SUKA DUKA ANAK KOS SELAMA BULAN RAMADHAN

ANAK KOS SELAMA BULAN RAMADHAN

SUKA DUKA ANAK KOS SELAMA BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh umat Islam. Selain harus menahan hawa nafsu, banyak sekali momen-momen yang tidak bisa dijumpai di bulan biasa. Seperti halnya tadarus, pasar dadakan, ngabuburit, sampai mencari takjil gratis.

Saat-saat berkesan itu juga dialami oleh anak kos. Jika biasanya mereka menghabiskan bulan puasa bersama dengan keluarga, tapi kali ini tidak. Meskipun demikian, kamu pasti pernah mengalami suka dan duka berikut selama jadi anak perantauan, kan?

1. Ngabuburit bersama teman kos

Sumber: inovasee.com

Ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan sembari menunggu berbuka puasa. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan banyak hal, seperti jalan-jalan, mencari takjil, nonton, dan lain sebagainya agar puasa tidak begitu terasa.

Bagi anak kos yang jauh dari rumah, kegiatan ini biasa dilakukan dengan sesama teman satu kosan. Selain sebagai waktu menunggu berbuka, kenangan ngabuburit bahkan tidak bisa dilupakan meski Ramadhan telah usai.

2. Mencari promo

Sumber: saliha.id

Yah namanya juga anak kos, kondisi keuangan yang pas-pasan membuat mereka harus mengepres budget belanja. Nah, bulan puasa merupakan waktu yang pas untuk memnimalisir pengeluaran. Banyak toko, supermarket hingga restoran yang menawarkan promo menggiurkan. Jadilah, hal yang paling unforgetable saat Ramadhan adalah berburu promo dari tempat satu ke tempat lain.

3. Jualan takjil

Sumber: idntimes.com

Banyak penjual dadakan di bulan puasa. Biasanya mereka menawarkan jajanan ringan dari mulai es segar, kolak, dan lain sebagainya. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para anak kos untuk berjualan bersama teman-teman. Ya, hitung-hitung untuk tambahan buka, sahur dan mudik nanti.

4. Sering telat sahur

Sumber: blog.urbanindo.com

Jika di rumah sering dibangunkan oleh anggota keluarga lain untuk sahur. Tapi saat jadi anak kos, segala sesuatunya dilakukan dengan sendiri. Oleh sebab itu, mereka kerap kali telat bangun saat sahur meski sudah pasang alarm.

5. Cari makan sendiri

Sumber: loop.com

Ramadhan paling nikmat memang bersama keluarga. Ragam menu makanan sudah dipersiapkan di meja makan untuk disantap bersama saat berbuka puasa. Tapi tidak untuk anak kos. Segala sesuatunya perlu dilakukan sendiri, termasuk menyiapkan makanan untuk buka dan sahur. Ada yang membeli di luar, ada juga yang masak sendiri.

Well guys, meskipun anak kos jauh dari keluarga, tak perlu bersedih ya. Sebab kamu akan merasa bahagia jika menjalaninya dengan ikhlas. (ind/flk)

Sekian tentang SUKA DUKA ANAK KOS SELAMA BULAN RAMADHAN.

Terima kasih.

Podomoco.com


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply