Ancaman Integrasi Nasional

Halo, perkenalkan nama saya Melani Retno Cahyani. Saat ini saya masih duduk di kelas 10 tepatnya di SMK Wikrama Bogor. Hari ini, tepatnya hari Sabtu, 17 April 2021 seperti biasa sekolah online yang dimulai dari jam 08:00 hingga 11:15. Setelah saya selesai sekolah online, saya melanjutkan merangkum materi mata pelajaran yang biasa disingkat dengan PPKn. Untuk menambah wawasan kalian, saya akan membahasnya dan memberikan ilmu yang saya dapatkan hari ini serta yang saya pahami. Yuk langsung aja kita bahas!

Negara Indonesia merupakan negara yang mempunyai pesona alam yang indah dan unik, yaitu sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Hal itu memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang datang ke Indonesia.

Banyak wisatawan asing yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata dan tempat berlibur. Dunia internasional mengakui bahwa keindahan dan kekayaan alam Indonesia sangat menakjubkan. Selain itu, keanekaragaman atau kebhinekaan dalam kehidupan bangsa Indonesia yang meliputi kebhinekaan suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan sebagainya menjadi keunggulan kita sebagai bangsa Indonesia.

Keanekaragaman bangsa Indonesia merupakan sebuah potensi dan tantangan tersendiri. Disebut sebagai sebuah potensi, karena membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia dan investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Selain itu, kebhinekaan bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman. Adanya kebhinekaan membuat penduduk Indonesia mudah berbeda pendapat dan mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang sempit sehingga sewaktu-waktu bisa menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi nasional atau persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, semua warga negara harus mewaspadai segala bentuk ancaman yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share mengenai pancakaki kepada teman-teman semuanya. Semoga bermanfaat yaaa. Jika ada yang kurang atau kesalahan mohon dikoreksi dengan komen di bawah ini!


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply