. Saat kita lakuin hal baik. Ada aja salah paham yang buat hal buruk jadi timbal baliknya. Jadi jangan terpengaruh. Tetep lakuin hal baik.

Kan ada iklan yang bilang, kalo aku dingin kenapa kau panas. Kalo kita dingin orang lain juga bakal tenang kok. Sebesar apapun api yang dimasukin ke dingin. Apinya akan mati kok. Jadi jangan terbalik dinginnya yang ke apinya. Sedingin apapun kita, nanti malah mendidih.

Semua orang terdidik dengan hal baik. Semua orang menjadi besar karna kumpulan-kumpulan hal baik. Jadi belajar hal baik itu ga susah. Belajar untuk saling menyayangi itu ga ribet. Karna kasih sayang itu udah ada dalam setiap orang. Untuk belajar kasih sayang kita ga perlu sekolah tinggi-tinggi. Ga perlu harus S1, S2, dan apalagi S3.

Cukup lakuin aja. Hal baik yang kita bilang dan lakuin ga asal loh. Apa yang kita pikirin itu adalah bukti isi hati. Apa yang kita bilang itu adalah bukti isi hati. Apa yang kita lakuin itu adalah bukti isi hati. Apa yang kita pikirin, bilang, dan lakuin itu adalah bukti isi hati. Jadi biar hati sehat, pastiin hati makan makanan yang sehat.

#

Kasih adalah petunjuk.

#

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate.

Semua orang saling beri sumbangsih
Ada masalah kita ga suka disikutin
Kalo kita mau diatur sama kasih
Damai sejahtera itu bakal ngikutin

#BelajarHidup
20180706 0752WIB Jumat
Rumah Syahdan, Palmerah

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Senin tanggal 11 Juni 2018


Terbit

dalam

karya

Comments

Tinggalkan Balasan