Alat Musik Tifa Dari Papua?

Alat Musik Tifa Dari Papua?

Alat Musik Tifa Dari Papua? Emang kaya gimana?

👁️260x   💬0   🕗03:27

Salam #MasBro #MbakBro

Bagaimana nih kabar kalian? Semoga kalian selalu sehat walafiat ya aamiin. Sekarang kita bakal bahas tentang alat musik yaitu tifa. Kalian udah tau atau belum tentang itu? Kalo belum mari baca artikel ini.

Indonesia memiliki banyak warisan budaya, mulai dari rumah adat, makanan khas, pakaian adat, hingga alat musik. Salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan itu adalah alat musik tifa.

Pengertian Tifa

Tifa merupakan salah satu Alat Musik Tradisional khas Papua. Tifa diwariskan secara turun temurun bersamaan dengan kisah kepercayaan menurut beberapa suku yang ada di Papua.

Perbedaan 

Alat Musik Tradisional khas Papua ini sekilas mirip dengan tifa dari Maluku. Perbedaan antara keduanya terletak pada model dan bentuknya. Tifa khas Maluku tidak memiliki pegangan di bagian sampingnya, sedangkan tifa yang berasal Papua memilikinya.

Situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tifa merupakan alat musik yang khas Papua yang bentuknya seperti gendang. Alat musik ini sering digunakan dalam berbagai upacara adat.

Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa, atau, biawak atau soasoa, yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah.

Jenis-jenis Tifa

Ada empat jenis alat musik tifa, yaitu:

  1. Tifa jekir
  2. Tifa potong
  3. Tifa dasar
  4. Tifa bas
  5. Tifa jekir potong

Cara memainkan Tifa

Cara memainkan tifa adalah memegang alat ini menggunakan tangan kiri dan memukulnya menggunakan empat jari tangan kanan. Namun, ada pula yang memukulnya dengan lima jari tangan. 

Hanya saja, ukuran tifa dan cara mengikat kulit hewan sebagai penutup akan memengaruhi setiap jenis suara yang dihasilkan.

Jadi, semakin kering lapisan kulit hewan yang digunakan, semakin indah suara yang akan dikeluarkan dari tifa.

 

Terimakasih

orami.co.id dibuka pukul 14:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 18 Juni 2021

canva.com buka pukul 10:27 WIB pada hari Selasa tanggal 21 September 2020

 

Kata kunci lain yang sering dicari …
September 2021, September, 2021, Tifa, alat musik, alat, Tifa Maluku, tifa Papua, alat musik Indonesia, Indonesia,

Comments

Leave a Reply