Apa Sih Penyebab Amandel Bengkak?
Gimana Cara Menyembuhkan Amandel?
Ga jadi jadian jadi Adek Kakak
Kalo pada ga kuat ya makan hati
Amandel sampe bisa bengkak
Kita obrolan supaya pada hati-hati
Salam #MasBro #MbakBro
Kalo amandel luka ato bengkak banyak ato ga?
Setelah sebelumnya kita ngobrol soal apa sih itu sebenernya penyakit amandel dan gimana cara sembuhin penyakit amandel. Sekarang kita perlu tau sebenernya kalo amandel kita itu sakit. Itu kenapa sih?
Amandel kita luka ato bengkak?
Trus itu bahaya ato ga?
Banyak orang yang bilang kalo amandel itu adalah nama penyakit. Sebenernya, amandel adalah nama organ. Amandel ialah salah satu organ dalam tubuh kita. Amandel itu Mas Bro dan Mbak Bro bentuknya kelenjar dan setiap orang pasti punya 2 buah. Nah, kelenjar pada amandel adalah kelenjar getah bening (limfoid). Jadi amandel punya peran penting untuk daya tubuh manusia.
Anak-anak itu amandelnya lebih gampang keliatan. Semakin besar manusia, sistem pertahanan tubuhnya akan semakin meningkat, sehinggga dua kelenjar tersebut yang tadinya menonjol bakal sedikit demi sedikit menyusut, karna udah ga diperluin lagi.
Nah, balik lagi ke pertanyaan awal. Amandel bisa bengkak ya?
Keliatan jelas aja, ngga ah. Masa sih bisa bengkak?
Jawabannya, iya. Amandel ato tonsil memiliki letak strategis untuk mengalami luka ato infeksi. Posisinya di belakang kanan dan kiri tenggorokan membuat tonsil sering berinteraksi dengan benda-benda yang masuk mulut. Bila ada benda asing membawa bakteri ato virus yang menyerang pertahanan tubuh, amandel akan berperang melawannya.
Saat pertahanan tubuh lemah, amandel akan kalah, sehingga amandel luka ato mengalami infeksi. Amandel yang lakuin reaksi pertahanan akan membesar ato mengalami pembengkakan. Saat hal tersebut terjadi, sering disebut dengan istilah radang amandel ato tonsilitis.
Radang amandel ini biasanya terjadi pada anak-anak, tapi bisa juga pada orang dewasa. Tonsilitis ada yang akut, ada juga yang kronis. Tonsilitis akut terjadi selama kurang dari 3 minggu. Sementara tonsilitis kronis terjadi sebanyak 7 kali dalam satu tahun, 5 kali dalam dua tahun, ato 3 kali dalam satu tahun secara berkala selama tiga tahun.
Nyeri saat menelan biasanya dialami oleh penderita tonsilitis akut. Ga jarang penderita tonsilitis akut juga bisa rasain demam pada tubuhnya. Penderita tonsilitis tahunan biasanya ga lagi kesakitan saat menelan, tapi penderita akan ngalamin kesulitan saat menelan (disfagia). Ini bisa kejadian karna amandel penderita makin lama makin besar (bengkak).
Baca Juga : Apa Sih Itu Sebenernya Penyakit Amandel?
Apa Sih Penyebab Amandel Bengkak?
Amandel bengkak udah pasti ditandai dengan pembesaran amandel. Saat amandel bengkak pun terlihat warnanya menjadi lebih merah dari biasanya. Amandel bengkak yang merah tersebut akan memiliki bercak putih kalo mengalami peradangan.
Peradangan ini umumnya bisa terjadi karna virus. Virus pilek seperti Parainfluenza virus, Rhinovirus, Adenovirus, Influenza virus, Coronavirus, dan RSV merupakan kelompok virus yang sering menyebabkan terjadinya amandel luka ato peradangan pada amandel. Virus jenis lain juga mungkin sebagai penyebab tonsilitis, seperti virus herpes. Selain deretan nama-nama virus tersebut, radang amandel bisa terjadi karna ulah bakteri. Bakteri yang bisa membuat tonsilitis ini diantaranya ialah bakteri Group A-hemolitik streptokokus β (GABHS), Staphylcoccus aureus, Clamydia pneumoniae, dan Mycoplasma pneumoniae. Pada anak, bakteri yang mungkin menjadi penyebab ialah Streptococcus hemolitikus.
Selain bakteri dan virus, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi terjadinya penyakit amandel. Kurangnya asupan vitamin C pada tubuh ialah salah satu faktor terjadinya penyakit amandel. Kadar vitamin C yang seharusnya dikonsumi tubuh ialah 500 mg per harinya. Untuk dapatin kebutuhan vitamin C yang pas, pastiin asupan sayur dan buah yang mengandung vitamin C setiap harinya
Konsumsi makanan yang terlalu pedas juga ternyata bisa menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit amandel. Komposisi makanan yang masuk ke dalam tubuh harus selalu diperhatiin terutama bahan tambahan pangan yang digunakan. Untuk menghindari terjadinya infeksi pada amandel, jangan mengonsumsi makanan dengan pewarna, penguat rasa, ato pengawet yang ga jelas.
Higienitas juga harus diperhatikan. Pastiin makanan yang melewati kedua kelenjar oval kita ga mengandung kuman pembuat infeksi. Bahan baku yang digunain harus dibersihin dengan baik, dan pengolahannya pun selalu perhatiin kebersihan. Selain itu, tangan kita pun harus dalam kondisi higien saat mengonsumsi makanan. Cucilah selalu tangan sebelum makan agar makanan ga terkontaminasi dengan kuman yang ada di tangan.
Baca Juga : Gimana Sehat Cara Sembuhin Penyakit Amandel?
Rasanya Gimana Sih Kalo Tonsilitis?
Saat tonsilitis terjadi, penderita akan rasain beberapa gejala yang umum, diantaranya ialah sakit saat menelan dan sakit tenggorokan. Nyeri di bagian ini dialami penderita tonsilitis mengingat lokasi tonsil yang pasti dilewati makanan. Saat tonsilitis dialami, penderita umumnya mengalami bau mulut, nyeri telinga, batuk, pilek, hingga demam. Pada beberapa kasus, ada yang mengalami kehilangan suara saat mengalami tonsilitis.
Saat amandel mengalami peradangan, biasanya juga terjadi mual, nyeri otot, dan penurunan nafsu makan. Penderita tonsilitis juga ditandai dengan adanya pembengkakan di daerah leher tepatnya pada daerah kelenjar getah bening.
Tonsilitis akan membuat penderitanya merasa tenggorokannya kering. Oleh karna itu, saat mengalami tonsilitis, penderita harus sering mengonsumsi cairan. Cairan hangat lebih disaranin agar membuat kondisi tenggorokan lebih baik.
Anak-anak mungkin sulit jelasin apa yang dirasainnya, terutama saat sakit. Yang mereka tau adalah mereka sakit. Titik. Terkadang yang dilakuin anak hanya menangis. kita berhak curiga saat anak menjadi rewel, kesakitan saat menelan makanan, sering ngeluarin air liur, dan kekurangan nafsu makan. Saat hal-hal di atas, terjadi. Lakukan pemeriksaan pada mulut anak. Lihat apakah amandelnya mengalami pembengkakan ato ga. Kalo iya, lakuin beberapa cara pengobatan, ato bisa juga dengan mengunjungi dokter untuk lakuin pemeriksaan.
Gimana Cara Menyembuhkan Amandel?
Kalo amandel udah terlanjur mengalami peradangan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakuin untuk sembuhin. Kita bisa pake bahan tradisional dan obat dari dokter. Kalo udah kronis apa daya harus dilakuin pengangkatan amandel ato operasi amandel. Operasi amandel dalam istilah kedokteran disebut dengan tonsilektomi.
Bahan alami yang bisa kita gunain untuk sembuhin amandel diantaranya ialah jahe, jeruk nipis, madu, mengkudu, dan bawang merah. Bahan-bahan tradisional tersebut mengandung komponen anti bakteri, ada juga yang mengandung anti inflamasi. Oleh karna itu, dapat membantu penyembuhan amandel.
Jahe itu salah satu rimpang yang banyak banget manfaatnya Mas Bro dan Mbak Bro. Jahe dapat membantu sembuhin amandel. Cara pake gampang. Rebus dan minum air rebusannya. Kalo kita ngerasa air rebusan terlalu pedas, jangan dibuang. Kita bisa tambahin madu biar rasanya lebih enak. Rutin minuman rebusan jahe radang amandel kita mereda.
Jeruk nipis dan keluarga jeruk-jeruk lainnya terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Vitamin C merupakan vitamin yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan anti bakteri yang didalam jeruk nipis dapat membuat peradangan kita cepat sembuh dan akhirnya kita benar-benar terbebas dari radang amandel.
Mengkudu ato pace adalah pilihan lainnya yang bisa kita gunain untuk memperbaiki amandel kamu. Di balik rasanya yang pahit, sari mengkudu ternyata bisa menjadi obat untuk amandel. Sama seperti jahe, sari mengkudu yang pahit ini bisa kita tambahin dengan madu.
Bawang merah dapat kita makan langsung untuk membantu penyembuhan amandel kamu. Sedangkan untuk bahan lainnya, kita dapat mengonsumsi sarinya secara rutin hingga kondisi amandel kita kembali seperti sedia kala.
Kalo amandel yang terjadi disebabin karna virus, dokter akan kasih obat pereda gejala-gejala amandel yang dialami. Sementara itu, amandel yang terjadi karna ulah bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik oleh dokter. Kalo kita ga sempat ke dokter, obat bebas yang mengandung ibuprofen bisa kita pilih untuk redain gejala yang kita alami.
Operasi amandel adalah langkah yang harus dilakuin. Kalo amandel kita malah bahayain kondisi tubuh kita sendiri. Amandel yang semakin membesar akan mengganggu aktivitas, mulai dari sulit makan, minum, tidur, bahkan hingga kesulitan bernapas.
Karna itu, amandel lebih baik diangkat apabila kondisinya udah seperti itu. Operasi juga dilakuin untuk amandel akibat bakteri yang ga bisa disembuhkan. Penghilangan amandel bukan berarti hilangin sistem imun pada tubuh. Tubuh masih bisa menangkal terjadinya infeksi dengan adanya sisa-sisa dari pertahanan tubuh yang sebelumnya.
Apa Bahayanya Radang Amandel?
Amandel yang radang memang bisa diobati dengan beberapa cara sembuhin amandel yang telah disebutkan di atas. Kalo amandel dicuekin, kita penderita bakal ngalamin bau mulut, sakit tenggorokan yang berulang (kronis), gangguan saat menelan, dan tersumbatnya jalur pernapasan. Jalan pernapasan yang terganggu dapat dilihat dari munculnya dengkuran pada saat tidur.
Lokasi amandel yang memblokir jalan pernapasan akan berdampak dengan jumlah oksigen yang ada di dalam tubuh. Semakin terhimpitnya jalur pernapasan. Oksigen yang masuk pun semakin sedikit. Jika oksigen yang seharusnya disalurin dalam jumlah banyak ke otak berkurang. maka ga heran jika penderita radang amandel ini mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Selain penurunan konsentrasi, bisa juga terjadi penurunan daya ingat.
Sulitnya menelan yang dialami saat radang amandel akan membuat nafsu makan berkurang. Hal ini ga baik, terutama jika dialami oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat pertumbuhan, nafsu makan anak yang berkurang akan berdampak juga pada ketahanan tubuh yang semakin berkurang, yang malah bisa nyebabin penyakit yang lainnya.
Radang amandel akan membuat si penderita pilih-pilih makanan. Ga semua makanan mau dikonsumsi penderita tonsilitis ini. Penderita akan lebih memilih makanan yang lembut yang teksturnya ga membuat tenggorokannya semakin sakit. Hal ini membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya ga lagi diperhatikan. Keadaan ini akan membuat tubuh kekurangan gizi tertentu. Kurangnya gizi akan membuat imunitas berkurang.
Sama seperti sakit-sakit lainnya, radang amandel akan membuat penderita merasakan keganyamanan. Radang amandel sakitnya sangat kentara dan ga jarang akan mempengaruhi kondisi psikologis penderita. Penyakit ini akan mengganggu ketenangan penderita. Semakin parah sakit radang yang terjadi, semakin gatenang penderita. Mulai dari merasa nyeri di tenggorokan, sakit kepala, bahkan hingga demam. Semakin tersiksa keadaan penderita, emosi penderita pun akan semakin mudah terpancing.
Ga cukup dengan hal-hal tersebut, radang amandel yang dibiarin memungkinkan terjadinya beberapa komplikasi. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah pada tempat yang masih satu saluran dengan tenggorokan, yaitu pada hidung dan telinga. Penderita yang mengalami komplikasi bisa mengidap sinus, infeksi pada telinga, dan yang parah ialah adanya bisul pada tenggorokan. Jika terjadi bisul pada tenggorokan, mau ga mau harus dilakuin operasi agar nanahnya bisa dikeluarkan.
Bisul pada tenggorokan di dunia kedokteran biasa dikenal dengan quinsy ato abses pertonsil. Adanya nanah pada tenggorokan akan membuat penderita memiliki bau mulut yang ga sedap, demam, serta mengalami sakit kepala dan telinga. Selain itu, penderita juga pasti akan mengalami kesulitan dan kesakitan untuk berbicara.
Komplikasi lain yang mungkin terjadi pada penderita tonsilitis ialah demam skarlatina, demam rematik, dan glomerulonephritis. Penderita yang mengalami komplikasi demam skarlatina akan mengalami becak kemerahan (ruam) pada kulitnya.
Sementara penderita komplikasi demam rematik akan mengalami ruam kulit, nyeri sendi, dan terjadi radanya di sekujur tubuh. Komplikasi glomerulonephritis menyerang ginjal penderita tepatnya di daerah sekitar saringan ginjal. Penderitanya akan mengalami penurunan nafsu makan dan muntah-muntah.
Gimana Caranya Mencegah Penyakit Amandel?
Sekarang udah tau, kan apa aja bahanyanya penyakit ini. Jangan sampai deh, kita terkena penyakit ini. Seperti ungkapan yang telah populer, lebih baik mencegah daripada mengobati. Selagi kondisi tubuh masih fit, jangan kita sia-siain dan jangan sampai lalai. Tubuh yang sehat adalah harta yang berharga, bukan? Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya radang pada amandel.
Baca Juga : Gimana Sehat Cara Sembuhin Penyakit Amandel?
1.Hidup Bersih Bebas Amandel
Dengan jalanin pola hidup bersih, kita akan senantiasa terhindar dari bakteri, virus, ato kuman-kuman jahat pembawa penyakit. Jalanin pola hidup bersih juga ga sulit kok. kita cukup mulai perhatian pada diri kita sendiri, dengan selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari kamar kecil.
Selalu jaga juga kebersihan gigi dan mulut, dengan sikat gigi pagi dan malam hari. Berkumur dengan cairan kumur pembersih juga baik untuk menghindari bersarangnya kuman dalam gigi. Jika ga ada obat kumur, berkumur dengan air garam dapat menjadi salah satu pilihan alternatif.
Lingkungan yang kita tinggali juga harus selalu bersih ya. Karna kuman bisa aja beterbangan dari lingkungan yang ga bersih. Selain itu pastikan asupan gizi yang masuk ke tubuh kita berasal dari sumber yang bersih dengan proses pengolahan yang bersih juga.
Saat kita berada di tempat umum, kita pasti ga tau orang-orang di sekitarmu sedang dalam kondisi fit ato ga. Ingat, lingkungan yang kotor berpengaruh buruk bagi kesehatan kamu. Daripada nyalahin orang lain, lebih baik lindungi diri kita sendiri dengan pake masker di tempat umum.
Baca Juga : Apa Sih Itu Sebenernya Penyakit Amandel?
2.Hidup Sehat Bebas Bebas Amandel
Hidup bersih aja ga cukup, kita juga harus hidup sehat. Cara hidup sehat ga sulit juga, kok, cukup dengan mengatur waktu makan, komposisi makanan yang dikonsumsi, dan lengkapi dengan olahraga rutin.
Makan berkali-kali saat rentang waktu yang berdekatan gadisarankan. Aturlah waktu makan yang baik agar kita ga kelaparan di suatu waktu, dan terlalu kenyang di waktu lainnya. Makanan yang kita makan sebaiknya bukan makanan berminyak. Camilan kita akan lebih baik jika diganti dengan buah-buahan. Hindari juga mengonsumsi makanan dengan bahan pengawet, penguat rasa, dan bahan tambahan pangan lainnya yang ga alami. Perbanyak pula konsumsi air putih.
Olahraga rutin harus kita lakuin agar ketahanan tubuh meningkat. Olahraga yang dilakuin ga harus yang berat, kok. Olahraga ringan aja yang penting rutin. Sebagai contoh, kita bisa memulai jogging tiap pagi.
Selalu ada cara kok untuk membuat badan tetap fit.
Masa mau sehat sendiri?
Bagiin dong obrolan kita ini sama temen dan keluarga. Langsung sebar aja disosial media.
Eh iya, kalo Mas Bro dan Mbak Bro ada pertanyaan silahkan ajukan dikolom komentar dibawah ya.
Semoga berguna.
Seneng bisa berbagi.
Tembalang, Semarang
Senin 16:01 WIB, 28 November 2016
Tulisan Temen Kita – MHF
Sumber Tulisan
alodokter. 2016. Radang Amandel alodokter.com/radang-amandel diakses pukul 18:00 WIB pada hari Selasa, 11 Oktober 2016
halosehat. 2016. 7 Cara Menghilangkan Amandel Secara Alami dan Tips Penyembuhannya halosehat.com/penyakit/amandel/7-cara-menghilangkan-amandel-secara-alami-dan-tips-penyembuhannya diakses pukul 21:09 WIB pada hari Selasa, 11 Oktober 2016
halosehat. 2016. 13 Bahaya Amandel Bengkak halosehat.com/penyakit/amandel/13-bahaya-amandel-bengkak diakses pukul 19:00 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti. 2011. Bahaya Amandel pada Anak life.viva.co.id/news/read/210155-mengapa-anak-rentan-terserang-amandel diakses pukul 18:11 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Sumber Gambar:
akupunturbio.blogspot.com diakses pukul 18:08 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
majalahkesehatan.com diakses pukul 18:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
petunjuksehat.com diakses pukul 18:10 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
promkes.depkes.go.id diakses pukul 15:16 WIB pada hari Senin, 28 November 2016
semuainformasiupdate.blogspot.com diakses pukul 15:16 WIB pada hari Senin, 28 November 2016
slideonline.com.jpg diakses pukul 15:17 WIB pada hari Senin, 28 November 2016
www.carabuas.xyz diakses pukul 15:18 WIB pada hari Senin, 28 November 2016
www.pakarnutrisi.net diakses pukul 15:11 WIB pada hari Senin, 28 November 2016
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.