Hal Menarik tentang Provinsi di Pulau Sumatera

Hal Menarik tentang provinsi di pulau sumatera

Pulau sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau ini merupakan pulau yang di huni oleh 8 provinsi, sedang dua provinsi lainnya berada di kepulauan Sumatera. Berikut beberapa hal menarik dari provinsi-provinsi yang ada di pulau sumatera.

  1. Nama provinsi Sumatera tengah menjadi nama provinsi yang sudah tidak ada. Provinsi tersebut dimekarkan mwnjadi provinsi Sumatera barat, Riau dan Jambi.
  2. Provinsi terluas di pulau sumatera adalah provinsi Sumatera selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 113.339 km2.
  3. Untuk provinsi dengan luas terkecil di pulau Sumatera sendiri di dapat olwh provinsi kepulauan Riau yang memiliki luas 10.595 km2.
  4. Sumatera Utara menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di pulau Sumatera dengan penduduk mencapai 15 juta jiwa.
  5. Bangka Belitung merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling sedikit di pulau sumatera dengan jumlah penduduk mencapai 1,4 juta jiwa.
  6. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam merupakan provinsi paling barat di pulau Sumatera dan Indonesia.
  7. Jika Nanggroe Aceh menjadi provinsi paling barat, maka provinsi Lampung menjadi paling timur.

#1 Juni 2021


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply