Amalan yang harus dilakukan ketika Gerhana bulan

Kalian sudah tahu belum amalan-amalan apa saja yang harus dilakukan saat gerhana bulan datang???

Kalau gak tahu yu langsung klik artikel ini..

Amalan-amalan yang harus dilakukan saat gerhana bulan yaitu :

1. Sholat Gerhana

Kammarudin menyarankan untuk umat Islam/muslim sebaiknya mengerjakan sholat tersebut. Meskipun sholat gerhana ini dibilang sholat Sunnah.

2. Memperbanyak Dzikir

Dzikir adalah untuk mengingat Allah SWT yang menunjukkan kebesaran nya terhadap gerhana bulan tersebut. Karena, fenomena ini sangat jarang.

3. Berdoa

Dalam hadist yang diceritakan Abu Musa, muslim yang menyaksikan gerhana diingatkan untuk mengingat Allah SWT. Hadist yang diriwayatkan Bukhari itu juga mengingatkan untuk berdoa dan mohon pengampunan.

4. Memperbanyak istighfar

Membaca istighfar juga termasuk kedalam salah satu untuk mengingat Allah SWT dan untuk mengampun dosa kita.

5. Taubat

Imam al-Ghazali dalam buku berjudul Al-Adab fid Din menyebutkan beberapa adab menyambut gerhana bulan. Yaitu: memiliki dan rasa takut, segera bertobat, tidak mudah bosan, segera melaksanakan sholat.

6. memberi sedekah sedekah

perintah bersedekah saat gerhana diingatkan dalam hadist yang diceritakan aisyah ra dan diriwayatkan abu daud. perintah lainnya adalah segera berdoa, takbir, dan sholat.

7. melakukan amal-amal kebajikan lainnya

selain yang telah disebutkan, tiap muslim bisa melakukan amal kebajikan lainnya saat gerhana. semoga mendapat balasan setimpal dari allah swt.

Nah, itu dia amalan-amalan yang harus kita lakukan pada saat gerhana bulan/matahari datang. Jadi, jangan lupa diamalin ya teman-teman


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply