Penyakit Menyerang Paru-Paru

Penyakit Menyerang Paru-Paru

Penyakit Menyerang Paru-Paru

127x   0   02:07

Apa sih yang dimaksud dengan paru-paru?
Apa aja sih penyakit yang dapat menyerang paru-paru

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang Penyakit yang menyerang pada paru-paru. Apa sih kalian ketahui tentang paru-paru? yang pasti organ bagian dalam ya. Nah kalian tau ga sih apa ya kira kira penyakit yang dapat menerang paru-paru? pasti banyak nih yang belom tau, nah dari pada bingung sendiri, yuk langsung simaka aja penjelasan berikut ini.

Penyakit Menyerang Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ yang berperan penting dalam menjalankan sistem respirasi (pernapasan). Ketika udara mencapai paru-paru, akan terjadi proses pertukaran antara oksigen dari luar tubuh, dengan karbon dioksida dari dalam darah. Jika paru-paru mengalami gangguan atau terserang penyakit, proses tersebut akan ikut terganggu.

Secara umum, sesak napas, batuk berkepanjangan, dan napas berbunyi, adalah beberapa tanda adanya penyakit pada paru-paru. Namun, penyakit paru-paru itu ada banyak jenisnya. Gejala dan tingkat keparahannya pun dapat berbeda-beda pada setiap individu. Lantas, apa saja jenis penyakit yang menyerang paru-paru? Simak setelah ini.

Baca Juga
5 Cara Mencegah Penyakit Jantung

Berbagai Jenis Penyakit Paru-Paru

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang paru-paru:

1. Pneumonia

Pneumonia atau paru-paru basah adalah infeksi yang menyebabkan kantung-kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Penyakit ini disebut paru-paru basah karena pada kondisi ini, paru-paru bisa dipenuhi oleh cairan atau nanah. Penyebab peradangan akibat pneumonia adalah infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penularannya dapat terjadi melalui udara yang terkontaminasi kuman dari pengidap yang bersin atau batuk.

2. Tuberkulosis (TB)

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut tidak hanya menyerang paru-paru, tapi juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, seperti tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, dan ginjal. Penularan bakteri penyebab TB adalah melalui percikan dahak atau cairan dari saluran pernapasan pengidapnya, misalnya saat batuk atau bersin.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

3. Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada bronkus, yaitu percabangan saluran udara yang menuju ke paru-paru. Salah satu penyebab yang paling sering dari penyakit ini adalah infeksi virus, yang ditularkan dari pengidap melalui percikan dahak yang dikeluarkan pengidapnya. Jika percikan dahak itu terhirup atau tertelan oleh orang lain, virus akan menginfeksi saluran bronkus orang tersebut.

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK) adalah peradangan paru kronis yang memicu terjadinya gangguan aliran udara, baik menuju ataupun dari paru-paru. Secara umum, ada dua jenis gangguan yang terjadi pada PPOK, yaitu bronkitis kronis dan emfisema.

5. Asma

Asma adalah penyakit kronis yang ditandai dengan gejala sesak napas akibat peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Pengidap asma umumnya memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Itulah sebabnya ketika terpapar alergen atau pemicu, saluran pernapasannya akan meradang, membengkak, dan menyempit. Akibatnya, aliran udara menjadi terhambat.

Itulah beberapa jenis penyakit pada paru-paru yang perlu diketahui dan diwaspadai. Tetap jaga kesehatan ya gais apalagi di area pandemi gini jangan sampe deh kalian semua punya penyakit Paru-Paru.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Paru-paru adalah salah satu organ yang berperan penting dalam menjalankan sistem respirasi (pernapasan). Penyakit yang dapat menyerangparu-paru adalah penyakit yang tertera diatas. Jadi harus hati-hati ya guys

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Penyakit Paru-paru, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Penyakit, Penyakit Paru-paru , Menyerang Paru-paru


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply