5 Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

5 Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

5 Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

127x   0   02:07

Kalian pernah denger kata ketenagakerjaan?
Apa aja sih masalah dari ketenagakerjaan yang ada di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro

Halo halo hai semuanyaa!!!

Gimana nih kabarnya? kita kembali lagi ya akhirnya. Kali ini kita akan bahas tentang apa sih? kali ini kita akan bahas tentang Masalah yang ada dalam ketenagakerjaan. Pasti kita semua udah ga asing ya dengan ketenagakerjaan. Nah tapi kalian tau ga si di Indonesia, ketenagakerjaan juga punya masalah loh. Apa aja ya kira kira yuk langsung aja simak artikelnya berikut ini.

5 Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

Jumlah penduduk yang mencapai ratusan juta jiwa terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan menimbulkan beragam masalah ketenagakerjaan di Indonesia yang tidak terhindari


Data BPS menyebut jumlah penganggur di Indonesia per Agustus 2020 naik 1,84 persen menjadi 7,07 persen.Secara umum masalah ketenagakerjaan di Indonesia terkait dengan keterbatasan daya serap perekonomian dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja yang yang terus mengalami peningkatan.

Masalah ini sudah ada jauh sebelum ramai aksi protes tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja disahkan.

Baca Juga
Kuliah Atau Kerja


Berikut sejumlah masalah klasik ketenagakerjaan di Indonesia.


Lima masalah klasik ketenagakerjaan di Indonesia :

1.Pendidikan
Sektor pendidikan salah satu yang menjadi sorotan. Penyebabnya adalah tidak meratanya kualitas standar pengajar, rendahnya kualitas calon tenaga kerja, karakter kebiasaan calon tenaga kerja yang kurang baik, serta kurangnya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang pendidikan.
Hal tersebut menandakan bahwa pendidikan tinggi tidak menjamin calon tenaga kerja terdidik mendapatkan pekerjaan baik sesuai bidang maupun di luar bidang studi.

2.Keterampilan
Memiliki sejumlah keterampilan sangat diperlukan bagi tenaga kerja. Dengan mengantongi keterampilan tertentu dapat menjadi nilai tambah para tenaga kerja dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.
Biasanya, faktor ekonomi turut berperan dalam menghambat para tenaga kerja mendapatkan keterampilan tertentu lantaran keterbatasan biaya. Namun bukan berarti skill atau keterampilan sulit didapatkan.
Saat ini sudah banyak program pelatihan, workshop, maupun sertifikasi yang bisa diakses secara gratis guna meningkatkan daya saing.

Punya cerita tentang lagu di atas?

ceritaIN ceritamu di sini↗️
Dan mulai menghasilkan dari tulisanmu

3.Alih Daya atau Outsourcing
Sedari dulu tenaga kerja alih daya atau outsourcing selalu menjadi permasalahan berulang terlebih saat ketok palu UU Cipta Kerja.
Sebelum diberlakukannya UU Cipta Kerja, tenaga kerja alih daya kerap mendapatkan upah di bawah standar minimum regional dan tidak mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.

4.PHK
Pesangon karyawan PHK seringkali tidak sesuai nominalnya, lama prosesnya, bahkan tidak dibayarkan.
PHK karyawan bisa terjadi karena banyak hal di antaranya perusahaan pailit, peleburan, pemisahan, pengusaha tidak bersedia menerima tenaga kerja di perusahaan.
Selain itu, kondisi pandemi corona juga membuat ekonomi lesu yang mengakibatkan banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan membuat pekerja kehilangan pekerjaan.

5.Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata
Pulau Jawa masih menjadi sasaran bagi warga luar pulau untuk mengadu nasib dan mencari penghasilan atau pun pekerjaan yang lebih baik.
Hal ini tentu berdampak pada tidak meratanya pembangunan dan pengembangan sumber daya di daerah lain.

Opini :di Masa pandemi 5 Masalah ketenagakerjaan di Indonesia dapat menyebabkan pengangguran yang ada semakin meningkat.dengan begitu para pemerintah harus lebih banyak membuka lapangan pekerjaan supaya dapat menurunkan banyak nya pengangguran.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Masalah Ketenagakerjaan yang ada di Indoneis sangat lah banya, kita ambil contoh 5 , salah satunya PHK, dimasa pandemi seperti ini, banyak sekali karyawan yang terkena PHK karena perusahaan tersbut mengalami kebangkrutan dll. Namun kita harus tetap semangat dan optimis bahwa Indonesia akan maju.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Masalah dalam Ketenagakerjaan, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, September 2021, September, 2021,
Ketenagakerjaan, Masalah Ketenagakerjaan


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply