8 Makanan Khas Papua

8 Makanan Khas Papua

8 Makanan Khas Papua

   Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Lagi di Papua? Bingung mau makan apa?

Salam #MasBro #MbakBro

8 Makanan Khas Papua

Jakarta – Papua merupakan tempat dengan kekayaan alam berlimpah. Kehidupan di Papua juga sangat bergantung dengan alam. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan hasil bumi untuk dijadikan sebagai olahan makanan.

Berbicara tentang makanan. Kuliner yang dimiliki Papua ini terbilang unik bahkan esktrem yang tentunya membuat kamu penasaran atau geli bagi yang baru tahu dan belum pernah mencoba.

Baca juga: Selain di Papua, Ulat Pohon Jadi Camilan Wajib Turis di Amazon

Tetapi, saat kamu berkunjung ke Papua tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khasnya. Karena makanan khas Papua jarang sekali ditemukan di kota lain. Itulah yang membuat makanan Papua menjadi kuliner yang memiliki cita rasa yang tinggi dan autentik.

Berikut makanan khas Papua yang bisa kamu coba:

1. Kue Lontar

Makanan khas Papua yang mirip dengan pie susu.Makanan khas Papua yang mirip dengan pie susu. Foto: Getty Images/iStockphoto/OceanProd

Makanan khas Papua kali ini terbilang cukup ringan dan bisa dijadikan cemilan orang papua. Bentuknya seperti kue pie susu, rasanya juga nikmat dan manis. kue khas ini juga biasa dibuat pada saat Lebaran dan Natal saja. Tapi, jangan khawatir kue lontar ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Papua.

2. Ulat Sagu

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: (Johanes Randy/detikcom)

Siapa yang tak kenal dengan makan khas Papua yang satu ini. Ulat sagu sudah dijadikan makanan khas Papua yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai lauk. Ulat sagu juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, ulah sagu memiliki kandungan asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9 dan protein. Cara menyantap ulat sagu ini pun cukup mudah, kamu bisa mencobanya dengan memakan langsung atau dibakar seperti sate.

3. Kapurung atau Papeda

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: dok. detikFood

Kuliner khas Papua lainnya adalah papeda. Papeda merupakan makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat papua. Papeda yang terbuat dari bahan dasar sagu ini diolah menjadi seperti bubur yang kental dan lengket. Sagu merupakan makanan pokok yang selalu digunakan masyarakat Papua untuk bertahan hidup, karena harga beras di sana cukup mahal. Rasa Kapurung ini tawar, sehingga masyarakat papua suka menambahkan ikan goreng atau kuah kuning untuk pelengkap rasa kapurung ini.

Baca Juga
Mengenai Kartu keluarga (KK)
Dasar hukum pinjaman online

4. Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: Istimewa

Karena Papua dekat dengan pesisir pantai, maka masyarakat Papua senang mengonsumsi hasil tangkapan lautnya. Seperti ikan bakarManokwari ini,ikan yang digunakan adalah ikan tongkol yang dibakar dan diberi bumbu yang gurih dan sangat pedas. Cocok untuk kamu pecinta pedas.

5. Ikan Bungkus

Enak dan Unik! Ini 14 Makanan Khas Papua yang Harus Kamu TahuMakanan khas Papua. Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra

Ikan bungkus khas papua tentu berbeda dengan ikan bungkus yang sering kamu dengar. Biasanya ikan bungkus dibungkus dengan daun pisang, namun berbeda dengan ikan bungkus Papua yang dibungkus oleh daun talas dan hanya ikan laut yang digunakan bukan ikan air tawar.

6. Sagu Lempeng

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: Wikipedia

Sagu lempeng ini merupakan makanan khas Papua yang bisa kamu coba. Biasanya sagu lempeng dikonsumsi sebagai cemilan dan ditemani teh hangat.Tekturnya sedikit keras saat digigit, itulah yang menjadi ciri khas sagu lempeng ini.

7. Udang Selingkuh

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: detikFood

Makahan khas Papua ini bisa kamu temui di Papua bagian barat. Dinamakan sebagai udang selingkuh karena udang ini ukurannya cukup besar dan memiliki capit seperti kepiting sehingga diberi nama udang selingkuh. Cara mengolahnya juga cukup mudah dengan cara di bakar, rebus dan goreng. Rasanya pun enak dan gurih.

8. Sambal Colo-colo

Makanan khas Papua.Makanan khas Papua. Foto: iStock

Makanan Khas Papua ini bisa kamu jadikan teman makan kamu, Sambal khas papua yang memiliki rasa asam dan pedas ini cocok kamu sajikan dengan ikan bakar. Rasa pedasnya khas dan sedikit asam karena tambahan jeruk nipis. Membuat nafsu

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

Kesimpulan

Nah itulah deretan makanan khas Papua yang pastinya enak dan paling populer, dari kalian ada yang udah pernah ke Papua atau udah cobain makanan di atas? Deretan makanan di atas wajib banget nih kamu cobain terutama kalo lagi liburan ke Papua.

Punya cerita tentang Film ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
hukumonline.com dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari …
tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021, 8 Makanan Khas Papua, makanan, papua,


Terbit

dalam

karya

Comments

Leave a Reply